Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DHAMARIS MARTHURIA, 4401405046 PEMANFAATAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN SISTEM PEREDARAN DARAH MENGGUNAKAN MODEL TEAM GAME TOURNAMENT(TGT)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DHAMARIS MARTHURIA, 4401405046 PEMANFAATAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN SISTEM PEREDARAN DARAH MENGGUNAKAN MODEL TEAM GAME TOURNAMENT(TGT)"— Transcript presentasi:

1 DHAMARIS MARTHURIA, PEMANFAATAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN SISTEM PEREDARAN DARAH MENGGUNAKAN MODEL TEAM GAME TOURNAMENT(TGT)

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : DHAMARIS MARTHURIA - NIM : PRODI : Pendidikan Biologi - JURUSAN : Biologi - FAKULTAS : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - riris_hexa pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : DR. ENNI SUWARSI RAHAYU, MSi - PEMBIMBING 2 : DR. drh. R SUSANTI, MP - TGL UJIAN :

3 Judul PEMANFAATAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN SISTEM PEREDARAN DARAH MENGGUNAKAN MODEL TEAM GAME TOURNAMENT(TGT)

4 Abstrak Model pembelajaran Team Game Turnament (TGT) belum secara optimal meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dan diduga dapat ditingkatkan dengan penggunaan multimedia interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pemanfaatan multimedia interaktif pada pembelajaran sistem peredaran darah menggunakan model TGT terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa. Penelitian dirancang sebagai penelitian eksperimen dengan rancangan random terhadap subjek. Subjek kelas eksperimen yaitu kelas dengan pembelajaran memanfaatkan multimedia interaktif menggunakan model TGT dan subjek kelas kontrol yaitu kelas dengan pembelajaran menggunakan model TGT. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 11 Semarang Tahun Pelajaran 2009/2010 materi sistem peredaran darah. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pemanfaatan multimedia interaktif pada materi sistem peredaran darah. Aktivitas dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Guru, waktu belajar, model pembelajaran TGT dan jenis materi yang diajarkan sebagai variabel kendali. Data berupa hasil belajar, aktivitas siswa, tanggapan siswa, dan tanggapan guru masing- masing diambil dengan tes, lembar observasi dan angket. Data hasil belajar dianalisis dengan uji t sedangkan data aktivitas siswa, tanggapan siswa, dan tanggapan guru dianalisis secara deskriptif persentase. Hasil perhitngan uji t satu pihak menunjukkan t hitung 2,33 > t tabel 1,67 sehingga ada perbedaan signifikan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan rerata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol serta rerata keaktifan siswa kelas eksperimen dalam pembelajaran sebesar 77,12% yang termasuk dalam kategori aktif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemanfaatan multimedia interaktif pada pembelajaran sistem peredaran menggunakan model TGT meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa di SMP 11 Semarang.

5 Kata Kunci multimedia interaktif, Team Game Tournament (TGT), hasil belajar, aktivitas siswa

6 Referensi Agustina RA Pemanfaatan media pembelajaran video, power point dan foto sebagai sumber belajar Biologi pada materi keanekaragaman hayati.(Skripsi). Semarang: Universitas Negeri Semarang Anni CT, A Rifa’i, E Purwanto & D Purnomo Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press. Arikunto S Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara. Arsyad A Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Darsono M, A Sugandhi, Martensi, RK Sutadi & Nugroho Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press Festiyed & Ermawati Pembelajaran Problem Based Instruction Berbasis Media Sederhana untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika SMP. Jurnal Pembelajaran 30(2):91-99 Ibrahim M, F Rachmadiarti, M Nur & Ismono Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA-Universsty Press Ibrahim N Upaya Peningkatan Motivasi Berprestasi dalam Pembelajaran di SLTP dan SMU Terbuka. Jurnal Teknodik. On line at www. Pustekkom.go.id/teknodik/+13/isi.htm#5. [accessed 7 mei 2010] Ismiati Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kooperatif Learning Tipe STAD ( Student Team Achievment Division) dan Tipe Jigsaw. Jurnal Guru 5 (2): 124 Lie A Cooperative Learning. Jakarta: PT Grasindo Munir Z Pengaruh Kesulitan Belajar Siswa. On line at [accesed 27 Juli 2010] Neo K & M Neo Interactive Multimedia Education Using Authorware as an Instructional Tool to Enhace Teaching and Learning in The Malaysian Classroom. Interactive Educational Multimedia 1(5):80-94 Nur M Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA Pustekom Multimedia Interaktif. On line at. [accessed 12 Maret 2009] Rivai A & N Sudjana Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo. Rokhim L Penerapan pendekatan JAS pada pembelajaran struktur dan fungsi organ manusia dan hewan berbantuan multimedia interaktif (Skripsi). Semarang: Universitas Negeri Semarang Rustaman NY, S Dirdjosoemarto, SA Yudianto, Y achmad, R Subekti, D Rochintaniawati & M Nurjhani Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung:UPI Sadiman AS, R Rahardjo, A Haryono& Rahardjito Media Pendidikan.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Saptono S Strategi Belajar Mengajar Biologi. Semarang: Universitas Negeri Semarang Sardiman AM Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: PT Grafindo Persada Siskos A, P Antoniou, A Papaioannou, & K Laparidis Effects of Multimedia Computer-Assisted Instructian (MCAI) on Academic Achievement in Physical Education of Greek Primary Students. Interactive Educational Multimedia 2(10): Slavin RE Cooperatif Learning. Bandung: Nusa Media Sucipto Keefektifan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dalam kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Rawalo tahun pelajaran 2006/2007 pada pokok bahasan segi empat (Skripsi). Semarang: Universitas Negeri Semarang Sudijono A Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada. Sudjana Metode Statistika. Bandung : Tarsito. Sulistiyono A Multimedia. Semarang. On line at 12 Maret 2009]. Widyastuti RC Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe TGT pada siswa kelas VIII di SMP 37 Semarang (Skripsi). Semarang. Universitas Negeri Semarang. Yasa, D Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Turnament ( TGT). On line at [accessed 6 Juni 2009]

7 Terima Kasih


Download ppt "DHAMARIS MARTHURIA, 4401405046 PEMANFAATAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN SISTEM PEREDARAN DARAH MENGGUNAKAN MODEL TEAM GAME TOURNAMENT(TGT)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google