Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

VISUAL BASIC 2010 Pengenalan VB NET TEKNIK INDUSTRI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "VISUAL BASIC 2010 Pengenalan VB NET TEKNIK INDUSTRI."— Transcript presentasi:

1 VISUAL BASIC 2010 Pengenalan VB NET TEKNIK INDUSTRI

2 Visual Basic berevolusi dari BASIC (Beginner’s All-purpose Symbolic Instruction Code), yang dikembangkan sebagai bahasa untuk menulis program sederhana dengan cepat dan mudah. Ketika Bill Gates mendirikan Microsoft Corporation di tahun 1970-an, ia menerapkan BASIC pada beberapa PC generasi awal. Pada akhir 1980-an dan awal 1990-an, Microsoft mengembangkan Microsoft ® Windows ® graphical user interface (GUI).Visual Basic diperkenalkan oleh Microsoft pada tahun 1991 untuk membuat program aplikasi berbasis windows dengan lebih mudah. SEJARAH VB NET

3  VB.NET adalah salah satu bahasa pemrograman Komputer Tingkat Tinggi.  Bahasa pemrograman VB.NET dikembangkan oleh Microsoft, Merupakan Salah Satu bahasa Pemrograman Yang Object Oriented Program (OOP) atau Pemrograman yang berorientasi PadaObject. Kata “Visual” menunjukkan cara yang digunakan untuk membuat Graphical User Interface (GUI).  VB.Net dapat jdaikan alat Bantu untuk membuat berbagai macam program computer. Aplikasi VB.NET hanya dapat dijalankan pada system Operasi Windows. Apa itu Vb NET:

4 OBJECT ORIENTED PROGRAM (OOP)  Paradigma Pemograman yang berorientasi kepada objek.  Dengan maksud, sebuah metodologi atau cara berpikir dalam melakukan pemrograman dimana pendefinisian tipe data disertai dengan pendefinisian fungsi.  Konsep dasar OOP : Class, object, Property dan method, pengkapsulan (Encapsulation), Pewarisan (Inheritance)  Mis: Object Segelas Teh Attribut : Volume gelas, warna teh Behavior : Minum teh  method ini bertujuan utk mengurangi nilai variabel volume Method  fungsi  behavior

5 APA ITU OBJECT DAN KARAKTERISTIKNYA ????  Semua benda yang yang ada di dunia nyatadapat dianggap sebagai obyek.  Contoh: rumah,, mobil, sepeda motor, gelas,, komputer, meja dll.  Karakteristik objek : 1.Setiap obyek memiliki atribut sebagai status (state). 2.Setiap obyek memiliki tingkah laku (behavior) 3.Penggambaran oop = dunia nyata 4.Oop, state (attribute) disimpan pada  variabel ; tingkah laku (behavior) disimpan pada  method (fungsi) Method  fungsi  behavior

6 APAKAH CLASS ???  Template untuk membuat objek, class mendefinisikan variabel-variabel dan method-method secara umum  Proses pembentukan objek dari suatu class disebut dengan instantiation.  Objeknya disebut dnengan instance.

7 APA ITU ATTRIBUTE ???  Data yang membedakan anatara objek satu dengan objek yang lainnya.  Dalam class attribute disbeut dengan nama variabel.  Terdapa t 2 attribute : 1.Instance variabel :attribut untuk tiap objek dari class yang sama.  Tiap obyek mempunyai dan menyimpan nilai atributnya sendiri.  JadiJ tiap obyek dari class yang sama boleh mempunyai nilai yang atau beda. 2.Class variabel : attribute untuk semua objek yang dibuat dari class yang sama.  Semua obyek mempunyai nilai atribut yang sama  Jadi semua obyek dari class yang sama mempunyai hanya satu nilai yang value.sama.

8 APA ITU BEHAVIOR ????  Tingkah laku atau hal-hal yang bisa dilakukan oleh objek dai suatu class.  Dapat digunakan untuk mengubah nilai attibute suatu ibjek, menerima informasi dari objek lain, mengirim informasi ke objek lainnya untuk melakukan suatu task.  Dalam class, behavior disebut sebagai METHODS.  Methodts  serangkian statments dalam suatu class yang menghandle suatu task tertentu.  CARA OBJEK BERKOMUNIKAASI DENGAN OBJEK LAIN ADALAH DENGAN MENGGUNAKAN METHOD.

9 Attribute: Topi, punggung, tas, tangan, kaki, mata, jaket Behavior: Cara jalan ke depan Cara jalan mundur Cara belok kiri kanan Memanjat Attribute: Ban, stir, kopling/ gas/ rem, tahun produksi, merk, warna Behavior: Cara menghidupkan mesin Cara menjalankan mobil Cara memundurkan mobil BERORIENTASI OBJEK ???

10 LATIHAN  Lakukan kegiatan berorientasi objek dengan target seperti gambar dibawah ini !  Sebutkan attribut dan behavior yang dimiliki gambar tersebut !! Attribut  variabel ; Behavior  Method (fungsi) / perilaku

11 JAWAB SEPEDAH Attribute: pedal, roda, jeruji, warna, jumlah roda. behavior : Kecepatan menaik, kecepatan menurun, perpindahan gigi sepedah. JAM ????

12 CONTOH CLASS, OBJECT, ATRRIBUTE, BEHAVIOR

13 KONSEP DASAR OOP  Konsep dasar OOP : Pengkapsulan (Encapsulation), Pewarisan atau penurunan (Inheritance), dan Polimorfisme (Polymorphism)  RIVIEW : Setiap objek pasti memiliki ????  Atribut adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan karakteristik objek.  Seperti Tipe, Model, Pintunya, Kusennya menggunakan kayu apa?, Warna Catnya, merupakan salah satu atribut dari Rumah.  Method dari Rumah adalah dapat melindungi dari panas, hujan, angin.  Jadi Method merupakan Fungsi atau segala sesuatu yang dapat dilakukan Objek. Attribute dan method

14 PENGKAPSULAN (ENCAPSULATION)  Mekanisme menyembunyikan suatu proses dalam sistem untuk menghindari interferensi dan menyederhanakan penggunaan sistem itu sendiri.  Dengan tujuan : Proses enkapsulasi memudahkan kita untuk menggunakan sebuah objek dari suatu kelas karena kita tidak perlu mengetahui segala hal secara rinci.  Mis : Tongkat transmisi (gigi) pada mobil, Tombol on/off/pengaturan suhu pada AC, jam tangan

15 LANJUTAN....  Enkapsulasi menekankan pada antarmuka suatu kelas, atau dengan kata lain bagaimana menggunakan objek kelas tertentu.  Contoh: kelas mobil menyediakan antarmuka fungsi untuk menjalankan mobil tersebut,  komposisi bahan bakar, udara dan kalor yang diperlukan ??????  APAKAH PERLU ????

16 PEWARISAN ATAU PENURUNAN (INHERITANCE)  Suatu class dapat mewariskan atribut dan method kepada class lain (subclass) serta membentuk class hierarchy.  Jadi, class yang mewarisi  superclass ; class yang diwarisi  subclass  Subclass bisa berlaku sebegai superclass bagi class lainnya disebut Multilevel Inheritance.  Mis : class SEPEDAH  Sepedah : Superclass  Sepedah Gunung, sepedah balap : Subclass  Sepedah gunung, sepdah balap MEMILIKI variabel dan method yang dimiliki oleh SEPEDAH.

17 LANJUTAN.....  Mendefinisikan suatu kelas baru dengan mewarisi sifat dari kelas lain yang sudah ada.  Penurunan sifat dilakukan secara bertingkat tingkat, sehingga semakin ke bawah kelas tersebut menjadi semakin spesifik.  Sub kelas memungkinkan kita untuk melakukan spesifikasi detail dan perilaku khusus dari kelas supernya.  Dengan tujuan : seorang programmer dapat menggunakan kode yang telah ditulisnya pada kelas super berulang kali pada kelas- kelas turunannya tanpa harus menulis ulang semua kode.

18 POLIMORFISME (POLYMORPHISM)  Suatu object dapat memiliki berbagai bentuk, sebagai objek dari classnya sendiri atau objek dari superclassnya.  Kemampuan suatu objek untuk mempunyai lebih dari satu bentuk.  Polimorfisme merupakan kemampuan objek yang berbeda kelas namun terkait dalam pewarisan untuk merespon secara berbeda terhadap suatu pesan yang sama.  Terdapat 2 method, yaitu method overriding dan name overloading.

19 METHOD POLIMORFISME (POLYMORPHISM) 1.Overriding : terjadi ketika deklarasi method subclass dengan nama dan parameter yang sama dengan method dari superclassnya. 2.Name Overloading.: penggunaan satu nama untuk beberapa method yang berbeda (beda parameter).

20  Hampir semua benda dapat di artikan sebagai objek Sifat Objek: – Mempunyai properties : warna, ukuran, berat – dapat melakukan actions :bergerak, tidur, makan Kelas adalah format umum dari objek atau cetakan objek, properties dan action objek tergantung dari classnya. Perbedaan antara pemrograman prosedural dengan object- oriented : – Prosedural : berbasis fungsi / procedure – Object-oriented : berbasis class Keuntungan OOP – Class yang dibuat dapat digunakan kembali oleh program lain – Menggunakan Class Library bisa mempercepat pembuatan program – Pembuatan Program menjadi lebih mudah karena OOP lebih teratur TEKNOLOGI OOP

21 Aplikasi yang dapat dihasilkan dengan bahasa pemrograman VB.NET antara lain :  Sistem Aplikasi Bisnis  Software Aplikasi SMS  Software Aplikasi Chatting  Permainan (Game)  Dan Lain-lain PEMANFAATAN APLIKASI VB NET

22 Area Kerja VB NET

23 AREA KERJA VB NET

24  Menu Bar Berisi Menu-menu yang masing-masing menu memiliki fungsi tersendiri.  ToolBar Tombol-tombol Icon Yang berfungsi mewakili suatu perintah yang berada paa Menu bar.  ToolBox Jendela yang mengandung semua Object atau control yang dapat di tempelkan dan dibutukan untuk membentuk suatu program. KETERANGAN

25  Project(Solution) Explorer Jendela yang mengandung semua File yang ada didalam aplikasi yang akan kita buat. Contoh: Form,Module,Class,Report, dll.  Design View Daerah kerja utama Untuk Mendesign programprogram Aplikasi  Code View Tempat Mengetikkan baris program yang menjadi istruksi- instruksi.  Project(Object) Properties Jendela yang mengandung semua informasi/Sifat dari Object yang terdapat pada aplikasi yang dibuat dan terseleksi. KETERANGAN

26  Objek Objek dapat diartikan kepada sebuah benda dalam hal ini anggap saja objek ada lah textbox, label dan comman button.  Properties Properties adalah sesuatu yang dipunyai oleh objek. Mis: textbox mempunyai property nama atau property text  Event Event adalah suatu kejadian terhadap objek pada saat tertentu. Misal: Objek command button dapat menerima event klik pada saat pemakai software kita nanti mengklik nya. PEMAHAMAN DASAR VISUAL BASIC BISA DIMULAI DARI PENGENALAN TERHADAP:

27 BEBERAPA CARA MENJALANKAN VB NET

28 Project Adalah Kumpulan dari Beberapa File (Form,Report,File,Module,dll) yang didalamnya mempunyai Aturan-aturan yang berlaku terhadap project tersebut. Untuk Membuat Project baru dapat dilakukan dengan cara : Pilih Menu File -> New -> Project Pada Menu Bar (Gambar 1.2 ) Dengan menggunakan Kombinasi Tombol Yakni Tombol Ctrl + Shift + N Pada saat bersamaan.

29 Setelah itu akan muncul jendela dialog seperti gambar dibawah ini

30 Untuk Membuat Project yang tipenya adalah Windows Application maka Kita Pilih Windows Application. Lalu Tentukan Nama Solution (Dituliskan Di Kotak Name ). Lokasi Penyimpanan(Dituliskan di Location apabila Kita tidak Hafal Struktur Drivenya maka Sebaiknya Kita Klik Browse lalu tentukan Dimana Letak Penyimpanan Project Kita). Setelah Itu Tekan Tombol OK. Maka Secara Otomatis Tercipta Folder dan beberapa file pendukung dalam pembuatan Aplikasi di Alamat Penyimpanan Yang telah diinputkan tadi.

31 Setelah itu kita akan melihat sebuah lembar kerja(tempat membuat aplikasi) seperti gambar dibawah ini:

32 Aplikasi yang kita buat dapat dijalankan dengan beberapa cara, Sebagai Berikut : Pilih Menu Debug Start Debuging Pada Menu Bar (Gambar 1.6) Atau Anda Bisa Menekan tombol F5 pada Keyboard Anda Atau Menekan Tombol [panah hijau ] Pada ToolBar

33 Untuk Menghentikan Mendebug Aplikasi dapat dilakukan dengan cara Pilih Menu Debug,-> Stop pada Menu Bar (Gambar 1.7) Atau Dapat Menekan Kombinasi Tombol (Shift + F5) Atau Meneken Tombol [ kotak biru] pada ToolBar menu debug

34 Untuk Membuka Projek yang sudah Ada Dapat dilakukan dengan cara Mendouble Klik / ( Klik Kanan Open) File yang ada. Atau Pilih Menu -> Open -> Project/Solution Atau Klik Tombol(icon) ( ) pada ToolBox atau Dapat dilakukan dengan kombinasi Tombol Ctrl + Shift + O

35


Download ppt "VISUAL BASIC 2010 Pengenalan VB NET TEKNIK INDUSTRI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google