Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Entity-Relationship Modeling. Konsep Model ER Entity types Konsep dasar dari Model ER adalah Entity Types, yaitu kumpulan dari objek-objek dengan sifat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Entity-Relationship Modeling. Konsep Model ER Entity types Konsep dasar dari Model ER adalah Entity Types, yaitu kumpulan dari objek-objek dengan sifat."— Transcript presentasi:

1 Entity-Relationship Modeling

2 Konsep Model ER Entity types Konsep dasar dari Model ER adalah Entity Types, yaitu kumpulan dari objek-objek dengan sifat (property) yang sama, yang di identifikasi oleh enterprise mempunyai eksistensi yang independen. Keberadaannya dapat berupa fisik maupun abstrak. Entity occurrence yaitu pengidentifikasian object yang unik dari sebuah type entity. Setiap entitas di identifikasikan dan disertakan property-nya.

3 Relationship types –Kumpulan keterhubungan yang mempunyai arti (meaningful associations) antara type entitas yang ada. Relationship occurrence –yaitu keterhubungan yang diidentifikasi secara unik yang meliputi keberadaan tiap type entitas yang berpartisipasi.

4 Derajat Relationship Yaitu jumlah entitas yang berpartisipasi dalam suatu relationship Derajat relationship terdiri dari: –Binary relationship, keterhubungan antar dua type entitas. –Ternary relationship, keterhubungan antar tiga type entitas. –Quaternary relationship, keterhubungan antar empat type entitas. –Unary relationship, keterhubungan antar satu type entitas, dimana type entitas tersebut berpartisipasi lebih dari satu kali dengan peran yang berbeda. Kadang disebut juga recursive relationship. Relationship dapat diberikan role names untuk meng-identifikasikan keterkaitan type entitas dalam relationship.

5 Contoh Derajat Relasionship

6 Attributes Merupakan sifat-sifat (property) dari sebuah entity atau type relationship. Contohnya: sebuah entity Staff digambarkan oleh attribute staffNo, name, position dan salary. Attribute Domain adalah himpunan nilai yang diperbolehkan untuk satu atau lebih atribut.

7 Macam-macam atribut Simple Attribute, yaitu atribut yang terdiri dari satu komponen tunggal dengan keberadaan yang independen dan tidak dapat dibagi menjadi bagian yang lebih kecil lagi. Dikenal juga dengan nama Atomic Attribute. Composite Attribute, yaitu atribut yang terdiri dari beberapa komponen, dimana masing-masing komponen memiliki keberadaan yang independen. Misalkan atribut Address dapat terdiri dari Street, City, PostCode. Single-valued Attribute, yaitu atribut yang mempunyai nilai tunggal untuk setiap kejadian. Misalnya entitas Branch memiliki satu nilai untuk atribut branchNo pada setiap kejadian. Multi-valued Attribute, yaitu atribut yang mempunyai beberapa nilai untuk setiap kejadian. Misal entitas Branch memiliki beberapa nilai untuk atribut telpNo pada setiap kejadian. Derived Attribute, yaitu atribut yang memiliki nilai yang dihasilkan dari satu atau beberapa atribut lainnya, dan tidak harus berasal dari satu entitas.

8 Keys Candidate Key, yaitu jumlah minimal atribut- atribut yang dapat meng-identifikasikan setiap kejadian/record secara unik. Primary Key, yaitu Candidate key yang dipilih untuk meng-identifikasikan etiap kejadian/record dari suatu entitas secara unik. Composite Key, yaitu Candidate key yang terdiri dari dua atau lebih atribut.

9 Contoh: ER Diagram of Staff and Branch Entities and their Attributes

10 Strong dan Weak Entity Types Strong Entity Type, yaitu entitas yang keberadaannya tidak bergantung pada entitas lain. Weak Entity Type, adalah entitas yang keberadaannya bergantung pada entitas lain. Strong Entity Type terkadang disebut dengan parent, owner dominant. Weak Entity Type disebut child, dependent, subordinate.

11 Contoh:

12 Atribut pada Relationship Relationship Advertises dengan atribut-atributnya

13 Structural Constraints Batasan utama pada relationship disebut multiplicity, yaitu jumlah (atau range) dari kejadian yang mungkin terjadi pada suatu entitas yang terhubung ke satu kejadian dari entitas lain yang berhubungan melalui suatu relationship. Relationship yang paling umum adalah binary relationship.

14 one-to-one (1:1) Relationship Staff Manages Branch Multiplicity dari relationship Staff Manages Branch (1:1)

15 one-to-many (1 : *) Relationship dari Staff Oversees PropertyForRent Multiplicity dari relationship Staff Oversees PropertyForRent (1:*)

16 many-to-many (* : *) Relationship Newspaper Advertises PropertyForRent

17 Multiplicity dari relationship Newspaper Advertises PropertyForRent (*:*)

18 Multiplicity for Complex Relationships Yaitu jumlah (atau range) dari kejadian yang mungkin dari suatu entitas dalam n-ary relationship ketika nilai entitas yang lain (n-1) diketahui. Ternary relationship Registers dengan nilai untuk entitas Staff dan Branch diketahui

19 Multiplicity dari Ternary relationship Registers

20

21 Cardinality dan Participation Multiplicity dibentuk dari 2 macam batasan pada relationship : cardinality dan participation. Cardinality, menjelaskan jumlah maksimum dari kejadian relationship yang mungkin untuk entitas yang berpartisipasi didalam relationship tersebut. Participation, menetapkan apakan seluruh atau sebagian entitas yang berpartisipasi dalam suatu relationship

22 Multiplicity sebagai batasan Cardinality dan Participation


Download ppt "Entity-Relationship Modeling. Konsep Model ER Entity types Konsep dasar dari Model ER adalah Entity Types, yaitu kumpulan dari objek-objek dengan sifat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google