Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Class Library ADO.Net Arfansyah, M.Kom. Dalam. NET Framework, ADO.Net diimplementasikan sebagai himpunan dari banyak Class yang berasal dari namespace.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Class Library ADO.Net Arfansyah, M.Kom. Dalam. NET Framework, ADO.Net diimplementasikan sebagai himpunan dari banyak Class yang berasal dari namespace."— Transcript presentasi:

1 Class Library ADO.Net Arfansyah, M.Kom

2 Dalam. NET Framework, ADO.Net diimplementasikan sebagai himpunan dari banyak Class yang berasal dari namespace System.Data Library System.Data dibagi menjadi 3 bagian dasar :

3

4 Data Set Data set merupakan data yang “DisConnected” dan “in memory”, yang berarti bahwa data terletak di client dan mengambil resource memori client. Data dapat dimanipulasi terpisah dari databasenya. Ketika DataSet selesai digunakan, baik untuk proses manipulasi ataupun penyampaian data, perubahan yang terjadi di dataset dapat dikirim balik ke pusat database seperti Microsoft SQL Server, Oracle atau Microsoft Access Data Provider Data Provider bertugas untuk menyediakan dan mengatur koneksi ke database. Data Provider merupakan kumpulan komponen yang telah diatur untuk menyediakan data seefisien mungkin.

5 NET Framework menawarkan 2 buah Data Provider : 1.SQL Server Data Provider Didesain hanya untuk bekerja pada Microsoft SQL Server versi 7.0 dan kelanjutannya 2.OLEDB Data Adapter Membolehkan untuk koneksi ke database lain seperti Oracle dan Microsoft Access Kedua Jenis Data Provider tersebut memiliki komponen sebagai berikut : 1.Connection Object Membuka Koneksi ke Database 2.Command Object Digunakan untuk mengeksekusi T-SQL, Store Procedure ke database melalui object Connection atau mengembalikan table secara lengkap 3.DataReader Object Menyediakan recordset yang bersifat Forward-Only dan Read-Only dari Database. Komponen ini berbeda dengan komponen yang lain, dimana jika ingin digunakan harus melalui mekanisme Instantiate, untuk DataReader merupakan penampung untuk hasil eksekusi yang dilakukan object command melalui metode ExecuteReader 4.DataAdapter Object DataAdapter merupakan komponen inti dalam ADO.NET dengan konsep “Disconnected Data Access”. Object ini merupakan perantara antara database dan dataset.


Download ppt "Class Library ADO.Net Arfansyah, M.Kom. Dalam. NET Framework, ADO.Net diimplementasikan sebagai himpunan dari banyak Class yang berasal dari namespace."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google