Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

THESA ADI SURYANI, 4104000022 Analisis Komparatif Nilai Parameter Seismotektonik dari Hubungan Magnitudo Kumulatif dan Non Kumulatif untuk Jawa Timur Menggunakan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "THESA ADI SURYANI, 4104000022 Analisis Komparatif Nilai Parameter Seismotektonik dari Hubungan Magnitudo Kumulatif dan Non Kumulatif untuk Jawa Timur Menggunakan."— Transcript presentasi:

1 THESA ADI SURYANI, Analisis Komparatif Nilai Parameter Seismotektonik dari Hubungan Magnitudo Kumulatif dan Non Kumulatif untuk Jawa Timur Menggunakan Metode Kuadrat Terkecil dan Metode Maksimum Likelihood dari Data BMG dan USGS Tahun

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : THESA ADI SURYANI - NIM : PRODI : Matematika - JURUSAN : Matematika - FAKULTAS : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - thesa0781 pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Prof. Dr. YL Sukestiyarno - PEMBIMBING 2 : Drs. Zaenuri Mastur, S.E., M.Si. Akt. - TGL UJIAN :

3 Judul Analisis Komparatif Nilai Parameter Seismotektonik dari Hubungan Magnitudo Kumulatif dan Non Kumulatif untuk Jawa Timur Menggunakan Metode Kuadrat Terkecil dan Metode Maksimum Likelihood dari Data BMG dan USGS Tahun

4 Abstrak Sulitnya mendeteksi perkiraan gempa bumi yang terjadi dibawah permukaan bumi menyebabkan banyak permasalahan yang cukup komplek, sehingga menimbulkan berbagai teori mengenai gempa bumi. Salah satu teori yang dimunculkan adalah mengenai tingkat struktur bawah permukaan bumi dengan menggunakan metode statistik yaitu metode kuadrat terkecil dan metode maksimum likelihood. Diperoleh persamaan statistik seismologi yaitu log N = aˆ − bˆM + Q pemerkira yang memanfaatkan seluruh informasi mengenai parameter yang akan diperkirakan yang terkandung dalan suatu sampel dikembangkan menjadi metode-metode statistik seismologi (kejadian-kejadian di dalam bumi) yang lain. Berdasarkan metode- metode yang dipakai tersebut akan diperoleh nilai bˆ yang menunjukkan tingkat aktivitas gempa pada suatu wilayah. Pendekatan penelitian melalui pengambilan sumber data dari data base gempa bumi BMG stasiun geofisika Tretes dan data base USGS, pembahasan dan analisa nilai bˆ dari masing-masing metode disertai perbandingan literature yang ada. Di dalam analisis data dipergunakan alat bantu berupa program Delphin. Nilai bˆ diperoleh berdasarkan tabel distribusi frekuensi kumulatif dan non kumulatif. Untuk frekuensi non kumulatif dibuat suatu range agar semua distribusi gempa dapat tercakup. Nilai tersebut tinggi jika harga bˆ ≥ 0,7, semakin besar nilainya semakin besar tingkat patahan pada suatu daerah. Pada hasil penelitian diperoleh data BMG dengan MKT dari frekuensi kumulatif didapat aˆ = 6,80, bˆ = 0,95, r = 0,92 dan dengan MML diperoleh aˆ = 5,57, bˆ = 0,74, r = 0,98. Data BMG dari frekuensi non kumulatif dengan MKT diperoleh aˆ = 6,04, bˆ = 0,78, r = 0 dan dengan MML didapat aˆ = 4,06, bˆ = 0,59, r = 0,90.Data USGS dengan MKT dari frekuensi kumulatif ditunjukkan aˆ = 5,73, bˆ = 0,86, r = 0 dan dengan MML didapat aˆ = 4,96, bˆ = 0,70, r = 0,98. Data USGS dengan MKT dari frekuensi non kumulatif diperoleh aˆ = 4,35, bˆ = 0,56, r = 0 dan dari dengan MML didapat aˆ = 1,55, bˆ = 0,19, r = 0,33. Jadi ada perbedaan nilai parameter seismotektonik dari hubungan magnitude kumulatif dan nonkumulatif untuk Jawa Timur dengan menggunakan metode kuadrat terkecil dan metode maksimum likelihood dari data BMG dan USGS secara nyata tahun 1973 – 2003 sehingga hasil pengolahan data BMG dari frekuensi kumulatif dengan MML lebih baik dibandingkan dengan MKT dari frekuensi kumulatif data USGS karena alat pencatat daya tangkap gempa BMG berada diwilayah Jawa Timur lebih akurat dibanding dengan USGS yang berada di AS dan Wilayah Jawa Timur menunjukkan suatu daerah yang struktur batuan mempunyai tingkat patahan yang cukup tinggi.

5 Kata Kunci

6 Referensi Benjamin F. Howell, JR Introduction to Geophysics. McGraw-Hill Book Company, Inc: The United States of America. Franklin A. Graybill An Introduction to Linier Statistical Models. McGraw-Hill Book Company, Inc: The United States of America. Hamilton, W Tectonics of the Indonesian Region. Geophysical Survey Professional : Washington. Lee J. Bain & Max Engelhardt. Introduction to Probability and Mathematical Statistics. Wadsworth Publishing Company: California. Mogi, K Earthquake and Fracture. Tectonophysics-Elsevier Publishing Company: Amsterdam. Norman Draper, Harry Smith Applied Regression Analysis.Jhon Wiley & Sons, Inc: The United States of America. Sembiring, R. K Analisis Regresi. ITB: Bandung. Stephen, B Statistics for Engineering Problem Solving. IEEE PRESS, PWS Publshing Company: Boston. Sudjana Metode Statistika. Bandung: Tarsito. Supranto, J Pengantar Probabilita & Statistik Induktif Jilid 2. Erlangga: Jakarta.

7 Terima Kasih


Download ppt "THESA ADI SURYANI, 4104000022 Analisis Komparatif Nilai Parameter Seismotektonik dari Hubungan Magnitudo Kumulatif dan Non Kumulatif untuk Jawa Timur Menggunakan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google