Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

L/O/G/O مكان الإستعارة من البلاغة Oleh; Siti Hana (103211045)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "L/O/G/O مكان الإستعارة من البلاغة Oleh; Siti Hana (103211045)"— Transcript presentasi:

1 L/O/G/O مكان الإستعارة من البلاغة Oleh; Siti Hana ( )

2 Bagaimana kedudukan isti’arah dalam balaghah? Apa Saja Nilai-nilai Keunggulan Isti’arah? Rumusan Masalah

3 Pembaha san kedudukan isti’arah dalam balaghah Isti‘ârah merupakan salah satu dari bentuk tausi’ (perluasan makna) dan majâz (pengkiasan makna), ia juga merupakan salah satu karakteristik dari fashâhah dan balaghah umum yang kembali pada pembahasan makna. isti’ ȃ rah sebagai materi utama dalam pembahasan ilmu bal ȃ ghah. gaya bahasa isti‘ârah adalah ungkapan tasybîh yang paling tinggi.

4 Nilai-nilai Keunggulan Isti’arah Nilai-nilai keunggulan isti‘ârah dapat dilihat dari beberpa segi, diantaranya; Nilai isti‘ârah dilihat dari segi penyusunannya Penyusunan isti‘ârah yang hanya menampakkan salah satu dari musyabah atau musyabah bih- nya membuat kal ȃ m isti‘ârah bersifat ȋ jaz (ringkas padat makna), namun tidak mengurangi kejelasan maknanya

5 Nilai isti‘ârah dari segi lafaz-nya Nilai isti‘ârah dari segi lafaz-nya adalah bahwa susunan kalimatnya seakan-akan tidak mengindahk an tasybîh, Contoh ungkapan Al- Buhturi tentang Al-Fath bin Khaqan; يَسْمُوْ بِكَفٍّ عَلَى الْعَافِيْنَحَانِيَةٍ  تَهْمِيْ وَطَرْفٍ إِلَى الْعِلْيِاءِ طَمَّاحٍ Artinya; “Ia menjadi tinggi dengan telapak tangan yang lemah lembut, dan mengalir kepada orang- orang yang menghendaki kebaikan, dan dengan mata yang tekun mencari keluhuran”.

6 Nilai isti‘ârah dilihat dari segi rekayasa dan keindahan Adapun nilai isti‘ârah dilihat dari segi rekayasa dan keindahan berilusi dan pengaruhnya dalam jiwa para pendengarnya adalah adanya kesempatan yang leluasa untuk berkreasi dan adanya arena lomba bagi para pakar sastra. أَتَتْهُ الْخِلاَفَةُ مُنْقَادَةً إِلَيْهِ تُجَرِّرُ أَذْيَالَهَا Artinya; “Jabatan kekhalifahan datang duduk kepadanya dengan menyeret ekor-ekornya”

7 Thank You Let’s discuss our lesson


Download ppt "L/O/G/O مكان الإستعارة من البلاغة Oleh; Siti Hana (103211045)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google