Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Nama kelompok 9 1.Amos Jonatan 2.Ghifani Azhar 3.Lia Maulidia 4.Widya Astuti PENGANTAR ILMU EKONOMI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Nama kelompok 9 1.Amos Jonatan 2.Ghifani Azhar 3.Lia Maulidia 4.Widya Astuti PENGANTAR ILMU EKONOMI."— Transcript presentasi:

1 Nama kelompok 9 1.Amos Jonatan 2.Ghifani Azhar 3.Lia Maulidia 4.Widya Astuti PENGANTAR ILMU EKONOMI

2 KEBIJAKAN FISKAL Kebijakan fiskal adalah kebijakan ekonomi yang digunakan pemerintah untuk mengelola atau mengarahkan perekonomian kekondisi yang lebih baik unytuk diinginkan dengan cara mengubah penerimaan dan pengeluaran pemerintah.

3 Kebijakan fiskal dinilai dari dua aspek 1.Aspek kuantitatif Aspek yang berhubungan dengan jumlah uang yang harus ditarik dan dibelanjakan. 2.Aspek kualitatif Aspek yang berhubungan dengan peningkatan jenis-jenis pajak, pembayaran dan subsidi.

4 Fungsi utama kebijakan fiskal 1.Fungsi alokasi Fungsi alokasi yaitu untuk mengalokasikan faktor-faktor produksi yang tersedia dalam masyarakat sehingga kebutuhan masyarakat berupa dapat terpenuhi secara layak dan dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat. 2.Fungsi distribusi Fungsi distribusi yaitu fungsi yang mempunyai tujuan agar pembagian pendapatan nasiaonal dapat lebih merata untuk semua kalangan dan tingkat kehidupan. 3.Fungsi stabilisasi Fungsi stabilisasi agar terpeliharanya keseimbangan ekonomi terutama berupa kesempatan kerja yang tinggi tingkat harga- harga umum yang relatif stabil dan tingkat pertumbuhan ekonomi yang memadahi.

5 Tujuan kebijakan fiskal 1.Untuk menciptakan stabilitas ekonomi 2.Untuk menciptakan lapangan kerja 3.Untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi yang tinggi 4.Untuk mencuiptakan keadilan dalam mendistribusikan pendapatan

6 Macam-macam kebijakan fiskal 1.Kebijakan anggaran pembiayaan fungsional (fungtional finance) 2.Kebijakan pengelolaan anggaran (the finance budget approach) 3.Kebijakan stabilisasi anggaran otomatis (the stabilizing budget)

7 Jika dilihat dari penerimaan dan pengeluaran kebijakan fiskal dapat dibedakan menjadi tiga jenis 1.Anggaran defisit (deficit budget) Anggaran defisit adalah kebijakan anggaran dengan cara menyusun pengeluaran lebih besar dari pada penerimaan. 2.Anggaran surplus (surplus budget) Anggaran surplus adalah kebijakan anggaran dengan cara menyusun pengeluaran lebih kecil dari pada penerimaan. 3.Anggaran berimbang (balance budget) anggaran berimbang adalah kebijakan anggaran yang menyusun pengeluaran sama besar dengan penerimaan.


Download ppt "Nama kelompok 9 1.Amos Jonatan 2.Ghifani Azhar 3.Lia Maulidia 4.Widya Astuti PENGANTAR ILMU EKONOMI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google