Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

REDDY PRAMANDHIKA, 6101405618 PERBANDINGAN METODE BELAJAR RENANG DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU PELAMPUNG DAN BERTEMAN TERHADAP TEKNIK RENANG GAYA BEBAS.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "REDDY PRAMANDHIKA, 6101405618 PERBANDINGAN METODE BELAJAR RENANG DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU PELAMPUNG DAN BERTEMAN TERHADAP TEKNIK RENANG GAYA BEBAS."— Transcript presentasi:

1 REDDY PRAMANDHIKA, PERBANDINGAN METODE BELAJAR RENANG DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU PELAMPUNG DAN BERTEMAN TERHADAP TEKNIK RENANG GAYA BEBAS JARAK 25 METER PADA SISWA PUTRA EKSTRAKURIKULER RENANG SMA NEGERI 2 MRANGGEN KABUPATEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2008/2009

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : REDDY PRAMANDHIKA - NIM : PRODI : Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi - JURUSAN : Jasmani Kes. & Rekreasi - FAKULTAS : Ilmu Keolahragaan - kecel_cakep pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : Dra. Endang Sri Hanani, M.Kes. - PEMBIMBING 2 : Supriyono, S.Pd., M.Or. - TGL UJIAN :

3 Judul PERBANDINGAN METODE BELAJAR RENANG DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU PELAMPUNG DAN BERTEMAN TERHADAP TEKNIK RENANG GAYA BEBAS JARAK 25 METER PADA SISWA PUTRA EKSTRAKURIKULER RENANG SMA NEGERI 2 MRANGGEN KABUPATEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2008/2009

4 Abstrak Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah perbedaan metode belajar renang dengan menggunakan alat bantu pelampung dan berteman terhadap teknik renang gaya bebas jarak 25 meter pada siswa putra ekstrakurikuler renang SMA Negeri 2 Mranggen Kabupaten Demak tahun pelajaran 2008/2009. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan metode belajar renang dengan menggunakan alat bantu pelampung dan berteman terhadap teknik renang gaya bebas jarak 25 meter pada siswa putra ekstrakurikuler renang SMA Negeri 2 Mranggen Kabupaten Demak tahun pelajaran 2008/2009. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putra ekstrakurikuler renang SMA Negeri 2 Mranggen yang berjumlah 84 siswa dan sampel berjumlah 40 siswa. Teknik sampelnya menggunakan random sampling dengan cara undian. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode belajar renang dengan alat bantu pelampung dan metode belajar renang dengan bantuan teman. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar renang gaya bebas dengan menempuh jarak 25 meter. Analisa data statistik dengan rumus t-test cara pendek. Dari hasil analisa data diperoleh nilai t-hitung 2,099 sedangkan nilai ttabel dengan derajat kebebasan (db) 19 dan taraf signifikansi 5% adalah 2,093. Nilai t-hitung lebih besar daripada nilai t-tabel, dengan demikian ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar renang gaya bebas jarak 25 meter. Sedangkan mean dari kelompok Eksperimen 1 (menggunakan alat pelampung) adalah 65, 55 dan mean dari kelompok eksperimen 2 (menggunakan bantuan teman) adalah 73, 4. Berarti belajar renang dengan bantuan teman dapat memberikan kontribusi lebih besar. Hasil penelitian dapat disimpulkan ada perbedaan hasil belajar antara menggunakan alat bantu pelampung dan berteman. Metode yang lebih baik adalah menggunakan bantuan teman. Dengan demikian disarankan kepada guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SMA Negeri 2 Mranggen agar dalam meningkatkan kemampuan renang gaya bebas dapat memakai bantuan teman agar lebih efektif dan efesien.

5 Kata Kunci Renang, alat bantu pelampung, bantuan teman, renang gaya bebas

6 Referensi Al qur’an Al qur’an dan Terjemahannya. Departemen Agama Republik Indonesia. Surabaya : PT Tri Karya. Departemen P dan K Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka Dumadi dan Kasiyo Dwijowinoto Renang. Jakarta : Depdiknas, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Ermat Suryatna dan Adang Suherman Renang Kompetitif. Jakarta : Direktorat Jenderal Olahraga Depdiknas. Marta Dinarta dan Tina Wijaya Renang. Tangerang : Cerdas Jaya. Muhammad Murni Renang. Jakarta : Depdikbud, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Mungin Eddy Wibowo Panduan Penulisan Karya Ilmiah. Semarang : Universitas Negeri Semarang Roji Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta : Erlangga. Soejoko Hendromartono Olahraga Pilihan Renang. Jakarta : Depdikbud, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Suharsimi Arikunto Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT Rineka Cipta. Sutrisno Hadi Metodologi Research. Yogyakarta : Yayasan Pendidikan Fakultas Psikologi Unversitas Gajahmada. Tiller B Jene dan Orr Rob C Dasar-dasar Renang. Bandung : PT Angkasa. W J S Poerwodarminto Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : PN Balai Pustaka.

7 Terima Kasih


Download ppt "REDDY PRAMANDHIKA, 6101405618 PERBANDINGAN METODE BELAJAR RENANG DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU PELAMPUNG DAN BERTEMAN TERHADAP TEKNIK RENANG GAYA BEBAS."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google