Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PROFIL PERTAMINA PERTAMINA adalah perusahaan minyak dan gas bumi yang dimiliki Pemerintah Indonesia (National Oil Company), yang berdiri sejak tanggal.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PROFIL PERTAMINA PERTAMINA adalah perusahaan minyak dan gas bumi yang dimiliki Pemerintah Indonesia (National Oil Company), yang berdiri sejak tanggal."— Transcript presentasi:

1

2

3 PROFIL PERTAMINA PERTAMINA adalah perusahaan minyak dan gas bumi yang dimiliki Pemerintah Indonesia (National Oil Company), yang berdiri sejak tanggal 10 Desember 1957 dengan nama PT PERMINA. Pada tahun 1961 perusahaan ini berganti nama menjadi PN PERMINA dan setelah merger dengan PN PERTAMIN di tahun 1968 namanya berubah menjadi PN PERTAMINA. Dengan bergulirnya Undang Undang No. 8 Tahun 1971 sebutan perusahaan menjadi PERTAMINA. Sebutan ini tetap dipakai setelah PERTAMINA berubah status hukumnya menjadi PT PERTAMINA (PERSERO) pada tanggal 17 September 2003 berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2001 pada tanggal 23 November 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi.

4

5 PROFIL JAJARAN PEMIMPIN PT. PERTAMINA

6 Karen Agustiawan Direktur Utama PT. Pertamina (Persero)Lulus dari jurusan Teknik Fisika Fakultas Teknik Industri, Institut Teknologi Bandung tahun Memulai karier sebagai Business Development Manager ( ) di Landmark Concurrent Solusi Indonesia, dan Halliburton Indonesia sebagai Commercial Manager for Consulting and Project Management ( ). Karier di PT Pertamina (Persero) dimulai sebagai Staf Ahli Direktur Utama PT Pertamina (Persero) untuk Bisnis Hulu ( ) dan menjabat sebagai Direktur Hulu sejak 5 Maret Menjadi Direktur Utama PT Pertamina (Persero) pada 5 Februari 2009 dan merangkap sebagai Direktur Hulu sampai 19 Februari Sejak 4 November 2010, Ia juga menjabat sebagai Pelaksana Tugas Sementara Direktur Hulu PT Pertamina (Persero).

7 Omar Sjawaldi Anwar Jakarta, 30 Maret 1960 Memperoleh beasiswa penuh dari RMHI Inc. USA untuk meraih MBA Finance George Washington University USA (1982) Riwayat karierAkuntan dan analis di RMHI Inc. Houston Texas USA dan di PT Huffco Indonesia, Bergabung dengan Citibank N.A. Jakarta tahun1989 sebagai Manager of the Quality Assurance Unit Citibank N.A , Asisstant Vice President Operations, 1991—1993, Pimpinan Cabang Surabaya, , Vice President, Sales and Investment Product Development, Wakil Direktur PT Bimantara Citra Tbk. (1998) Vice President of Consumer Banking ABN AMRO (1998) Senior Vice President Bank Mandiri bidang Products & Business Development, Direktur Consumer Finance Bank Mandiri hingga Mei Presiden Direktur PT Rio Tinto Indonesia,15 Juli 2008.

8 M. Afdal Bahaudin Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Resiko PT PERTAMINA (PERSERO)Ia mendapatkan gelar sarjana Ekonomi di Universitas Padjajaran, pada tahun 1984 dan gelar master di University of Illinois, U.S.A dari jurusan Business Administration pada tahun Sebelum menjabat sebagai Direktur Keuangan, ia menjabat sebagai Direktur Utama PT Tugu Pratama Indonesia ( ), Deputi Direktur Operasi Keuangan (2006) dan Vice President Risk Management & Assurance ( ) PT Pertamina (Persero).

9 Muhamad Husen Direktur Hulu PT Pertamina (Persero) Sebelum diangkat menjadi Direktur Hulu PT Pertamina (Persero) Muhamad Husen menjabat sebagai Komisaris PT Pertamina EP dari tanggal 1 Juli Bapak dari 3 anak yang lahir di Bandung, 2 Maret 1957 ini, meraih gelar Sarjana Geologi di ITB (1984) dan Magister Sains di University of London (1989). Muhamad Husen mengawali karir di dunia perminyakan pada 1984 sebagai Geologist di Divisi Eksplorasi LEMIGAS. Selanjutnya sebagai Kepala Remote Sensing & GIS Studies Group dan Kepala Unit Layanan Teknis Eksplorasi LEMIGAS. Pada Muhamad Husen menjabat sebagai Kepala Divisi Eksplorasi LEMIGAS dan hingga saat ini menjabat sebagai Asisten Deputi Bidang Perminyakan pada Deputi bidang Energi Sumber Daya Mineral dan Kehutanan di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

10 Edi Setianto Direktur Pengolahan PT Pertamina (Persero)Meraih gelar sarjana di Institut Teknologi Bandung pada tahun 1979, dari jurusan Teknik Mesin. Sebelumnya ia menjabat sebagai Staf Ahli Direktur Pengolahan ( ), Deputi Direktur Operasi Pengolahan ( ) dan Deputi Direktur Pengolahan ( ).

11 Djaelani Sutomo Direktur Pemasaran dan Niaga PT PERTAMINA (PERSERO)Mendapatkan gelar sarjana Teknik Mesin di Institut Teknologi Bandung pada tahun Sebelumnya ia menjabat sebagai Direktur Utama PT Pertamina Tongkang (2008 – 2010), Vice President BBM Retail (2007), Kepala Divisi Pemasaran BBM (2007) dan Kepala Divisi BBM (2006).

12 Waluyo Direktur Umum PT PERTAMINA (PERSERO)Meraih gelar Sarjana Teknik Mesin dari Universitas Trisakti Jakarta pada Melanjutkan S2 di Sekolah Tinggi Prasetiya Mulya dan mendapat gelar Magister Manajemen dan pada tahun 2010 telah menyelesaikan pendidikan S3 di Universitas Indonesia dengan jurusan Strategi Manajemen. Beliau mengawali karier di BP Indonesia sejak tahun 1975 sampai menjadi VP Business Ethics and Assurance-BP Indonesia ( ). Pada menjabat sebagai Deputi Bidang Pencegahan di Komisi Pemberantasan Korupsi KPK dan kemudian berkarier di PT Pertamina (Persero) sebagai Direktur Umum dan Sumber Daya Manusia sejak 5 Maret 2008.

13 Rukmi Hadihartini Direktur Sumber Daya Manusia PT PERTAMINA (PERSERO)Lulus dari jurusan Teknik Kimia Institut Teknologi Surabaya pada 1979 dan memperoleh gelar Magister Management di bidang ekonomi dari Sekolah Tinggi Manajemen, Jakarta pada tahun Mulai berkarier di Pertamina sejak 1980 di Direktorat Pengolahan. Sejak 2001 Rukmi Hadihartini mengembangkan karier di bidang Sumber Daya Manusia sebagai Manajer Sistem, Metode & Produktifitas OSM ( ), Manajer Pengembangan Organisasi ( ), Vice President SDM ( ), Deputi Direktur Pengembangan SDM & Organisasi ( ). Beliau menjabat sebagai Direktur Pengolahan PT Pertamina (Persero) sejak 5 Maret 2008.

14 Andri T Hidayat Direktur Keuangan PT PERTAMINA (PERSERO)Memperoleh gelar Sarjana Ekonomi Akuntansi di Universitas Padjajaran (1984) dan Magister Ekonomi Manajemen Universitas Indonesia (1992).Menjabat sebagai Direktur Keuangan PT Pertamina EP sejak 1 Maret Mengawali karir di Pertamina sebagai Staf Keuangan RSPP pada 1986 dan dilantik sebagai Kepala Akuntansi RSPP pada Andri T. Hidayat selanjutnya menempati posisi sebagai Staf Keuangan, Pengawas Konsolidasi Rugi Laba di Direktorat Keuangan Pertamina. Pada 1994 Andri T. Hidayat bertugas sebagai Kepala Akuntansi Pertamina UPPDN III dan selanjutnya kembali ke Direktorat Keuangan sebagai Kasubdin Akuntansi Kalkulasi Biaya dan Kasubdin Akuntansi Konsolidasi. Andri T. Hidayat dilantik menjadi Manajer Keuangan UP V Balikpapan pada Andri T. Hidayat dilantik sebagai Manajer Senior Kontroler Direktorat Keuangan pada 2001 dan menjadi Deputi Direktur Perbendaharaan dan Pendanaan pada Andri T. Hidyat selanjutnya ditugaskan sebagai Kepala Satuan Pengawas Internal PT Pertamina EP pada 2006 dan menjadi Direktur Keuangan PT Pertamina Geothermal Energy pada 2007, hingga dilantik sebagai Direktur Keuangan PT Pertamina EP pada Februari 2009.

15 Dari bentuk struktur organisasi PT. Pertamina di atas, struktur nya berbentuk Vertikal. Karena dari direktur utama hingga staf di bawahnya berbentuk tegak lurus. Tipe struktur organisasi tersebut adalah Lini staf. Karena walaupun di bagan organisasi tidak di jelaskan secara rinci staff nya, tetapi PT Pertamina merupakan perusahaan yang besar.

16 PROFIL UD. MUTIARA UKM binaan Pertamina yang bertempat di Jalan Sidempuan Pandan, Kota Sibolga, Kabupaten Tapanuli Tengah membuka Usaha Kerajinan tangan yang bernama “UD MUTIARA ”.

17 BAGAN ORGANISASI UD. MUTIARA

18 Dari bagan UD Mutiara di atas, bentuk bagan tersebut adalah vertikal. Karena posisi pemilik terletak di atas. Sedangkam staf lainnya berada di bawahnya. Tipe struktur organisasinya adalah lini. Karena simple dan staf-staf nya tidak di jelasin secara rinci

19 THANKS FOR ATTENTION


Download ppt "PROFIL PERTAMINA PERTAMINA adalah perusahaan minyak dan gas bumi yang dimiliki Pemerintah Indonesia (National Oil Company), yang berdiri sejak tanggal."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google