Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Network – Kombinasi perangkat keras, perangkat lunak, dan pengkabelan (cabling), yang memungkinkan berbagai alat komputasi berkomunikasi satu sama lain.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Network – Kombinasi perangkat keras, perangkat lunak, dan pengkabelan (cabling), yang memungkinkan berbagai alat komputasi berkomunikasi satu sama lain."— Transcript presentasi:

1

2 Network – Kombinasi perangkat keras, perangkat lunak, dan pengkabelan (cabling), yang memungkinkan berbagai alat komputasi berkomunikasi satu sama lain.

3 Peer-to-peer: komunikasi antara 2 komputer untuk share file dan printer. LANs (Local Area Networks): beberapa komputer yang terhubung disuatu lokasi. WANs (Wide Area Networks): network yang menghubungkan antar LAN.

4

5 Repeaters biasanya digunakan memperpanjang ukuran atau jarak sebuah jaringan yang menggunakan topologi bus. Repeaters mengambil sebuah sinyal masuk dan memperbaharui sinyal tersebut untuk keluarannya. Pada umumnya networks (LANs), repeaters sudah digantikan oleh hubs, yang mana telah kebanyakan digantikan oleh switches.

6 Hubs mengijinkan komputer dan perangkat network lain untuk berkomunikasi satu sama lain, dan menggunakan topology star. Seperti repeater, hub memperbaharui suatu sinyal. Hubs mempunyai kerugian yang sama seperti repeater, apapun yang diterima pada sebuah port, akan membanjiri semua keluaran port. Sekarang hub sudah di ganti oleh switches.

7 Switches kebanyakan terlihat seperti hubs, tetapi di dalamnya terdapat banyak perbedaannya. Switches bisa mempelajari bagaimana suatu perangkat pada sebuah network, sehingga mereka tidak membanjiri infomarsi (frames), tetapi mereka bisa menyaring informasi hanya ke port keluaran ke arah tujuan sebuah perangkat. Switches juga menggunakan topologi star.

8 Sebuah router digunakan untuk memisahkan atau membagi sebuah network dari network yang lain.

9

10 Topologi Network menggambarkan suatu struktur dalam network. Physical topology: Tampilan aktual dari kabel atau media. – Bus – Star, Extended Star – Ring Logical topology: Tampilan bagaimana sebuah media di akses oleh hosts untuk mengirim data. – Broadcast or multi-access – token passing

11 “Topologi bus menggunakan satu bagian backbone (panjangnya kabel) yang semua hostsnya terhubung langsung “.

12 “Sebuah topologi ring menghubungkan sebuah host ke host berikutnya dan host terakhir terhubung ke host yang pertama. Ini membuat physical ring pada suatu kabel.”

13 “Topologi star menghubungkan semua kabel ke titik pusat yang ada di tengah. Titik pusat ini selalu menggunakan hub atau switch.”

14 “Suatu topologi extended star diciptakan menggunakan topologi star. Topologi extended star merupakan gabungan dari topologi star satu sama lain.”

15 Topologi Mesh digunakan apabila suatu koneksi tidak boleh putus sama sekali. Untuk sebagai contoh : sistem kontrol pada pembangkit tenaga nuklir. Masing masing device mempunyai koneksi ke semua hosts. Ini juga menggambarkan desain sebuah Internet, yang mana mempunyai banyak jalur menuju ke apa saja satu tempat.”

16 LAN di rancang untuk : Beroperasi di area yang terbatas. Menyediakan multi-access untuk media dengan bandwith tinggi Untuk kontrol sebuah network berada pada administrasi lokal Menyediakan full-time konektivitas untuk service lokal Secara fisik perangkat jaringan berdekatan.

17 WAN di rancang untuk : Beroperasi di daerah geografis yang besar Menyediakan akses melalui interface serial dengan kecepatan yang rendah. Menyediakan full-time dan part-time konektivitas. Secara fisik perangkat jaringan berjauhan.

18 Host atau Router Hub atau Switch Kabel yang terhubung dari port switch ke port NIC komputer disebut dengan kabel straight-through.

19

20 Kabel yang terhubung dari port switch ke port switch yang lain disebut dengan kabel crossover

21

22 Network address membantu untuk mengidentifikasi tujuan melalui sebuah network. Network address dibagi menjadi 2 bagian : – Network – host

23 Nomor telepon tampak seperti pengalamatan sebuah network – Kode area / Nomor telepon – 021 – – 021  Bagian Network –  Bagian host – 021  Jakarta –  Rumah Bapak Agus

24 IP Addresses are 32 bits. Dibagi ke dalam empat bagian masing masing 8 bit sections (octets). Konversi dari binary ke desimal.

25 0NNNNNNNHost Class A Range (1-126) 10NNNNNNNetworkHost Class B Range ( ) 110NNNNNNetwork Host Class C Range ( ) 1110MMMMMulticast Class D Range ( ), Multicast Purposes 10NNNNNNNetworkHost Class E Range ( ), Research Purposes

26 Subnet mask memberitahu kepada kita yang mana IP address yang merupakan bagian network dan IP address yang merupakan bagian host.

27 Mengetahui IP address pada komputer

28 Majalah Infokomputer Majalah Infolinux Wikipedia Google

29

30


Download ppt "Network – Kombinasi perangkat keras, perangkat lunak, dan pengkabelan (cabling), yang memungkinkan berbagai alat komputasi berkomunikasi satu sama lain."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google