Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

YUNITA RETNOWIDIARTI, 3351403107 FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RETURN ON INVESTMENT (ROI) PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "YUNITA RETNOWIDIARTI, 3351403107 FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RETURN ON INVESTMENT (ROI) PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA."— Transcript presentasi:

1 YUNITA RETNOWIDIARTI, FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RETURN ON INVESTMENT (ROI) PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : YUNITA RETNOWIDIARTI - NIM : PRODI : Akuntansi - JURUSAN : Akuntansi - FAKULTAS : Ekonomi - nyit_ozy pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : DRS. HERI YANTO, MBA - PEMBIMBING 2 : DRA. MARGUNANI, MP - TGL UJIAN :

3 Judul FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RETURN ON INVESTMENT (ROI) PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

4 Abstrak Analisis ROI merupakan analisis yang mampu menguraikan secara rinci hal-hal yang berpengaruh terhadap efisiensi dan operasi perusahaan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh penjualan, biaya operasi, perputaran kas, dan perpurtaran persediaan terhadap Return on Investment (ROI) pada perusahaan manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) ? Faktor apa saja yang di antara faktor penjualan, operasi, perputaran kas, dan perputaran persediaan yang berpengaruh secara signifikan terhadap Return on Investment (ROI) pada perusahaan manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) ? Populasi dalam penelitian ini adalah data keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun yang mempunyai data lengkap sedangkan jumlah sampel sebanyak 36 perusahaan. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda, pengujian hipotesis, koefisien determinasi dan analisis asumsi klasik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat dibuat kesimpulan sebagai berikut Secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan penjualan (X1), biaya operasi (X2), perputaran kas (X3), perputaran persediaan (X4) terhadap Return on Investment (ROI), hal ini dibuktikan sig < 0,05, nilai koefisien determinasi (Adjusted R Square) adalah sebesar 0,189, hal ini berarti variasi perubahan Return on Investment (ROI) (Y) dipengaruhi oleh penjualan (X1), biaya operasi (X2), perputaran kas (X3), perputaran persediaan (X4), sebesar 18,9% sedangkan sisanya 81,1% dipengaruhi oleh faktor lain.dan faktor yang dominan mempengaruhi ROI adalah penjualan, hal ini ditunjukkan nilai t-hitung (4,489) > t-tabel (1,983) atau sig t (0,000) < (0,05). Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan ROI hendaknya memperhatikan Total Assets, Liability Equity, Sales dan Net Income. Hal ini mengindikasikan keputusan-keputusan ekonomi yang akan diambil oleh para pemakai laporan keuangan, tentu saja membutuhkan evaluasi terlebih dulu atas kemampuan perusahaan dalam menghasilkan Total Assets, Liability Equity, Sales dan Net Income, serta kepastian dari hasil tersebut. Kemampuan ini akhirnya menentukan, misalnya kemampuan membayar kepada karyawan dan pemasok, kemampuan pembayaran bunga, pembayaran dividen dan tentu saja pembagian penghasilan kepada pemilik. Perkembangan keuntungan investasi perlu diketahui investor karena keduanya merupakan parameter keberhasilan pengelolaan perusahaan. Pertumbuhan Total Assets, Liability Equity, Sales dan Net Income tersebut merupakan pendorong kepuasan investor atas penetapan kebijakan deviden.

5 Kata Kunci ROI, Penjualan, Biaya Operasi, Perputaran Kas, Perputaran Persediaan

6 Referensi Algifari.2000.Analisis Regresi Teori, Kasus dan Solusi. Yogyakarta : BPFE Apsari Karismaningtyas Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Return On Investment (ROI) Pada Perusahaan Perbankan di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, Vol 4 No. 4 Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta Baridwan, Zaki Intermediate Accounting. Yogyakarta : BPFE Gitosudarmo, Indriyo.2001.Manajemen Keuangan. Yogyakarta : BPFE Ghozali, Imam Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit UNDIP Gujarati, Damodar Ekonometrika Dasar. Jakarta : Erlangga Harahap, Sofyan Safri Analisa Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: Grafindo Persada Husnan, Suad Dasar- Dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas. Yogyakarta : UPP AMP YKPN ICMD (Indonesia Capital Market Directory), 2007 Mulyadi Akuntansi Biaya. Yogyakarta : Liberty Munawir, Slamet Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta : Liberty PSAK Jakarta : Salemba Empat Riyanto, Bambang Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta : BPFE Sartono, R. Agus Manajemen Keuangan Teori dan Penerapan (Keputusan Jangka Pendek). Yogyakarta : BPFE Sartono, R. Agus Manajemen Keuangan: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta : BPFE Soediyono, R Analisis Laporan Keuangan. Analisis Rasio. Yogyakarta : Liberty Santoso, Singgih SPSS Mengolah Data Statistik Secara Profesional Swasta, Basu Manajemen Keuangan. Yogyakarta : BPFE Tunggal, Amin Wijaya Dasar-Dasar Analisis Keuangan. Jakarta: Rineka Cipta Wasis Pembelanjaan Perusahaan. Salatiga : UKSW Wahyudin, Agus Dasar-Dasar Akuntansi. Semarang : UNNES

7 Terima Kasih


Download ppt "YUNITA RETNOWIDIARTI, 3351403107 FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RETURN ON INVESTMENT (ROI) PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google