Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc. 5-1 Strategi Promosi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc. 5-1 Strategi Promosi."— Transcript presentasi:

1 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc. 5-1 Strategi Promosi

2 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc. 5-2 Strategi Promosi  Perencanaan, implementasi dan pengendalian komunikasi dari suatu organisasi kepada para konsumen.  Tujuannya adl mencapai berbagai tujuan komunikasi dengan setiap konsumen.

3 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc. 5-3 Komponen-komponen Strategi Promosi  Iklan  Setiap bentuk presenasi dan promosi ide, barang atau jasa oleh sponsor tertentu  Keuntunannya :  Biaya rendah per pemasangan  Keragaman media (surat kabar, majalah, TV, dll)  Daya tarik dan pesan dapat disesuaikan bila tujuan komunikasi berubah.  Penjualan langsung  Presentasi langsung dalam suatu percakapan dengan satu atau lebih calon pembeli, dengan maksud untuk mendapatkan penjualan

4 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc. 5-4 Komponen-komponen Strategi Promosi  Promosi penjualan  Berbagai kegiatan promosi seperti peragaan penjualan, kontes, pemberian sampel, display dan kupon  Publisitas  Suatu cara merangsang timbulnya permintaan terhadap suatu produk, jasa atau ide dengan cara memasang berita komersial di mass media dan tidak dibayar langsung oleh suatu sponsor

5 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc. 5-5 Platform Komunikasi Umum Advertising Sales Promotion Public Relations Personal Selling Direct Marketing Iklan cetak dan penyajian pengemasan Kontes, undian, lotere Siaran pers, ceramah, seminar Presentasi penjualan Katalog BrosurHadiah Sumbangan amal Pekan raya Surat, DirectoryBillboard Pemberian contoh produk Menjadi sponsor Pameran dagang Pemasaran melalui telepon Simbolpengenal Pameran, kupon, peragaan Majalah perusahaan Pemberian sampel Belanja melalui elektronik

6 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc. 5-6 Keputusan-keputusan Utama Periklanan Menentukan tujuan Menentukan Anggaran memilih pesan Penetapan media Evaluasi

7 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc. 5-7 Tujuan Periklanan  Suatu tugas komunikasi spesifik dari tingkat keberhasilan yg harus dicapai atas audiens spesifik pada periode waktu spesifik  Tujuan periklanan dapat digolongkan berdasarkan sasaranya, yaitu :  Periklanan informatif  Periklanan persuasif  Iklan pengingat

8 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc. 5-8 Tujuan Periklanan  Periklanan informatif  Diadakan secara besar-besaran pada tahap awal suatu jenis produk dengan tujuan membentuk permintaan pertama  Contoh : Industri Yogurt pada awalnya harus menginformasikan kepada konsumen manfaat gizi Yogurt dan kegunaan- kegunaan lainnya

9 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc. 5-9 Tujuan Periklanan  Periklanan persuasif  Dilakukan dalam tahap persaingan dengan tujuan untuk membentuk permintaan selektif atas suatu merek tertentu.  Beberapa iklan persuasif telah beralih ke iklan perbandingan

10 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Iklan Persuasif

11 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Tujuan Periklanan  Iklan pengingat  Sangat penting untuk produk yg sudah mapan  Iklan Coco Cola yg dicetak 4 warna dengan anggaran yg tinggi di majalah-majalah bertujuan untuk mengingatkan.

12 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Menentukan Anggaran Periklanan  Tahap dalam siklus hidup  Produk baru umumnya mendapat anggaran yg besar  Produk yg sudah mapan biasanya didukung oleh anggaran yg lebih rendah

13 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Memutuskan Anggaran Periklanan  Pangsa pasar  Merek dgn pangsa pasar yg tinggi membutuhkan lebih sedikit biaya  Untuk meningkatkan pangsa pasar diperlukan biaya yg lebih besar

14 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Persaingan dan anggaran  Persaingan dan anggaran  Dalam pasar yg banyak pesaing diperlukan anggaran yg lebih besar, karena :  Iklannya secara besar-besaran untuk menghadapi pesaing-pesaingnya.

15 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Memutuskan Anggaran Periklanan  Frekuensi periklanan  Jumlah pengulangan sangat menentukan anggaran periklanan  Kemungkinan substitusi  Berbagai jenis minuman ringan yang banyak produk substitusinya memerlukan anggaran yang besar untuk periklannya.

16 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Memilih dan menetapkan Media  Pemrakasa pesan harus :  Memutuskan kepada siapa pesan harus dikirim  Apa yang harus disampaikan  Merumuskan pesan sedemikian rupa seperti yg diinginkan oleh konsumen.

17 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Iklan Non- Verbal Communication

18 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Memilih dan menetapkan Media  Kridibilitas  Sumber kredibilitas informal  komunikasi lisan sangat efektif  Teman  Tetangga  Kerabat

19 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Memilih dan menetapkan Media  Kridibilitas  Sumber kredibilitas formal  Nir laba (surat kabar, consumer report)  Laba (perusahaan jasa, lembaga keuangan, pedagang ritel)  American express mensponsori berbagai konser taman, perlombaan atletis dan gerak jalan

20 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Memilih dan menetapkan Media  Kridibilitas  Kredibilitas Jurubicara dan Pendukung  Selibriti  Pedagang ritel yang kredibel  Reputasi medium (majalah yang kredibel)

21 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Memilih dan menetapkan Media  Kredibilitas jurubicara  Kecocokan harus ada antara atribut-atribut produk dan atribut-atribut endoser  Kredibilitasnya semakin tinggi apabila karakteristik demografi juru bicara sama dengan target konsumen

22 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Memilih dan menetapkan Media  Kridibilitas  Kredibilitas pesan  Pengalaman konsumen sebelumnya yang diperoleh konsumen atas produk tertentu berpengaruh besar thd kredibilitas pesan.  Harapan produk yg terpenuhi cenderung meningkatkan kredibilitas pesan dimasa mendatang

23 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Memilih dan menetapkan Media  Pengaruh waktu thd kredibilitas sumber  Sleeper Effect : pengaruh kredibilitas positif maupun negatif cenderung lenyap sekitar 6 minggu.  Apabila pesan yang sama diulang kembali hal ini akan membantu kembalinya ingatan audien.

24 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Pengembangan Pesan Iklan  Curiosity, yaitu iklan yang menggugah rasa ingin tahu lebih jauh terhadap apa yang ditawarkan iklan demi pengalaman baru.

25 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Wendy’s Offers Salads To Differentiate Itself

26 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Pengembangan Pesan Iklan  Egoism, yaitu iklan yang menampilkan seseorang merasa diri lebih menarik, populer dan terhormat.

27 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Suave Uses Ego Defensive Appeal

28 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Pengembangan Pesan Iklan  Health, yaitu iklan yang isinya memotivasi khalayak untuk tetap sehat, tetap sehat dan tetap fit.

29 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc. 5-29

30 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Pengembangan Pesan Iklan  Sensory Appeals, yaitu iklan yang menampilkan pemakai produk memiliki sensasi atau kesenangan, hobbi yang berhubungan dengan produk yang ditawarkan.

31 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc. 5-31

32 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Pengembangan Pesan Iklan  Pleasure, yaitu iklan yang menampilkan pemakaian dapat melepaskan diri dari rutinitas, terhibur, riang dan gembira, pergi bertamasya, dan santai secara umum.

33 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Iklan Pleasure

34 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Menciptakan Iklan  Pengarahan Seni  Pengarahan ini berkaitan dgn presentasi visual (bahasa tubuh) periklanan cetak yg disiarkan. Beberapa bentuk presentasi visual dipahami secara universal.  Revlon menggunakan seorang produsen Prancis untuk mengembangkan iklan televisi di Inggris dan Spanyol memperoleh iklan televisi yg efektif dan harga yg lebih murah ketimbang untuk iklan buatan Amerika.  Iklan ini difilmkan dgn latar belakang Paris

35 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Menciptakan Iklan  Pengarahan Seni  Contoh lainnya : PepsiCo dalam menyampaikan tema periklanannya menggunakan musik yg disesuaikan dgn wilayah : Musik rock untuk Amerika Utara; Musik bossanova untuk Amerika Selatan dan musik bersemangan untuk Afrika.

36 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Menciptakan Iklan  Naskah  Naskah harus relatif pendek dan tidak berisi bahasa pasaran atau idiom. Periklanan di Jepang dan Eropa umumnya hanya berupa gambar dan penyampaian pesannya spesifik.  Untuk efisiensi, pada pasar homogen, naskah periklanan harus dengan bahasa yg sama dan pesan yg sama

37 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Menciptakan Iklan  Naskah  Slogan periklanan yg disandikan dalam konteks budaya dan negara yg berbeda dapat memicu kekeliruan :  Finger lickin good semboyan dari Kentucky Fried Chicken diterjemahkan dalam bahasa China menjadi makanlah habis jarimu  Naskah Come alive dari Pepsi dalam versi Asia salah dipahami menjadi membangkitkan nenek moyang dari kubur.

38 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Menciptakan Iklan  Naskah  Slogan periklanan yg disandikan dalam konteks budaya dan negara yg berbeda dapat memicu kekeliruan :  McDonald’s berhati hati mengiklankan harga dgn angka 4 di China, karena dalam budayanya mengucapkan angka 4 sama dgn arti kata mati.  Nama Coca Cola di China berarti digigit kecebong kemudian dirubah menjadi Ko-kou- ko-le artinya menyenangkan di mulut

39 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Menciptakan Iklan  Pertimbangan Budaya  Simbol : berhubungan dgn sifat budaya dan merupakan hal yg penting ketika menciptakan iklan.  Warna putih di Asia dikaitkan dengan kematian  Warna ungu melambangkan kematian dan kesedihan di Brazil  Hubungan mesra antara pria dan wanita di Jepang dianggap berselera rendah dan dilarang di Arab Saudi.

40 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Menciptakan Iklan  Institusi dan kelompok  Para ibu di Eropa Timur melahirkan di rumah dan hanya datang ke rumah sakit jika ada masalah serius pada sang ibi dn bayinya.  Johnson and Johnson pernah menarik iklannya di Erapa Timur yang memperkenalkan salah satu produk barunya dimana iklan tersebut menggambarkan seorang ibu dengan seorang bayi yg baru lahir di rumah sakit.

41 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Menciptakan Iklan  Media  Belanja iklan untuk media elektronik berkembang pesat dan bahkan menyedot sebagian anggaran belanja media cetak  Jumlah majalah umum berkurang dan sebaliknya jumlah majalah spesifik berkembang pesat  Webvertising (iklan di internet) mengalami perkembangan dramatis, terutama dalam beberapa tahun terakhir.

42 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Strategi Komunikasi Pemasaran  Melakukan adaptasi pesan komunikasi pemasaran, karena  Kebutuhan konsumen berbeda-beda dan bervariasi intensitasnya, oleh karena itu konsep pesan yg dirancang secara terpusat harus disesuaikan dgn pasar lokal  Infrastruktur yg dibutuhkan untuk mendukung penyampaian pesan standard sangat bervariasi, baik antar negara maupun antar daerah dalam negara yg sama

43 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Strategi Komunikasi Pemasaran  Tingkat pendidikan antar negara berbeda-beda, shg kemampuan konsumen untuk memberikan makna pada pesan yg diterima juga berbeda  kompleksitas pesan ditekan serendah mungkin agar penyampaian informasi secara universal dpt sukses.

44 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Strategi Komunikasi Pemasaran  Standarisasi pesan, karena :  Meskipun secara geografis tersebar, konsumen berbagai katagori produk memiliki sejumlah karakteristik serupa.  Selama citra dan proporsi merek sanggup memberikan makna universal, tdk perlu merancang pesan merek dalam jumlah besar

45 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Strategi Komunikasi Pemasaran  Media, teknologi, dan international travel berdampak pada banyak orang, maka pesan standar untuk penawaran tertentu bisa mendukung terciptanya citra merek yg kuat  Standarisasi pesan pemasaran memungkinkan terciptanya skala ekonomis melalui pengemasan, perancangan dan produksi pesan iklan.


Download ppt "Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc. 5-1 Strategi Promosi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google