Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan 8 IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN MODEL Matakuliah: D0174/ Pemodelan Sistem dan Simulasi Tahun: Tahun 2009.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan 8 IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN MODEL Matakuliah: D0174/ Pemodelan Sistem dan Simulasi Tahun: Tahun 2009."— Transcript presentasi:

1

2 Pertemuan 8 IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN MODEL Matakuliah: D0174/ Pemodelan Sistem dan Simulasi Tahun: Tahun 2009

3 Learning Objectives Penetapan gejala Perencanaan Model konseptual Parameterisasi

4 Tahapan Pengembangan Model 1. Definisi masalah. 2. Formulas! model awal. 3. Validasi model. 4. Reformulasi model (formulas! kembali model apabila dipandang kurang tepat). 5. Aplikasi model (penggunaan model).

5 Proses Pembangunan Model Secara Iteratif

6 Hubungan antara Model & Sistem Pada dasarnya model melibatkan input-input, hubungan-hubungan, dan output-output, demikian pula dengan sistem melibatkan input- input, hubungan-hubungan, dan output-output, sehingga pada dasarnya model dan sistem memiliki perilaku yang sama.

7 Dengan demikian kita boleh menyatakan bahwa model dari suatu sistem merupakan representasi dari sistem itu me­lalui sistem lain. Sistem lain ini adalah "model". Berdasarkan sifat ini, maka dapat ditunjukkan hubungan di antara sistem yang dimo-, delkan dan model, di mana keduanya memiliki perilaku yang sama.

8 Diagram Hubungan antara Sistem & Model

9 Pengendalian Umpan Balik pada Sistem.Suatu sistem tanpa pengendalian dapat diibaratkan sebagai suatu mobil tanpa pengemudi, hal ini mengakibatkan mobil itu tidak dapat berfungsi secara optimum. Agar suatu sistem dapat berfungsi secara optimum, dalam pe­ngertian bahwa ia dapat dijalankan secara efektif dan efisien, maka diperlukan pengendalian terhadap sistem itu. Dengan demikian perlu ditambahkan pengaturan umpan balik (feedback loop) pada model dasar sistem

10 Model Structural Element Development Entities Location Resources Paths

11 1. Entities Entities to Include Entity Agregating Entity Resolution High Rate Entity Processing

12 2. Locations Locations to Include Location Resolution 3. Resources Resources to Include Resource Travel Time Consumable Resources Transport Resources

13 Operational Elements Development Routings Entity Operations Entity Arrivals Entity and Resource Movement Accesing Locations and Resources Resource scheduling Downtimes and Repairs Use of Programing Logics

14 Tugas 1.Jelaskan konsep keterkaitan antara model dan sistem 2.Buatlah pemodelan dari sistem produksi pada industri manufaktur 3.Jelaskan konsep umpan balik pada pemodelan

15 Daftar Pustaka Law, Averill M. david Kelton. (2000). Simulation Modeling and Analysis. Mc-Graw Hill. New York. Harrel. Ghosh. Bowden. (2000). Simulation Using Promodel. McGraw-Hill. New York.

16 TERIMA KASIH


Download ppt "Pertemuan 8 IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN MODEL Matakuliah: D0174/ Pemodelan Sistem dan Simulasi Tahun: Tahun 2009."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google