Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

01 Feb 20051 M0414 Analisa Sistem Informasi Entity Relationship Diagram - Chen.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "01 Feb 20051 M0414 Analisa Sistem Informasi Entity Relationship Diagram - Chen."— Transcript presentasi:

1 01 Feb M0414 Analisa Sistem Informasi Entity Relationship Diagram - Chen

2 01 Feb Istilah yang Digunakan ERD adalah Diagram yang digunakan untuk menggambarkan hubungan antar entity dalam suatu sistem. ERD tidak menggambarkan aliran data atau proses. Komponen ERD:  Entity  Relationship  Attribute Entity adalah segala sesuatu yang dapat dijelaskan dengan data, kelompok benda / objek, diberi nama dengan kata benda. Relationship adalah asosiasi antara satu atau beberapa entity, diberi nama dengan kata kerja. Attribute adalah properti / karakteristik suatu entity atau relationship.

3 01 Feb Istilah yang Digunakan Simbol yang digunakan:  segi empat, menyimbolkan entity  belah ketupat, menyimbolkan relationship Jenis relationship :  one - to - one (1 : 1)  one - to - many (1 : M atau M : 1)  many - to - many (N : M)

4 01 Feb Istilah yang Digunakan Seorang manajer proyek mengelola beberapa proyek. Setiap proyek dikelola seorang manager.

5 01 Feb Istilah yang Digunakan Seorang personil bisa bekerja pada beberapa proyek. Sebuah proyek dikerjakan oleh beberapa personil. Atribut yang diberi garis bawah merupakan primary key. Primary key adalah atribut (satu atau beberapa), yang memberikan identifikasi yang unik kepada entity atau relationship.

6 01 Feb Pedoman Penentuan Primary Key Tentukan suatu attribute (field) yang menyebabkan setiap entry (record) menjadi unik (tidak ada yang sama). Bila attribute tersebut tidak ada, tentukan gabungan beberapa attribute yang menyebabkan setiap entry menjadi unik. Pilih primary key dengan jumlah attribute paling sedikit.

7 01 Feb E-R Diagram versi James Martin E – R diagram dibuat berdasarkan entity yang terdapat dalam perusahaan Entity ialah suatu yang mengandung / menyimpan data, contoh :  Pelanggan, barang, karyawan, tagihan, kantor cabang, wiraniaga, gudang, produk, pesanan, dll Entity memiliki atribut Garis relasi / hubungan dilengkapi dengan cardinality (frekuensi hubungan) Simbol – simbol yang digunakan

8 01 Feb Jenis Cardinality A berasosiasi dengan dengan satu dan hanya satu B A berasosiasi dengan nol atau satu B A berasosiasi dengan satu atau lebih B A berasosiasi dengan nol, satu atau lebih B A berasosiasi dengan lebih dari satu B

9 01 Feb Contoh E-R Seorang pelanggan melakukan satu atau beberapa pesanan Sebuah pesanan mempunyai satu atau beberapa rincian pesanan ( item order ) Satu rincian pesanan berkaitan dengan sebuah produk

10 01 Feb Tentukan Relationshipnya.


Download ppt "01 Feb 20051 M0414 Analisa Sistem Informasi Entity Relationship Diagram - Chen."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google