Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Algoritma ?!? Flowchart ?!?# Flowchart ?!?# DASAR PEMROGRAMAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Algoritma ?!? Flowchart ?!?# Flowchart ?!?# DASAR PEMROGRAMAN."— Transcript presentasi:

1 Algoritma ?!? Flowchart ?!?# Flowchart ?!?# DASAR PEMROGRAMAN

2 Mampu menjelaskan tentang pemrograman Memahami definisi dan kegunaan bahasa pemrograman Mengerti tentang algoritma.Membuat algoritma dari suatu permasalahan.Mengerti tentang flowchart.Membuat flowchart dari suatu permasalahan.

3  PROGRAM  PEMROGRAMAN  BAHASA PEMROGRAMAN  PROGRAMMER  ALGORITMA  FLOWCHART

4  Karena manusia hidup dengan masalah yang melingkupinya.  Misalnya masalah kebutuhan komunikasi yang tidak dibatasi ruang dan waktu.  Terciptalah teknologi telepon,sms, , facebook, web blog, dst..  Sms, , facebook lahir dari kegiatan pemrograman.  Pemrograman sudah menjadi kegiatan yang penting di era teknologi informasi

5 Pemrograman Program Komputer Yang membuat komputer layak disebut hebat dan berdaya guna bagi individu Dapat menyelesaikan proses-proses yang selama ini dikerjakan secara manual.

6  Diberikan setumpuk kartu pasien di sebuah tempat praktek dokter yang tersusun secara acak. Setiap kartu mempunyai nomor registrasi pasien. Bagaimana mengurutkan kartu tersebut dari registrasi kecil ke besar?  Diberikan daftar nama pejabat baru beserta jumlah kekayaannya. Tentukan pejabat mana yang paling ‘gemerincing’ kekayaanya?

7 ALGORITMA Untuk masalah dengan kartu yang sedikit kita dapat menemukan solusinya secara cepat. Bagaimana jika data kartu yang diurutkan berjumlah ribuan??

8 Butuh prosedur yang berisi langkah-langkah pengurutan sehingga prosedur tersebut dapat dijalankan oleh sebuah pemroses (komputer, robot, manusia,mesin, etc). ALGORITMA Langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah = Algoritma Langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah = Algoritma Kita fokuskan pemroses algoritma pada komputer

9

10 Sejarah Algoritma Asal kata Algoritma (algorism – algorithm) berasal dari nama Abu Ja’far Muhammad ibn Musa Al-Khuwarizmi Ilmuan Persia yang menulis kitab “al jabar w’al- muqabala” (rules of restoration and reduction – aturan pemugaran dan pengurangan) Tahun 825 M Berasal dari Iran Algoritma masuk Indonesia tahun 1980-an

11  Resep masakan  Panduan registrasi  Panduan pembukaan tabungan  Panduan instalasi software  Panduan pemasangan suatu perangkat  Semuanya menggunakan bahasa manusia

12

13

14 Algoritma baru efektif jika Dijalankan oleh pemroses dalam Hal ini difokuskan pada komputer Komputer membaca setiap instruksi di dalam Algoritma lalu mengerjakannya. So, algoritma harus ditulis dalam bahasa khusus yangdimengerti komputer

15 IF2031-Algoritma dan Struktur Data/Hamonangan Situmorang 15 ST 1,[801] ST 0,[802] TOP:BEQ [802],10,BOT INCR [802] MUL [801],2,[803] ST [803],[801] JMPTOP BOT:LD A,[801] CALL PRINT x=1; i=0; while (i!=10) { i++; x=x*2; } printf("%d",x); Bahasa CBahasa AssemblyBahasa Mesin

16  “Algoritma yang ditulis dalam bahasa komputer”  Program komputer : kumpulan perintah yang diberikan pada komputer agar dapat mengerjakan perintah yang dikehendaki oleh programmer.

17 “Bahasa komputer yang digunakan dalam menulis program” Macam Bahasa Pemrograman : C, C++, Java, PHP, Visual basic, dll  Perbedaan: cara memberikan instruksi (sintaks)  Persamaan: bertujuan menghasilkan output yang sama  Orang yang membuat program disebut pemrogram

18  “Kegiatan merancang dan menulis program”  Di dalam pemrograman ada aktivitas menulis kode program ( coding)

19 BELAJAR MEMPROGRAM  Mempelajari metodologi pemecahan masalah, kemudian menuliskan algoritma pemecahan masalah dalam bahasa tertentu BELAJAR BAHASA PEMROGRAMAN  Belajar memakai suatu bahasa pemrograman, aturan tata bahasanya, instruksi-instruksinya, compilernya Di dalam pemrograman, kita lebih menekankan pada pemecahan masalah. Sedangkan menulis kode program adalah aktivitas terakhir Karena belajar memprogram yang baik bukanlah belajar membuat program Yang penting hasilnya benar.

20 Pemrograman Terstruktur – Persoalan diselesaikan dengan menentukan langkah per langkah Pemrograman Berorientasi Objek – Penyelesaian persoalan dilakukan dengan membagi menjadi objek-objek Pemrograman Deklaratif/Fungsional – Persoalan diselesaikan dengan mengekspresikan logika persoalan 20

21  Mengerti permasalahan yang akan diselesaikan. – Input layout – Proses-proses – Output layout  Menganalisa penyelesaian masalah.  Membuat algoritma dan flowchart.  Menulis program.  Melakukan testing program selesai.  Membuat dokumentasi

22  Soal: Menghitung luas lingkaran dengan masukan berupa R petunjuk: Luas Lingkaran dapat dihitung dengan rumus L =πR2  Jawab: 1. Tentukan kostanta phi = Masukkan R 3. Hitung Luas Lingkaran 4. cetak Luas Lingkaran

23  Soal: Menukar dua buah bilangan X = 10 dan Y = 2, ditukar menjadi X = 2 dan Y = 10, Bagaimana caranya?  Jawab 1: 1. X = X + Y 2. Y = X – Y 3. X = X – Y  Jawab 2: 1. tampung = X 2. X = Y 3. Y = tampung

24  Buatlah algoritma untuk mencari nilai rata- rata dari 3 bilangan?  Jawab:  1. Mulai  2. Masukkan nilai a, b, c  3. Hitung rata-rata = (a+b+c)/3  4. Tampilkan nilai rata-rata  5. Selesai

25  Buatlah algoritma untuk mencari nilai terbesar dari 2 bilangan?  Jawab:  1. Mulai  2. Input a,b  3. Cek apakah a > b  4. Jika langkah 3 benar tampilkan bilangan terbesar a  5. Kalau salah tampilkan bilangan terbesar b  Selesai

26  Buatlah algoritma untuk menampilkan 10 bilangan positif pertama?  Jawab:  1. Mulai  2. Tentukan i =1, n = 10  3.Selama i<= n lakukan langkah 4 kalau tidak lakukan langkah 6  4.Tampilkan nilai i  5. i = i+1  6. Selesai

27 Flowchart Adalah suatu bentuk penggambaran algoritma berupa diagram alir yang menggunakan simbol khusus untuk menggambarkan alur kerja dari sebuah program. Tujuan : untuk memudahkan programmer dalam memahami alur program yang akan dibuat.

28 Fungsi Flowchart Sebelum pembuatan program Mempermudah programmer dalam menentukan alur logika program Sesudah pembuatan program Menjelaskan alur program kepada orang lain

29  Sebaiknya digambar dari atas ke bawah dan dimulai dari bagian kiri suatu halaman  Kegiatan dlm Flowchart harus ditunjukkan dengan jelas  Harus ditunjukkan kegiatan mulai dan selesai  Masing2 kegiatan dalam Flowchart sebaiknya menggunakan suku kata yang mewakili pekerjaan  Masing2 kegiatan dalam Flowchart harus dalam urutan yang tepat  Kegiatan yang terpotong dan akan disambungkan ke tempat lain harus ditunjukkan dengan simbol penghubung  Gunakan simbol-sinmol alir yang standar

30 SIMBOLNAMAFUNGSI TERMINATOR Permulaan/akhir program GARIS ALIR (FLOW LINE) Arah aliran program PREPARATION Proses inisialisasi/pemberian harga awal PROSES Proses perhitungan/proses pengolahan data INPUT/OUTPUT DATA Proses input/output data, parameter, informasi PREDEFINED PROCESS (SUB PROGRAM) Permulaan sub program/proses menjalankan sub program DECISION Perbandingan pernyataan, penyeleksian data yang memberikan pilihan untuk langkah selanjutnya ON PAGE CONNECTOR Penghubung bagian-bagian flowchart yang berada pada satu halaman OFF PAGE CONNECTOR Penghubung bagian-bagian flowchart yang berada pada halaman berbeda

31  Sebuah algoritma dibangun dengan tiga buah konstruksi : a. Struktur Runtunan (sequence) b. Struktur Pemilihan (selection) c. Struktur Pengulangan (repetition)

32

33

34

35

36  Algoritma untuk menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan genap atau bilangan ganjil.  Bentuk flowchart-nya sbb : Y T Start Input Bilangan Bulat Hitung sisa bagi antara bilangan dengan 2 A A Apakah Sisa = 0 Cetak Genap Cetak Ganjil End

37  Buatlah Flowchart untuk masing-masing latihan tadi..

38  Pengenalan Bahasa C Plus Praktikum


Download ppt "Algoritma ?!? Flowchart ?!?# Flowchart ?!?# DASAR PEMROGRAMAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google