Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 Pertemuan-III Algoritma disajikan gambar. 2 FLOWCHART Flowchart (bagan alir) adalah Algoritma ini menggunakan sejumlah simbol untuk menyatakan kegiatan-

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 Pertemuan-III Algoritma disajikan gambar. 2 FLOWCHART Flowchart (bagan alir) adalah Algoritma ini menggunakan sejumlah simbol untuk menyatakan kegiatan-"— Transcript presentasi:

1 1 Pertemuan-III Algoritma disajikan gambar

2 2 FLOWCHART Flowchart (bagan alir) adalah Algoritma ini menggunakan sejumlah simbol untuk menyatakan kegiatan- kegiatan secara keseluruhan suatu bagan yang menggambarkan/ mempresentasikan suatu algoritma/ prosedur untuk menyelesaikan masalah. bentuk gambar/diagram yang mempunyai aliran satu atau dua arah secara sekuensial.

3 3 KEGUNAAN FLOW CHART Kegunaan:  Untuk mendesain program  Untuk merepresentasikan program F lowchart harus dapat merepresentasikan komponen-komponen dalam bahasa pemrograman

4 4 FUNGSI FLOW CHART Sebelum pembuatan program Mempermudah programmer dalam menentukan alur logika program Sesudah pembuatan program Menjelaskan alur program kepada orang lain Menjelaskan alur program kepada orang lain

5 5 JENIS FLOWCHART Flowchart ada dua macam : 1.FLOWCHART SYSTEM 2.FLOWCHART PROGRAM

6 6 FLOW CHART SYSTEM Yaitu bagan yang menggambarkan suatu prosedur dan proses suatu file dalam suatu media menjadi file dalam media yang lain dalam sistem data. Yang dijelaskan adalah: File-file yang diproses oleh program Jenis piranti yang digunakan oleh file Operasi terhadap file (I/O)

7 7 SIMBOL FLOW CHART SYSTEM Proses/ Program Dokumen Terminal (start dan end) Hubungan Prosedur/ Sub routin Fungsi Looping Pusat data Keyboard Operasi Manual Garis alir Ya Tidak Hubungan paralel tape Display Punched card Magnetic disk

8 8 SIMBOL FLOW CHART SYSTEM Keyboard Monitor CPU

9 9 FLOWCHART PROGRAM Yaitu bagan dengan simbol-simbol tertentu yang menggambarkan urutan proses (logika) dan hubungan antar proses secara detail di dalam suatu program dari suatu prosedur pemecahan masalah. Yang dijelaskan adalah: Pembacaan data Pemrosesan data Pengambilan keputusan terhadap data Penyajian hasil pemrosesan data

10 10 KAIDAH PEMBUATAN FLOW CHART PROGRAM Secara garis besar, setiap pengolahan selalu terdiri dari 3 unsur utama dalam pemrograman yaitu Input - Proses - Output. INPUT (bahan mentah) PROSES OUTPUT (bahan jadi)

11 11 KAIDAH PEMBUATAN FLOW CHART PROGRAM Untuk pengolahan data dengan komputer, urutan dasar pemecahan suatu masalah (Urutan Baku Flowchart Program ) : Untuk pengolahan data dengan komputer, urutan dasar pemecahan suatu masalah (Urutan Baku Flowchart Program ) :  START, berisi pernyataan untuk persiapan peralatan yang diperlukan sebelum menangani pemecahan persoalan.  READ, berisi pernyataan kegiatan untuk membaca data dari suatu peralatan input.  PROSES, berisi kegiatan yang berkaitan dengan pemecahan persoalan sesuai dengan data yang dibaca.  WRITE, berisi pernyataan untuk merekam hasil kegiatan ke peralatan output.  END, mengakhiri kegiatan pengolahan.  Jalannya proses digambarkan dari atas ke bawah dan diberikan tanda panah untuk memperjelas  Sebuah flowchart diawali dari satu titik START dan diakhiri dengan END.

12 12 SIMBOL FLOWCHART PROGRAM Simbol yang digunakan : menunjukkan awal dan akhir dari program memberikan niai awal pada suatu variabel atau counter menunjukkan pengolahan aritmatika dan pemindahan data menunjukkan proses input atau output untuk mewakili operasi perbandingan logika proses yang ditulis sebagai sub program, yaitu prosedur/ fungsi penghubung pada halaman yang sama penghubung pada halaman yang berbeda

13 13 SIMBOL FLOWCHART PROGRAM (1/3) KeteranganSimbol Mulai/selesai terminator (terminator) Aliran data Input/Output Proses

14 14 SIMBOL FLOWCHART PROGRAM (2/3) KeteranganSimbol Percabangan/keputusan preparation Pemberian nilai awal suatu variabel (preparation) call Memanggil prosedur/fungsi (call)

15 15 SIMBOL FLOWCHART PROGRAM (3/3) SIMBOL FLOWCHART PROGRAM (3/3) Back Page 2424 KeteranganSimbol Connector (di halaman yang sama) Connector (di halaman lain)

16 16 CONTOH-1 : FLOW-CHART kasus : Buatlah sebuah rancangan program dengan menggunakan flowchart, MENCARI LUAS PERSEGI PANJANG... !? MENCARI LUAS PERSEGI PANJANG... !?

17 17 Solusi : Perumusan untuk mencari luas persegi panjang adalah: L = p * l di mana, L adalah Luas persegi panjang, p adalah panjang persegi, dan l adalah lebar persegi.

18 flowchart Luas PersgiPnjg Keterangan : 1.Simbol pertama menunjukkan dimulainya sebuah program 2.Simbol kedua menunjukkan bahwa input data dari p 3.Simbol kedua menunjukkan bahwa input data dari l 4.Data dari p dan l akan diproses pada simbol ketiga dengan menggunakan perumusan L=p*l 5.Simbol kellima menunjukkan hasil output dari proses dari simbol ketiga 6.Simbol keenam atau terakhir menunjukkan berakhirnya progrm 18 Start End p l L L = p*l

19 19 CONTOH-2 : FLOW-CHART kasus : Buatlah sebuah rancangan program dengan menggunakan flowchart, MENGHITUNG LUAS LINGKARAN... !? MENGHITUNG LUAS LINGKARAN... !?

20 20 PENYAJIAN ALGORITMA Algoritma untuk mencari luas lingkaran a. Algoritma dengan struktur bahasa Indonesia 1)Beri nilai phi dengan )Masukkan jari-jari lingkaran 3)Kalikan phi dengan kuadrat dari jari-jarinya 3)Kalikan phi dengan phi=3.14 kuadrat dari jari-jarinya 4)Tulis hasilnya 4)Tulis hasilnya input R b. Algoritma dengan pseudocode 1) phi  ) phi  ) input  (R) 2) input  (R) 3) L  phi *R*R 3) L  phi *R*R 4) Output  (L) 4) Output  (L) c. Algoritma dengan flowchart START END Print L L = phi*R*R

21 21 CONTOH-3 : FLOW-CHART kasus : Buatlah sebuah rancangan program dengan menggunakan flowchart, MENCARI RATA-RATA DARI 3 BILANGAN YG DIINPUTKAN... !? MENCARI RATA-RATA DARI 3 BILANGAN YG DIINPUTKAN... !?

22 22 PENYAJIAN ALGORITMA Algoritma untuk mencari rata-rata dari 3 bilangan yang diinputkan a. Algoritma dengan struktur bahasa Indonesia 1)Baca bilangan a, b, dan c 2)Jumlahkan ketiga bilangan tersebut 3)Bagi jumlahnya dengan 3 4)Tulis hasilnya b. Algoritma dengan pseudocode 1) Input  (a,b,c) 1) Input  (a,b,c) 2) Jml  (a+b+c) 2) Jml  (a+b+c) 3) Rerata  Jml/3 3) Rerata  Jml/3 4) Output  (Rerata) 4) Output  (Rerata) c. Algoritma dengan flowchart START Input a,b,c Jml = a+b+c END Print Rerata Rerata = Jml /3

23 23 CONTOH-4 : FLOW-CHART kasus : Buatlah sebuah rancangan program dengan menggunakan flowchart, MENENTUKAN BILANGAN GENAP / GANJIL... ?! MENENTUKAN BILANGAN GENAP / GANJIL... ?!

24 Flowchart Show Page 13

25 25 HOMEWORK : Buat dalam 3 format algoritma : kalimat deskriptif, pseudo-code dan flowchart ?! 1. Mencari Bilangan Terbesar dari 2 buah bilangan yang diinputkan... ?!. 2. Mencari Bilangan Terkecil dari 3 buah bilangan yang diinputkan.. ?!

26 S e l e s a i Sampai ketemu minggu depan 


Download ppt "1 Pertemuan-III Algoritma disajikan gambar. 2 FLOWCHART Flowchart (bagan alir) adalah Algoritma ini menggunakan sejumlah simbol untuk menyatakan kegiatan-"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google