Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MMenentukan jenis-jenis barang dan jasa yang diperlukan. KKemajemukan masyarakat beserta kebutuhannya. MMemperhitungkan keuntungan maksimum.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MMenentukan jenis-jenis barang dan jasa yang diperlukan. KKemajemukan masyarakat beserta kebutuhannya. MMemperhitungkan keuntungan maksimum."— Transcript presentasi:

1

2

3

4

5 MMenentukan jenis-jenis barang dan jasa yang diperlukan. KKemajemukan masyarakat beserta kebutuhannya. MMemperhitungkan keuntungan maksimum. SSurvei or riset pasar yang cermat

6 Hal-hal yang perlu dipertimbangkan :  Kombinasi sumber daya dan faktor produksi yang tersedia.  Pengaturan biaya kombinasi.  Menentukan teknik produksi.  Penentuan cara produksi; intensifikasi modal atau intensifikasi tenaga kerja.  Kestabilan harga dan nilai uang

7 Hal-hal yang perlu dipertimbangkan : SSiapa yang akan mengkonsumsi hasil produksi. BBagaimana pendistribusian hasil produksi kepada konsumen.

8

9

10  Pemilik tenaga kerja, akan memperoleh gaji.  Pemilik lahan tanah, akan memperoleh penghasilan berupa sewa.  Pemilik modal, akan memperoleh penghasilan berupa bunga.  Pemilik keahlian, akan memperoleh penghasilan berupa laba usaha (profit).

11 Perseorangan, untuk memenuhi kebutuhan konsumsi mereka. Perusahaan lain sebagai input Pemerintah atau sekotor pemerintah, contohnya dalam bentuk peralatan kantor. Masyarakat luar negri (ekspor).

12 Menyelenggarakan jasa-jasa seperti pembangunan jalan raya, keamanan, pendidikan, kesehatan, pos, listrik, dll. Melindungi industri dalam negri.

13 Meningkatkan pendapatan nasional. Mendapatkan bahan baku dan barang lain yang lebih tinggi mutunya dengan harga yang lebih murah.

14

15

16 Pasar barang R.T. KonsumsiR.T. Produksi Pasar Faktor Produksi

17 Pasar barang R.T. KonsumsiR.T. Produksi Pasar Faktor Produksi

18 Pasar barang R.T. KonsumsiR.T. Produksi Pasar Faktor Produksi

19

20

21 Mempertahankan yang sudah ada, bukan menciptakan yang baru. Tujuan utama mempertahankan kebiasaan lama. Tidak mempersoalakan faktor-faktor produksi yang terbatas. Kehidupan sehari-hari dijalankan menurut norma yang telah ditentukan dan dilakukan dari generasi ke generaasi

22 Kelebihan :  Pemerintah bertanggung jawab penuh terhadap perekonomian.  Mudah melakukan pemerataan pendapatan dan pengendalian harga.  Mudah menentukan dan melaksanakan produksi dan distribusi barang.  Pengangguran dapat dieliminasi. Kekurangan :  Kurang menghargai karya cipta pribadi/perorangan.  Konsumen tidak selalu memperoleh barang dan jasa sesuai keinginan.  Pemerintah sulit menghitung semua kebutuhan masyarakat karena masalah perekonomian yang sangat kompleks.

23 Kelebihan :  Kebebasan memilih alat produksi dan modal.  Kebebasan berusaha,, memilih pekerjaan,, dan menentukan konsumsi.  Terdapat persaingan di antara pengusaha. Kekurangan :  Terjadi persaingan yang tidak sehat.  Timbul distribusi pendapatan dan kekayaan yang tidak merata.  Timbul eksternalitas atau dampak imbasan.

24 Pemerintah ikut serta langsung dalam kegiatan-kegiatan ekonomi. Pemerintah menetapkan berbagai peraturan agar fungsi pasar lebih sempurna dan persaingan kurang sehat dapat diatasi.

25 LATIHAN 1. Manusia akan selalu dihadapkan dengan keinginan yang tidak terbatas dan sumber daya yang terbatas. Dari sinilah masalah pokok ekonomi timbul. Jelaskan apa saja masalah pokok ekonomi itu! 2. Identifikasi bagian mana dari diagram arus lingkaran kegiatan ekonomi yang berhubungan dengan aliran barang dan jasa serta aliran uang dari masing-masing aktivitas berikut ini.  Fakih membayar seorang pengusaha baju Rp75.000,00 untuk satu celana  Apik menerima rp10.000,00 per jam kerja di sebuah restoran siap makan saji  Ilham mengeluarkan uang Rp18.000,00 untuk menonton film di bioskop  Yusuf menerima Rp ,00 dari 2% kepemilikian saham perusahaan gudang garam

26 LATIHAN 3. Mengapa peranan pemerintah dalam perekonomian masih dibutuhkan atau dianggap penting! 4. Berkenaan dengan konsep masyarakat luar negeri. Jelaskan menurut pendapat anda, apakah kondisi-kondisi di bawah ini relatif menguntungkan masyarakat luar negeri atau tidak?  Banyak perusahaan gas yang mengekspor gas LNG ke luar negeri karena harga di luar negeri jauh lebih tinggi dibanding harga di dalam negeri. Akan tetapi ekspor ini berdampak pada pabrik pupuk yang berbahan mentah LNG kekurangan pasokan bahan mentah  Impor pakaian bekas dengan harga yang relatif murah dari pakaian yang dihasilkan oleh perusahaan pakaian domestik  Masuknya perusahaan asing ke dalam negeri yang merekrut orang Indonesia sebagai tenaga ahli.

27 LATIHAN 5. Anda diminta oleh sekolah anda untuk ikut lomba debat mengenai sistem ekonomi. Anda adalah kelompok yang pro dengan sistem ekonomi komando. Dengan demikian, yang harus anda kuasai adalah apa saja kekuatan dari sistem ekonomi komando. Buatlah tulisan berupa poin-poin yang akan anda buat dalam lomba debat tersebut. Pastikan anda mendefinisikan sistem komando secara benar dalam presentasi anda!

28 THAT’S ALL FROM US!!!! THANKS FOR YOUR ATTENTION


Download ppt "MMenentukan jenis-jenis barang dan jasa yang diperlukan. KKemajemukan masyarakat beserta kebutuhannya. MMemperhitungkan keuntungan maksimum."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google