Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 Pertemuan ke I Pendahuluan Matakuliah: S0402 / Pelabuhan Tahun: 2006 Versi:

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 Pertemuan ke I Pendahuluan Matakuliah: S0402 / Pelabuhan Tahun: 2006 Versi:"— Transcript presentasi:

1 1 Pertemuan ke I Pendahuluan Matakuliah: S0402 / Pelabuhan Tahun: 2006 Versi:

2 2 Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : Mahasiswa dapat menjelaskan mengenai gambaran umum tentang fungsi pelabuhan dan kapal (C2)

3 3 Outline Materi Fungsi dan Klasifikasi Pelabuhan Kapal

4 4 BAB I PENDAHULUAN T empat kapal berlabuh ( dengan membuang sauh / jangkar ); pelabuhan yang modern cukup dilengkapi dengan los - los dan gudang - gudang besar serta pangkalan, dok dan keran yang kuat untuk membongkar dan memuat perbekalan, batubara.

5 5 Terminal pengangkutan arus penumpang dan barang untuk dua arah (inbound dan outbound).

6 6 Fungsi dan Klasifikasi Pelabuhan : Pelabuhan dpt dibedakan menjadi beberapa macam yg tergantung pada sudut tinjauannya, yaitu : 1. Ditinjau dari segi penyelenggaraannya Pelabuhan umum Pelabuhan umum diselenggarakan utk kepentingan pelayanan masyarakat umum. Penyelenggaraan pelabuhan umum dilakukan oleh Pemerintah dan pelaksanaannya dpt dilimpahkan kpd badan usaha milik negara yang didirikan untuk maksud tsb.

7 7 Pelabuhan khusus Pelabuhan khusus diselenggarakan utk kepentingan sendiri guna menunjang kegiatan tertentu. Pelabuhan ini tdk boleh digunakan utk kepentingan umum, kecuali dlm keadaan tertentu dgn ijin Pemerintah

8 8 2. Ditinjau dari segi pengusahaannya Pelabuhan yang diusahakan Pelabuhan ini sengaja diusahakan utk memberikan fasilitas-fasilitas yg diperlukan oleh kapal yg memasuki pelabuhan utk melakukan kegiatan bongkar muat barang, menaik-turunkan penumpang serta kegiatan lainnya.

9 9 Pelabuhan yang tidak diusahakan Pelabuhan ini hanya merupakan tempat singgah kapal/perahu, tanpa fasilitas bongkar-muat, bea cukai dsb. Pelabuhan ini disubsidi oleh pemerintah dan dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis Direktorat Jendral Perhubungan Laut.

10 10 3. Ditinjau dari fungsinya dlm perdagangan nasional dan internasional Pelabuhan laut Pelabuhan yg bebas dimasuki oleh kapal-kapal berbendera asing. Pelabuhan besar dan ramai dikunjungi oleh kapal-kapal samudra. Pelabuhan pantai Pelabuhan yang disediakan utk perdagangan dalam negeri dan oleh krn itu tdk bebas disinggahi oleh kapal- kapal berbendera asing. Bila masuk kedalm pelabuhan ini harus minta ijin terlebih dulu.

11 11 4. Ditinjau dari segi penggunaannya - Pelabuhan ikan Pelabuhan ini tidak memerlukan kedalaman air yang besar, krn kapal-kapal motor yang digunakan utk menangkap ikan tdk besar. Biasanya pelabuhan ini dibuat di sekitar daerah perkampungan nelayan. Pelabuhan ini hrs dilengkapi dgn pasar lelang, pabrik/gudang es, persediaan bbm dan juga tempat cukup luas utk perawatan alat-alat penangkap ikan. - Pelabuhan minyak Pelabuhan minyak biasanya tdk memerlukan dermaga atau pangkalan yg hrs dpt menahan muatan vertikal yg besar, melainkan cukup membuat jembatan perancah atau tambatan yang besar.

12 12 - Pelabuhan barang Pelabuhan ini dpt berada di pantai atau estuari dari sungai besar. Daerah perairan pelabuhan hrs cukup tenang sehingga memudahkan bongkar muat barang. - Pelabuhan penumpang Pelabuhan penumpang tdk banyak berbeda dgn pelabuhan barang. Tetapi pada pelabuhan penumpang dibangun stasiun penumpang yang melayani sgl kegiatan yg berhubungan dgn kebutuhan orang yg bepergian, spt kantor imigrasi, duane, keamanan, direksi pelabuhan, maskapai penerbangan, dll. - Pelabuhan campuran Pada umumnya pencampuran pemakaian ini terbatas utk penumpang dan barang, sedangkan utk keperluan minyak dan ikan biasanya tetap terpisah.

13 13 - Pelabuhan militer Pelabuhan ini mempunyai daerah yang cukup luas utk memungkinkan gerakan cepat kapal-kapal perang dan agar letak bangunan cukup terpisah. 5. Ditinjau menurut letak geografis - Pelabuhan alam Pelabuhan alam merupakan daerah perairan yg terlindungi dari badai dan gelombang secara alam, misalnay oleh suatu pulau, jazirah atau terletak diteluk, estuari dan muara sungai. Contoh : * pelabuhan Cilacap * pelabuhan New York * pelabuhan Palembang* pelabuhan San Fransisco * palabuhan Belawan* pelabuhan Londan, dll

14 14 - Pelabuhan buatan Pelabuhan ini adalah suatu daerah perairan yg dilundungi dari pengaruh gelombang dgn membuat bangunan pemecah gelombang. Contoh : * pelabuhan Tanjung Priok * pelabuhan Tanjung Mas, dll - Pelabuhan semi alam Pelabuhan ini merupakan campuran dari kedua tipe diatas. Contoh : * pelabuhan Bengkulu.

15 15 Kapal Kapal dapat dibedakan menjadi beberapa tipe sbb : - Kapal penumpang Pada umumnya kapaluntukmengangkut penumpang dari pulau yang satu ke pulau yang lain. Atau bisa juga dari satu benua ke benua lain. Contohnya kapal ferri dan kapal pesiar.

16 16 - Kapal barang Khusus hanya digunakan utk mengangkut barang, pada umumnya kapal barang mempunyai ukuran yang lebih besar dari pada kapal penumpang. Kapal ini juga dpt dibedakan menjadi beberapa macam sesuai dgn barang yg diangkut, spt : a. kapal barang umum Kapal ini digunakan utk mengangkut muatan umum, kapal jenis ini al : 1. Kapal yang membawa peti kemas dan ukurannya telah distandarisasi. Berat masing-masing peti kemas 5 – 40 ton. 2. Kapal dgn bongkar muat secara horisontal (utk mobil,truk, bus dll) Biasanya kapal ini mempunyai panjang 300 m utk 3600 peti kemas berukuran 20 ft (6 meter)

17 17 - Kapal barang curah kapal ini digunakan utk mengangkut muatan curah yang dikapalkan dalam jumlah sekaligus banyak. Biasanya berupa beras, gandum, batu bara, bijih besi dll. Kapal ini mempunyai kapasitas DWT dgn pamjang 330 m, lebar 48,5 m dan sarat 18,5 m. - Kapal tanker Di gunakan utk mengangkut minyak, yg umumnya mempunyai ukuran yg besar. Berat yang bisa diangkut bervariasi antara beberapa ribu ton s/d ratusan ribu ton. Kapal ini dpt mencapai DWT. (kapal P. Guillaumat dgn panjang 414 m, lebar 63 m dam sarat 28,5 m).

18 18 - Kapal khusus Kapal ini utk mengangkut barang tertentu spt daging yg harus diangkut dlm keadaan beku, kapal pengangkut gas alam cair dsb.


Download ppt "1 Pertemuan ke I Pendahuluan Matakuliah: S0402 / Pelabuhan Tahun: 2006 Versi:"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google