Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Sesi 4 PEMBELIAN (PURCHASE) I. 1.AKTIFITAS PESANAN PEMBELIAN (PURCHASE ORDER) Proses Pembelian dari sebuah perusahaan bisa berawal dari penawaran harga.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Sesi 4 PEMBELIAN (PURCHASE) I. 1.AKTIFITAS PESANAN PEMBELIAN (PURCHASE ORDER) Proses Pembelian dari sebuah perusahaan bisa berawal dari penawaran harga."— Transcript presentasi:

1 Sesi 4 PEMBELIAN (PURCHASE) I

2 1.AKTIFITAS PESANAN PEMBELIAN (PURCHASE ORDER) Proses Pembelian dari sebuah perusahaan bisa berawal dari penawaran harga seorang pemasok (vendor) atas suatu jenis barang, selanjutnya perusahaan tertarik akan barang yang ditawarkan lalu melakukan pemesanan atas barang tersebut dengan mengirimkan formulir pemesanan barang (Purchase Order). Selain dari penawaran pemasok, bisa juga berasal dari permintaan intern perusahaan itu sendiri yang berasal dari informasi bagian gudang akan kuantitas barang sudah mencapai limit stock yang distandarkan. Atau bisa juga permintaan dari bagaian produksi dikarenkan suatu jenis barang akan diproduksi yang membutuhkan barang yang bersangkutan. Selain itu, bisa juga berasal dari bagian penjualan yang merasakan permintaan akan suatu barang dari calon pelanggan (customer) tinggi sehingga perlu dilakukannya pemesanan kembali barang tersebut dari seorang vendor.

3 Membuka Aktifitas Pesanan Pembelian di ACCURATE Ø Aktifitas | Pembelian (activity |purchase) Ø Pilih Pesanan Pembelian (Purchase Order) Atau dapat dibuka dari menu jelajah (explorer) pilih Pembelian (purchase) lalu klik ikon Pesanan Pembelian (Purchase Order).

4 Saat terjadi aktifitas pesanan pembelian (purchase order) tidak akan ada jurnal yang ditimbulkan (no entry), kecuali jika pesanan tersebut disertai dengan pembayaran uang muka pembelian kepada vendor. Untuk mencatat transaksi pesanan pembelian denagn uang muka, ada dua aktifitas yang harus kita lakukan yaitu proses pembuatan pesanan pembelian serta proses penerimaan uang muka atas penjualan tersebut.

5 Prosedur Pencatatannya sebagai berikut: 1. Buka form transaksi pesanan pembelian, lalu pilih nama pemasok (vendor). 2. Masukkan detail informasi transaksi tersebut. 3. Klik tombol Uang Muka (down payment), pada saat kita click tombol Uang Muka (down payment) maka secara otomatis ACCURATE akan membuka satu form vendor payment yang akan kita gunakan untuk mencatat penerimaan uang muka yang dibayarkan kepada vendor. 4. Pada form vendor payment, isi kolom payment amount yang terdapat pada baris SO (tabel baris kedua pada form Vendor Payment) senilai total uang muka yang dibayarkan. Pastikan akun penampung DP sudah tepat, untuk memastikan apakah akun DP sudah dipilih dengan benar, klik kanan pada kolom payment amount di baris PO lalu klik select DP account. ACCURATE akan mencatat aktivitas pembayaran uang muka kepada vendor dengan ayat jurnal: Debit Akun Uang Muka Pembelian Credit Akun Cash/Bank


Download ppt "Sesi 4 PEMBELIAN (PURCHASE) I. 1.AKTIFITAS PESANAN PEMBELIAN (PURCHASE ORDER) Proses Pembelian dari sebuah perusahaan bisa berawal dari penawaran harga."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google