Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DESKTOP WINDOWS & KONFIGURASI Dasar Komputer Renni Angreni, S.Kom.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DESKTOP WINDOWS & KONFIGURASI Dasar Komputer Renni Angreni, S.Kom."— Transcript presentasi:

1 DESKTOP WINDOWS & KONFIGURASI Dasar Komputer Renni Angreni, S.Kom.

2 TAMPILAN DESKTOP WINDOWS XP Icon Wallpaper Desktop Quick Launch Task BarStart Menu

3 Desktop merupakan suatu tampilan awal pada saat Windows selesai di booting (tampilan home saat memasuki windows). Wallpaper Wallpaper adalah gambar yang menempel diatas desktop. Windows menyediakan berbagai macam wallpaper bawaan sehingga kita dapat mengubahnya dengan mudah dan cepat.

4 M ENGUBAH T AMPILAN D ESKTOP Ada dua cara untuk mengubah display desktop, yakni : Cara 1 - Click Start, Control Panel, - Pilih dan click Appearance and Themes, - Click Diplay, maka akan muncul window display properties. Cara 2 - Pada background desktop, click kanan - Pilih menu Properties.

5 T AMPILAN D ISPLAY P ROPERTIES

6 1. THEMES Themes merupakan sebuah background yang sudah ditata beserta pengaturan suara, bentuk-bentuk icon, taskbar, tampilan window dan elemen-elemen lain pada desktop sehingga membantu pengaturan tampilan hanya dengan sekali click. Theme standard untuk Windows XP biasanya adalah “Windows XP”

7 Theme “Windows XP” : Theme “Windows XP (Modified)” :

8 Theme “Windows Classic” : Theme “Zune” :

9 2. DESKTOP

10 Pada pilihan ini memungkinkan pengguna untuk mengatur tampilan wallpaper desktop yang diinginkan. Pada listbox Background, silahkan pilih image yang mau digunakan untuk wallpaper. Bisa gunakan button Browse untuk memilih file gambar secara manual pada direktori komputer. Setelah pilih image yang mau digunakan, click OK. Position  untuk mengatur peletakkan image. Center : meletakkan di bagian tengah. Tile : meletakkan gambar secara penuh di layar. Stretch : memperbesar gambar hingga satu layar penuh. Color  untuk menentukan warna latar desktop.

11 3. S CREEN S AVER

12 Screen Saver adalah animasi atau tampilan pada layar dalam selang waktu tertentu saat keyboard atau mouse tidak disentuh. Pilihlah bagian Screen Saver dari Display Properties. Pilihlah screensaver yang inginkan pada listboxnya. Settings : untuk mengubah pengaturan dari jenis screen saver yang dipilih (ada beberapa screen saver tertentu yang memakai setting default, tidak ada pengaturan). Preview : untuk melihat sementara tampilan screen saver yang dipilih. Wait for : batas waktu dari saat keyboard atau mouse tidak disentuh hingga screen saver ditampilkan.

13 4. A PPEARANCE

14 Pilihlah bagian Appearance dari Display Properties. Windows and Button : untuk memilih tipe-tipe tampilan layar, message box, dan tombol-tombol desktop sesuai yang telah disediakan oleh Windows. Color Scheme : untuk memilih warna dari windows dan button desktop yang telah dipilih. Font Size : untuk mengatur tampilan ukuran huruf yang digunakan dalam desktop windows dan aplikasi. Normal, untuk ukuran huruf standard. Large Fonts, untuk ukuran huruf lebih besar dari standard. Extra Large Fonts, untuk ukuran huruf sangat besar. Effect : untuk pengaturan efek dan shadow tampilan menu, icon, dan windows content. Advanced : untuk pengaturan tampilan seluruh komponen dalam desktop yang bergantung pada scheme yang dipilih (tidak untuk scheme Windows Classic).

15 5. S ETTINGS

16 Pilihlah bagian Settings dari Display Properties. Color Quality : untuk mengatur berapa banyak warna yang dikenali oleh komputer (bergantung pada VGA). Screen Resolution : untuk mengatur resolusi layar komputer. Resolusi berkaitan erat dengan kualitas gambar yang dihasilkan layar. Semakin besar resolusi yang dipilih, semakin bagus kualitas gambar yang di hasilkan.

17 P ENGATURAN DATE AND TIME Untuk mengubah setting hari dan tanggal, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut : Cara 1 : Click Start Menu, click Control Panel, lalu pilih “Date, Time, Language, and Regional Options”, kemudian click Date and Time. Cara 2 : Pada Quick Launch, double click pada jam komputer.

18 T AMPILAN YANG MUNCUL

19 Pada bagian Date & Time : Group Box Date digunakan untuk memilih bulan (pada combobox), tahun (pada combobox), dan tanggal (tampil sesuai bulan dan tahun yang dipilih). Group Box Time digunakan untuk mengubah waktu sistem (jam, menit, detik). Pada bagian Time Zone : Pilihlah areal waktu yang bener sesuai dengan tempat tinggal/ dimana berada. Jika anda ingin menyesuaikan setting waktu anda dengan daylight saving time, cek box yang Click OK

20 Dasar Komputer Renni Angreni, S.Kom.


Download ppt "DESKTOP WINDOWS & KONFIGURASI Dasar Komputer Renni Angreni, S.Kom."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google