Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ANALISA STAKEHOLDER. Analisa Stakeholder menilai... Kepentingan Stakeholder terhadap kebijakan baru—apa manfaat dan kerugian bagi mereka Sumber daya yang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ANALISA STAKEHOLDER. Analisa Stakeholder menilai... Kepentingan Stakeholder terhadap kebijakan baru—apa manfaat dan kerugian bagi mereka Sumber daya yang."— Transcript presentasi:

1 ANALISA STAKEHOLDER

2 Analisa Stakeholder menilai... Kepentingan Stakeholder terhadap kebijakan baru—apa manfaat dan kerugian bagi mereka Sumber daya yang siap mereka gunakan Kemampuan mobilisasi sumber daya mereka Posisi mereka dalam kebijakan baru

3 Mereka adalah aktor atau kelompok yang berperan dalam mempengaruhi proses pengambilan keputusan pada sebuah organisasi atau pada kebijakan tertentu Mereka memiliki kepentingan dan posisi dalam sebuah kebijakan atau isu tertentu Mereka memiliki sumber daya Sekedar dipengaruhi oleh suatu kebijakan tidak cukup untuki menjadi stakeholder SIAPAKAH STAKEHOLDERS?

4 Jika seorang aktor/ sebuah kelompok berada dalam posisi yang dapat menghancurkan atau melemahkan otoritas atau dukungan politis bagi pembuat keputusan Jika aktor tersebut mampu mempengaruhi arah sebuah kebijakan atau gabungan kegiatan dari badan yang mengimplementasikan Jika keberadaan atau dukungan aktor tersebut memberikan manfaat, memperkuat badan pengimplementasi, atau meningkatkan wewenang pembuat keputusan KAPAN STAKEHOLDERS HARUS DIPERTIMBANGKAN?

5 APAKAH ELEMEN UTAMA DALAM ANALISA STAKEHOLDER? Kelompok atau aktor tersebut harus dianalisa dalam hal: Kepentingan mereka dalam kebijakan atau isu tertentu Jenis dan jumlah sumber daya yang dapat diberikan atau dimobilisasi oleh kelompok untuk mempengaruhi hasil akhir isu tersebut

6 APA YANG DIMAKSUD DENGAN SUMBER DAYA?  Informasi: Bagaimana kapasitas kelompok dalam memproses informasi?  Ekonomi: Seberapa besar jumlah sumber daya ekonomi yang dapat dimobilisasi dengan cepat dan mudah oleh kelompok tersebut?  Kredibilitas/status: Apakah lebih disarankan untuk berasosiasi dengan kelompok tersebut atau dengan pemerintah yang berkuasa?

7  Otoritas-Legitimasi: Apakah kelompok tersebut memiliki kapasitas untuk menggunakan “hak veto” dalam suatu kebijakan, atau apakah keberadaan atau kerjasama kelompok tersebut akan mempengaruhi implementasi kebijakan?  Koersif/Kekerasan: Sejauh mana aksi kelompok tersebut dapat dikendalikan?

8 KELOMPOK KEPENTINGAN TERHADAP ISU SUMBER DAYA KAPASITAS UNTUK MEMOBILISASI SUMBER DAYA POSISI TERHADAP ISU TABEL STAKEHOLDER

9 TABEL ANALISA STAKEHOLDER KELOMPOK KEPENTINGAN TERHADAP ISU SUMBER DAYA KAPASITAS UNTUK MEMOBILISASI SUMBER DAYA POSISI TERHADAP ISU Nama kelompok Perkiraan tingkat kepentingan kelompok terhadap topik tertentu (mis: dari tinggi sampai rendah) Juga akan bermanfaat jika kita dapat mengindikasikan apa saja kepentingan- kepentingan itu. Rangkuman sumber daya yang dimiliki kelompok atau akses yang dimiliki (termasuk informasi keuangan, status, estimasi legitimasi, dan kapasitas melakukan aksi koersif) Cantumkan hal-hal yang spesifik Perkiraan bagaimana dan seberapa mudah kelompok tersebut memobilisasi sumber dayanya untuk mencapai tujuan. Dapat didefinisikan dengan skala tinggi – rendah atau secara kuantitatif dari +5 sampai -5. Perkiraan posisi kelompok dalam suatu topik. (Mis: pro atau kontra, positif - negatif)


Download ppt "ANALISA STAKEHOLDER. Analisa Stakeholder menilai... Kepentingan Stakeholder terhadap kebijakan baru—apa manfaat dan kerugian bagi mereka Sumber daya yang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google