Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

OTAK KITA Your Brain is just like a Sleeping Giant “ If YOU DON’T USE IT, YOU LOSE IT “

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "OTAK KITA Your Brain is just like a Sleeping Giant “ If YOU DON’T USE IT, YOU LOSE IT “"— Transcript presentasi:

1 OTAK KITA Your Brain is just like a Sleeping Giant “ If YOU DON’T USE IT, YOU LOSE IT “

2 Do You Know ? Hasil penemuan Prof. Isaac Asimov dalam The Brain : Mengapa kita tidak menjadi pelajar yang lebih baik, padahal kita memiliki 200 milyar sel otak ? Mengapa kita tidak lebih baik dalam mengingat, padahal otak kita dapat menggunakan sekitar 100 milyar bit informasi ? (sama dengan 500 ensiklopedia) Mengapa kita tidak menjadi pemikir yang lebih cepat, padahal pikiran kita bergerak dengan kecepatan lebih dari 300 mil perjam ? (lebih cepat dari kereta tercepat ?) Mengapa kita tidak lebih baik dalam memahami, padahal otak kita memiliki lebih dari 100 trillyun hubungan yang mungkin ? (sehingga komputer yang paling canggih sekalipun ketinggalan) Mengapa kita tidak lebih kreatif, padahal rata-rata kita mempunyai 4 ribu pikiran setiap 24 jam ?

3 Otak Kita Memiliki 1 Triliun sel otak Setiap 1 dari 100 Miliar neuron atau sel syaraf aktif tersebut dapat tumbuh bercabang hingga dendrit pada setiap sel. Memiliki berbagai “pusat kecerdasan”. Berperan sebagai kunci dalam revolusi pembelajaran pribadi. Mengendalikan sistem transmisi yang mengirimkan pesan kimiawi – elektris dengan cepat ke seluruh bagian tubuh yang masing – masing memiliki 300 juta sel syaraf.

4 Sisi OTAK Sisi Kiri Otak AKADEMIS - Logika - Kata-kata - Angka - Matematika - Urutan Sisi Kanan Otak KREATIVITAS -Irama -Musik -Gambar -Imajinasi Corpus Collosum Menjalankan pertukaran informasi yang mengirimkan jutaan pesan per detik antara sisi kanan dan kiri.

5 Keterkaitan Organ Otak Bicara,pikir,cipta,gerak, belajar,pecahkan masalah, rencana,kreasi Neokorteks Emosional Ingatan jangka panjang Interaksi sosial Sistim Limbik Pertahanan diri,bereaksi Mengulang,rutinitas, Naluri,ritualis Otak Reptile

6 Teori Otak Triune (three in one) Otak manusia memiliki tiga bidang spesialisasi yang terpisah tetapi saling berhubungan. 1. Neokorteks (otak besar) 2. Sistim Limbik (otak tengah) 3. Otak Reptil (otak kecil)

7 Sistem Berpikir Membaca Mendengar Melihat Merasakan Meraba Membaca Mendengar Melihat Merasakan Meraba Bicara Bekerja Menulis Mengkonsep Bicara Bekerja Menulis Mengkonsep Outpu t ImajinasiAnalisa MemoryEvaluasi Input

8 Manfaat Keterkaitan Positif Thinking Learning Together Sosiality Learner Learning with Fun, Enjoy, and Love Self Thinking Imagination Creating

9 4 Bagian Otak Otak Bawah: Otak “Reptil” mengendalikan fungsi Naluriah tubuh (bernafas, detak jantung) Otak Tengah : Otak “Mamalia Tua” (sistem limbik) mengandalikan Emosi dan Seksualitas, berperan penting dalam memori Anda. Otak Atas: “Korteks” untuk berpikir, lihat, bicara, nalar, dan mencipta. Cerebellum: “ Otak Penyeimbang “ berperan vital dalam penyeimbang “memori gerak”.

10 Your Body and Your Brain Tubuh adalah Pikiran – Pikiran adalah Tubuh Jika tubuhmu tidak bergerak – Otakmu tidak beranjak.

11 Otak … Otak adalah sup kimiawi yang berkomunikasi melalui seluruh bagiannya, dengan membuat, menyebarkan, dan berhubungan dengan banyak ragam zat kimia. Otak adalah bagian dari suatu jaringan kabel (akson dan dendrit) ( mil) yang menyebarkan seluruh informasi ke seluruh tubuh, kontinue mengirim dan menerima pesan. Jutaan interaksi per detik yang diangkut dalamm bentuk zat kimia melalui aliran darah.

12 Otak … Otak adalah sekumpulan besar sel otak individual yang membentuk beberapa sub sistem, yang kemudian menyatu menjadi megasistem yang besar dan rumit, secara interaktif dan saling berhubungan sepanjang waktu. Otak adalah seperti hologram, (lebih 1 info). Otak adalah prosesor simultan, bukan sekuensial (tidak bekerja sendiri)

13 KIAT SEDERHANA MAKANAN OTAK 1. Sarapan Pagi konsumsi buah segar 2. Makan Siang konsumsi salad sayuran segar 3. Konsumsi lemak nabati 4. Berolahraga secara teratur untuk oksidasi darah 5. Bersihkan diri dari racun ; banyak minum air putih, hindari alkohol, rokok.

14 Fungsi Otak Kiri Bawah 1. Melakukan pengorganisasian pekerjaan teknis 2. Pekerjaan teknis yang berulang 3. Sesuatu pekerjaan yang sekuensial dan berurutan 4. Ketrampilan bahasa, berpidato 5. Ketrampilan menulis (eksak dan linier) 6. Sesuatu yang memerlukan rutinitas, berulang 7. Sesuatu yang rinci dan detail 8. Kemampuan memperoleh data primer 9. Berhubungan data dan informasi 10. Matematika, garis lurus

15 kiri atas 1. Berpikir logis 2. Berpikir analisis 3. Berpikir berdasarkan pengolahan data 4. Menggunakan data, peristiwa dan informasi 5. Perhitungan kuantitatif 6. Mengembangkan rasionalitas 7. Melakukan penalaran dari informasi, data 8. Membuat alur proses dan sistem 9. Merumuskan masalah 10. Melakukan proses data untuk diolah menjadi sesuatu yang lebih bermakna

16 kanan atas 1. Imajinasi, melukis 2. Berpikir kreatif 3. Mereka-reka, ngakal-akali 4. Melucu, membuat “joke” yang reflektif 5. Kemampuan melakukan artikulasi 6. Menulis fiksi, imajinatif, nglamun 7. Berpikir holistik, menyeluruh dan 3 dimensi (spasial) 8. Melakukan pendekatan sistem 9. Berpikir pola acak, abstrak 10. Melakukan sintesa, penggabung- gabungan dll.

17 kanan bawah 1. Menikmati warna 2. Musik 3. Perasaan 4. Emosi 5. Ketrampilan interpersonal 6. Kinestetik 7. Estetika 8. Menikmati seni 9. Merasakan pengakuan diri 10. Perenungan diri


Download ppt "OTAK KITA Your Brain is just like a Sleeping Giant “ If YOU DON’T USE IT, YOU LOSE IT “"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google