Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

E-commerce: Digital Markets, Digital Goods Ivan Diryana, ST.,MT.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "E-commerce: Digital Markets, Digital Goods Ivan Diryana, ST.,MT."— Transcript presentasi:

1 E-commerce: Digital Markets, Digital Goods Ivan Diryana, ST.,MT

2 E-COMMERCE TODAY

3 Why has e-commerce grown so rapidly? Karena sifat unik yang dimiliki oleh Internet dan Web. Pada intinya, internet dan e- commerce adalah teknologi yang lebih canggih dibandingkan teknologi sebelumnya seperti radio, televisi dan telephone.

4 Keunikan E-Commerce Ubiquity Dapat tersedia dimana saja, kapan saja. – Memungkinkan konsumen berbelanja melalui desktop computer di rumah, tempat kerja atau dalam mobil menggunakan mobile commerce. – Munculnya marketspace, yaitu pasar yang jangkauannya melebihi pasar tradisional dan mampu menembus batas geografis.

5 Global Reach – Teknologi E-commerce memungkinkan transaksi komersial lintas buaya dan batas negara dengan lebih mudah serta murah dibandingkan cara tradisional. – Pada akhirnya menyedikan besar potensial market kurang lebih sebesar populasi online di dunia, sekitar 1,9 miliar. (Internetworldstats.com, 2010).

6 Universal Standards – Unsur teknis terstandarisasi dalam intenet sehingga secara teknis untuk mengembangkan e- commerce telah terstandarisasi secara universal

7 Richness – Kaya akan informasi, dalam hal ini berkaitan dengan kompleksitas dan konten pesan di Internet. Internet saat ini mampu memberikan pesan yang kaya informasi melalui teks, audio, dan video secara simultan ke banyak orang.

8 Interactivity – Tidak seperti teknologi komersial abad ke 20, kecuali telepon, teknologi e-commerce dapat bersifat interactive, yaitu memungkinkan komunikasi dua arah antara penjual dan pembeli.

9 Information Density – Internet dan Web meningkatkan densitas dari informasi, yaitu jumlah dan kualitas dari informasi yang tersedia bagi semua partisipan market, konsumen dan penjual. E-commerce mengurangi usaha pengumpulan informasi, penyimpanan, processing, dan biaya komunikasi sementara itu teknologi e-commerce meningkatkan currency, akurasi dan kecepatan informasi.

10 Personalization/Customization Memungkinkan personalisasi, dimana penjual dapat men-targetkan pesan-pesan marketingnya ke individual secara spesifik dengan mengatur pesan tersebut berdasarkan nama, ketertarikan, dan pembelian terdahulu. Teknologi e-commerce memungkinkan kostumisasi, yaitu mengatur produk atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen berdasarkan preferensi konsumen atau perilaku sebelumnya.

11 Social Technology: User Content Generation and Social Networking – Internet dan teknologi e-commerces telah berevolusi menjadi lebih sosial dengan memberikan kemampuan bagi pengguna untuk menciptakan dan berbagi dengan teman mereka

12

13 E-COMMERCE: BUSINESS AND TECHNOLOGY TYPES OF E-COMMERCE – Business-to-consumer (B2C) – Business-to-business (B2B) – Consumer-to-consumer (C2C)

14

15 E-COMMERCE BUSINESS MODELS Portal – Portals such as Google, Bing, Yahoo, MSN, and AOL E-tailer – Online retail stores, often called e-tailers, come in all sizes, from giant Amazon with 2010 revenues of more than $24 billion Content Provider – iTunes Store Transaction Broker Market Creator – Market creators build a digital environment in which buyers and sellers can meet, display products, search for products, and establish prices. Ex, eBay.

16 Service Provider – Google has led the way in developing online software service applications such as Google Apps, Gmail, and online data storage services. Community Provider – The social networking sites Facebook, MySpace, LinkedIn, and Twitter; online communities such as iVillage; and hundreds of other smaller, niche sites such as Doostang and Sportsvite all offer users community-building tools and services.

17 E-COMMERCE REVENUE MODELS Advertising Revenue Model – Web menghasilkan revenue dengan menarik banyak pengunjung Sales Revenue Model – Perusahaan mendapat revenue dengan menjual barang, informasi atau jasa Subscription Revenue Model – Web menawarkan konten atau jasa yang dibebankan biaya pada saat mendaftar Free/Freemium Revenue Model – Perusahaan menawarkan jasa atau konten yang mendasar secara gratis, sementara untuk fitur premium dibebankan biaya.

18 Transaction Fee Revenue Model – Perusahaan memperoleh fee saat transaksi terjadi, contoh eBay Affiliate Revenue Model – Web mengirimkan pengunjung ke web lain dan mendapatkan fee atau persentase dari penjualan yang terjadi. Cth MyPoints yang mendapatkan uang dengan menghubungkan perusahaan- perusahaan ke konsumen potensia dengan menawarkan special deals.

19 E-COMMERCE MARKETING

20

21

22 B2B E-COMMERCE: NEW EFFICIENCIES AND RELATIONSHIPS

23 Business-to-business e-commerce refers to the commercial transactions that occur among business firms. Increasingly, these transactions are flowing through a variety of different Internet-enabled mechanisms. About 80 percent of online B2B e-commerce is still based on proprietary systems for electronic data interchange (EDI)

24

25 A PRIVATE INDUSTRIAL NETWORK

26 A NET MARKETPLACE

27 THE MOBILE DIGITAL PLATFORM AND MOBILE E-COMMERCE

28 Location-Based Services – Wikitude.me provides a special kind of browser for smart phones equipped with a built-in global positioning system (GPS) and compass that can identify your precise location and where the phone is pointed. Banking and Financial Services – Banks and credit card companies are rolling out services that let customers manage their accounts from their mobile devices. JPMorgan Chase and Bank of America customers can use their cell phones to check account balances, transfer funds, and pay bills. Wireless Advertising and Retailing Games and Entertainment

29 BUILDING AN E-COMMERCE WEB SITE Building a successful e-commerce site requires a keen understanding of business, technology, and social issues, as well as a systematic approach. The two most important management challenges in building a successful e-commerce site are (1) developing a clear understanding of your business objectives (2) knowing how to choose the right technology to achieve those objectives.

30 BUSINESS OBJECTIVES, SYSTEM FUNCTIONALITY, AND INFORMATION REQUIREMENTS

31

32


Download ppt "E-commerce: Digital Markets, Digital Goods Ivan Diryana, ST.,MT."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google