Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Tahap Analisis Disusun Oleh : Dr. Lily W.. Pendahuluan Sejak komputer digunakan dalam setiap bidang saat ini, ia menjadi masalah penting untuk memahami.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Tahap Analisis Disusun Oleh : Dr. Lily W.. Pendahuluan Sejak komputer digunakan dalam setiap bidang saat ini, ia menjadi masalah penting untuk memahami."— Transcript presentasi:

1 Tahap Analisis Disusun Oleh : Dr. Lily W.

2 Pendahuluan Sejak komputer digunakan dalam setiap bidang saat ini, ia menjadi masalah penting untuk memahami dan memb angun sistem komputerisasi dengan cara yang efektif. Membangun sistem bukan proses mudah, tetapi membut uhkan keahlian tertentu dan kemampuan untuk memaha mi dan mengikuti prosedur yang sistematis terhadap pem buatan sistem informasi. Analisis di sini bertujuan untuk memahami data dan pros es, dan menentukan bagaimana keduanya harus diubah untuk memberikan manfaat yang lebih besar. Proses analisis sistem sayangnya bukan salah satu ilmu pengetahuan, tapi salah satu seni.

3 Apa itu Rekayasa Perang kat Lunak? Rekayasa perangkat lunak adalah pendekatan sistem atis untuk pengembangan, operasi dan pemeliharaan perangkat lunak. Rekayasa Perangkat Lunak berkaita n dengan pengembangan dan pemeliharaan produk-pr oduk perangkat lunak. Tujuan utama rekayasa perangkat lunak adalah untuk menyediakan perangkat lunak berkualitas dengan biay a rendah. Rekayasa Perangkat Lunak melibatkan kegi atan perencanaan proyek, manajemen proyek, analisi s sistematis, desain, validasi dan pemeliharaan.

4 Representasi Analisis Se buah Sistem Analisis Sistem adalah proses pemecahan masalah yang k ompleks menjadi beberapa bagian, memeriksa bagian-bagi an dan membangun kembali mereka menjadi suatu keselur uhan menjadi lebih efisien efektif Kita mengacu pada proses transformasi yang menambahka n nilai pada input dan menghasilkan output sebagai suatu k emampuan. Anda akan sering mendengar orang menyebut ini sebagai fungsionalitas sistem, sebagian memang benar. Fungsionalitas hanya mewakili TINDAKAN yang akan dicap ai; tidak BAGAIMANA CARA YANG BAIK yang ditandai den gan kinerja. Teks ini menggunakan kemampuan sebagai ist ilah operasi yang mencakup baik fungsi dan atribut kinerja s istem.

5 Representasi Analisis Se buah Sistem Figure 1 - Basic System Entity Cons truct Figure 2 - Analytical System Entity Construct

6 Pengenalan Singkat Anal isis Sistem dan Desain Pengembangan sistem informasi dapat dimasukkan ke dalam dua fase utama: Analisis dan Desain. Selama fase analisis fungsi sist em secara lengkap dipahami dan persyaratan didefinisikan yang mengarah pada perancangan sistem baru. Oleh karena itu proses pengembangan sistem ini juga dikenal sebagai Analisis Sistem d an proses Desain. Dengan demikian, analisis sistem adalah proses menyelidiki siste m, mengidentifikasi masalah, dan menggunakan informasi terseb ut untuk merekomendasikan perbaikan sistem. Desain Sistem adalah proses perencanaan suatu sistem bisnis ba ru atau untuk menggantikan atau melengkapi sistem yang sudah ada. Analisis menentukan sistem apa yang harus dilakukan. Desain m enyatakan bagaimana untuk mencapai tujuan.

7 Apa itu Analisis dan Des ain Sistem? Tahapan dalam membangun sistem yang diperbaiki Setelah sistem yang diusulkan dianali sa dan dirancang, implementasi siste m yang sebenarnya terjadi. Setelah i mplementasi, sistem kerja tersedia da n memerlukan perawatan yang tepat waktu. Lihat gambar di atas.

8 Peran Analis Sistem Tugas analis adalah mengidentifikasi rangsangan data, men gikuti urutan pemrosesan yang diaktifkan oleh rangsangan, d an mengidentifikasi hasil urutan pemrosesan. Analis juga har us menentukan jika ada masalah dalam urutan pengolahan d an menentukan, jika mungkin, bagaimana membuat mereka l ebih efisien dan efektif. Analis sistem adalah orang yang memandu pengembangan sistem informasi. Sebagian besar tanggung jawab umum Sistem Analis adalah sbb: 1) Analisis Sistem 2) Analisis dan desain sistem 3) Analisis Sistem, desain, dan pemrograman:

9 Peran Analis Sistem Karena berbagai tanggung jawab yang dibutuhkan sebag ai seorang analis sistem untuk menangani, dia harus merupakan “multifaceted” dengan beragam keterampil an yang dibutuhkan pada berbagai tahap siklus kehidu pan Selain pengetahuan teknis pengembangan sistem inform asi seorang analis sistem juga harus memiliki pengeta huan sebagai berikut. Pengetahuan Bisnis Keterampilan interpersonal Keterampilan pemecahan masalah

10 Siapa Pengguna Sistem ( Pengguna Akhir Sistem)? Pengguna akhir sistem merujuk kepada orang-orang yang mengguna kan komputer untuk melakukan pekerjaan mereka, seperti operator d esktop. Selanjutnya, pengguna akhir dapat dibagi ke dalam berbagai kategori. Hands-on user. Mereka benar-benar berinteraksi dengan sistem. Mer eka adalah orang-orang yang memberikan data input dan mendapatk an data output. Jenis pengguna lain adalah manajer organisasi pengguna sistem tsb. Jenis pengguna keempat memiliki tanggung jawab manajemen untuk sistem aplikasi. Mereka mengawasi investasi dalam pengembangan atau penggunaan sistem. Jenis Pengguna keempat adalah manajer senior. Mereka bertanggun g jawab untuk mengevaluasi risiko organisasi yang besar akibat kega galan sistem.

11 Analisis Pendahuluan Tujuan utama dari analisis awal adalah mengidentifikasi kebutuhan pelanggan, melakukan evaluasi konsep siste m untuk kelayakan, melakukan analisis teknik dan ekono mi, melakukan analisis biaya manfaat dan menciptakan d efinisi sistem yang membentuk landasan untuk semua pe kerjaan rekayasa berikutnya. Harus cukup tersedia keahli an untuk perangkat keras dan perangkat lunak untuk mel akukan analisis. Saat melakukan analisis, pertanyaan-pertanyaan berikut muncul. - Berapa banyak waktu yang harus dihabiskan untuk itu? Tidak ada aturan atau formula yang tersedia untuk memu tuskan ini.

12 Analisis Pendahuluan Namun, ukuran, kompleksitas, bidang aplikasi, penggu na akhir, kewajiban berdasarkan kontrak adalah beber apa parameter yang harus diputuskan. Pertanyaan besar lain yang muncul adalah siapa yang harus melakukannya. Analis yang terlatih dan berpengalaman harus melaku kannya. Untuk proyek besar, akan ada tim analisis. Setelah analisis awal, analis harus melaporkan hasil tem uannya kepada manajemen, dengan rekomendasi yan g menjelaskan penerimaan atau penolakan terhadap u sulan/proposal tersebut.

13 Studi Kasus: Sistem Perp ustakaan Noida Perpustakaan Umum Noida adalah perpustakaan terbesar di Noida. Saat ini memiliki sekitar 300 anggota. Seseorang yang berumur 18 at au lebih dapat menjadi anggota. Ada biaya keanggotaan Rs 400 untu k setahun. Ada formulir yang harus diisi di mana orang mengisi data pribadi. Formulir ini disimpan untuk mempertahankan catatan anggot a dan mengetahui periode keanggotaan. Seorang anggota dapat meminjam maksimal tiga buku. Dia memiliki t iga kartu untuk peminjaman buku. Terhadap setiap kartu, anggota da pat meminjam satu buku dari perpustakaan. Setiap kali anggota ingin meminjam sebuah buku dan ada kartu cadangan, maka buku ini dap at dipinjam. Dalam keadaan lain permintaan tidak dilayani. Setiap bu ku harus dikembalikan pada tanggal jatuh tempo yang ditentukan. Jik a anggota tidak mengembalikan buku pada tanggal yang ditentukan, denda Rs 2 per hari setelah tanggal jatuh tempo buku dikembalikan.

14 Sistem Perpustakaan Noi da Jika dalam kasus kartu hilang maka kartu duplikat dikeluarkan. Acco unt dikelola untuk biaya keanggotaan dan uang yang terkumpul dari denda. Ada dua pustakawan untuk menangani pengembalian buku d an masalah transaksi. Sekitar 100 anggota datang ke perpustakaan s etiap hari untuk meminjam dan mengembalikan buku. Ada 5000 buku yang tersedia untuk dipinjam dimana 1000 buku untu k referensi dan tidak dapat dipinjam. Record untuk buku-buku di perp ustakaan dikelola. Record ini berisi rincian tentang penerbit, penulis, subjek, bahasa, dll Ada pemasok yang memasok buku ke perpustaka an. Perpustakaan menyimpan record-record tentang pemasok. Banyak laporan juga diproduksi. Laporan ini untuk informasi tentang buku yang tersedia di perpustakaan, rincian keuangan, 'rincian angg ota, dan rincian pemasok.

15 Sistem Perpustakaan Noi da Saat ini semua fungsi perpustakaan dilakukan secara manual. Ba hkan record-record dipelihara/dikelola di atas kertas. Sekarang har i demi hari jumlah anggota semakin meningkat. Menjaga record se cara manual menjadi tugas yang sulit. Ada masalah lain juga yang dihadapi staf perpustakaan. Seperti dalam kasus penerbitan duplik at kartu untuk anggota ketika anggota atau staf perpustakaan kehil angan kartu. Sangat sulit untuk memeriksa keaslian/genuinity mas alah. Kadang-kadang staf perpustakaan perlu mengetahui tentang statu s buku, apakah ia sedang dipinjam atau tidak. Jadi untuk melakuk an pencarian jenis ini sangat sulit dilakukan di sistem manual. Manajemen juga memerlukan laporan untuk buku yang dipinjam, b uku-buku di perpustakaan, anggota, dan rekening. Membuat lapor an secara manual adalah pekerjaan yang rumit ketika ada ratusan dan ribuan record.

16 Sistem Perpustakaan Noi da Manajemen berencana untuk memperluas perpustakaan, dalam ha l jumlah buku, jumlah anggota dan akhirnya pendapatan yang diha silkan. Hal ini diamati bahwa setiap bulan paling tidak ada p ermintaan keanggotaan. Selama dua bulan terakhir perpustakaan ti dak melayani permintaan untuk keanggotaan baru karena kesulitan untuk mengelola data anggota yang ada yaitu 250 secara manual. Dengan rencana ekspansi, manajemen perpustakaan bertujuan unt uk meningkatkan para anggotanya di tingkat 75 per bulan. Hal ini ju ga berencana untuk meningkatkan biaya keanggotaan dari 400 me njadi 1000 untuk setiap tahun dan 500 untuk setengah tahun, dala m rangka memberikan layanan yang lebih baik kepada anggotanya, yang mencakup peningkatan jumlah peminjaman buku dari 3 men jadi 4.

17 Sistem Perpustakaan Noi da Karena masalah yang dihadapi oleh staf perpustakaan dan rencana ekspansinya, manajemen berencana untu k memiliki sistem yang pertama akan menghapus kebut uhan kartu. Sebuah sistem untuk mengotomatisasi fung si pencatatan dan pembuatan laporan. Dan bisa memb antu dalam melaksanakan pencarian yang berbeda sec ara cepat. Sistem untuk menangani rincian keuangan.

18 Solusi Dlm Gambar

19 Sistem Perpustakaan Noi da Hal pertama yang kami pelajari adalah sistem. Dalam studi kasus kami Perpustakaan Umum Noida adalah sebuah sistem. Setiap si stem merupakan sekumpulan beberapa unit fungsional yang beke rja sama untuk mencapai tujuan tertentu. Tujuan utama dari siste m perpustakaan adalah untuk menyediakan buku-buku untuk ang gotanya tanpa kesulitan. Gambar 1.4 Menggambarkan sistem per pustakaan Noida dalam bentuk gambar Bagian peminjaman dan pengembalian buku, unit pencatatan buk u, unit pencatatan anggota, pembukuan, dan unit penghasil lapor an adalah unit fungsional yang berbeda dari perpustakaan. Setiap unit fungsional memiliki tugas sendiri. Namun, masing-masing uni t ini bekerja secara independen untuk mencapai keseluruhan tuju an perpustakaan.

20 Sistem Perpustakaan Noi da Kemudian tentukan komponen dan karakteristik sistem. Data meru pakan komponen penting dari sistem apapun. Di sini, data yang be rkaitan dengan rincian anggota, buku, account/keuangan, dan pem asok. Karena orang dapat berinteraksi dengan sistem ini maka sist em ini adalah sistem terbuka. Sistem ini terutama berkaitan dengan pengelolaan data maka merupakan sistem informasi. Jika sistem ini akan otomatis sebagaimana dibayangkan oleh man ajemen, maka peran dari sistem analis adalah mempelajari sistem, cara kerja, dan masalah yang ada. Analis juga harus menyediakan solusi bagi masalah yang ada.

21 Sistem Perpustakaan Noi da Sekarang manajemen telah memutuskan untuk sist em otomatis maka analis akan melakukan tugas-tug as di atas. Sebagai analis melakukan studi sistem, masalah berikut telah diidentifikasi - Mengelola kartu keanggotaan - Memproduksi laporan dari sejumlah besar data - Mengelola account/keuangan - Menjaga record untuk buku-buku di perpustakaan dan anggotanya - Melakukan pencarian


Download ppt "Tahap Analisis Disusun Oleh : Dr. Lily W.. Pendahuluan Sejak komputer digunakan dalam setiap bidang saat ini, ia menjadi masalah penting untuk memahami."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google