Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 PERANCANGAN MASUKAN. 2 KUALITAS MASUKAN MENENTUKAN KUALITAS KELUARAN. KUALITAS MASUKAN MENENTUKAN KUALITAS KELUARAN. GIGO = GARBAGE IN GARBAGE OUT GIGO.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 PERANCANGAN MASUKAN. 2 KUALITAS MASUKAN MENENTUKAN KUALITAS KELUARAN. KUALITAS MASUKAN MENENTUKAN KUALITAS KELUARAN. GIGO = GARBAGE IN GARBAGE OUT GIGO."— Transcript presentasi:

1 1 PERANCANGAN MASUKAN

2 2 KUALITAS MASUKAN MENENTUKAN KUALITAS KELUARAN. KUALITAS MASUKAN MENENTUKAN KUALITAS KELUARAN. GIGO = GARBAGE IN GARBAGE OUT GIGO = GOLD IN GOLD OUT

3 3 Taxonomy for Computer Inputs Process Method Data Capture Data Entry Data Processing Keyboard Mouse Touch Screen collected into batch fileskeyboard. This is the most (disk) for processing as a but also the most prone to Data can be collected real keyboard to simplify data commonly associated with graphical user interfaces to reduce errors through screen display or handheldchoices are processed touch commands and data Data usually captured on a business form that becomes the source document for input. - time (over the phone). Data entered via common input method, errors. OLD: Data can be batch. NEW: Data processed as soon as it has been keyed. Same as above. Used in conjunction with entry. Mouse serves as a pointing device for a screen. Can be with point-and-click choices. Same as above, but the use of a mouse is most on-line and real-time processing. Same as above. Data entered on a touch device. Data entry users either choices, or enter data using handwriting recognition. On PCs, touch screen same as above. On handheld computers, data is stored on the handheld for later processing as a remote batch.

4 4 Taxonomy for Computer Inputs (continued)

5 5 Taxonomy for Computer Inputs (concluded)

6 6 KARAKTERISTIK FORMULIR MASUKKAN DAN LAYAR MASUKKAN (VISUAL DISPLAY TERMINAL) YANG BAIK, ADALAH : KARAKTERISTIK FORMULIR MASUKKAN DAN LAYAR MASUKKAN (VISUAL DISPLAY TERMINAL) YANG BAIK, ADALAH : 1.EFEKTIF 2.AKURAT 3.MUDAH PENGGUNAANNYA 4.KONSISTEN 5.SEDERHANA 6.MENARIK

7 7 EFEKTIF FORMULIR DAN LAYAR MASUKKAN MELAYANI TUJUAN SPESIFIK DALAM SISTEM INFORMASI. AKURAT MENUNJUKKAN BAHWA RANCANGAN MASUKKAN ADALAH TEPAT DAN SEMPURNA. MUDAH PENGGUNAANYA TIDAK MEMBUTUHKAN WAKTU EKSTRA / PELATIHAN KHUSUS DALAM PEMASUKKAN DATA.

8 8 KOSISTENSI FORMULIR DAN LAYAR MASUKKAN ADALAH SERAGAM. SEDERHANA FORMULIR DAN LAYAR MASUKKAN ADALAH TERFOKUS PADA PERHATIAN USER. MENARIK USER SENANG MENGGUNAKANNYA.

9 9 Bad Flow in a Form

10 10 Good Flow in a Form

11 11 Screen Design

12 12 A.PERANCANGAN FORMULIR PEDOMAN PERANCANGAN FORMULIR MASUKKAN : MUDAH DIISI SESUAI DENGAN YG DIINGINKAN AKURAT BENTUK MASUKAN HARUS ATRAKTIF MEMPERTIMBANGKAN MEDIA MASUKKAN. MI/6/12/2011

13 13 PERTIMBANGAN DALAM MERANCANG FORMULIR KERTAS : 1.LAMANYA FORMULIR TERSEBUT AKAN DISIMPAN. 2.TAMPILAN DARI FORMULIR. 3.FREKUENSI PENGGUNAAN. 4.CARA PEMAKAIAN FORMULIR (KASAR, HALUS, DILIPAT ATAU DIBAWA-BAWA OLEH PEMAKAINYA.

14 14 5. KEADAAN LINGKUNGAN (BERLEMAK,KOTOR, PANAS, DINGIN, LEMBAB, ATAU MENGANDUNG ASAM) 6.METODE PENGISIAN FORMULIR TERSEBUT DITULIS DENGAN TANGAN ATAU DI CETAK DENGAN MESIN. 7. KEAMANAN TERHADAP PENGHAPUSAN ISI DATA. 8. UKURAN KERTAS YANG DI PERGUNAKAN).

15 15 9. WARNA YANG DIPERGUNAKAN (SEBAIKNYA MENGGUNAKAN WARNA- WARNA YANG CERAH, WARNA YANG BAIK ADALAH WARNA YANG DATANYA MUDAH DIBACA, TERUTAMA BILA MENGGUNAKAN KARBON. PEMBAGIAN ZONA : FORMULIR DIBAGI MENJADI BEBERAPA BLOCK/ZONA YG MASING- MASING BERISI DATA TERKAIT.FUNGSI ZONA INI JUGA DIPAKAI DALAM MERANCANG LAYAR,.

16 16 NAMA ORGANISASI & ALAMAT NO. HALAMAN JUDUL ZONA CONTROL TANGGAL NO FORMULIR ZONA OBJEK NAMA DARI OBJEK (PELANGGAN, PEMASOK) ALAMAT DAN LOKASI ZONA INTRUKSI ZONA OBJEK NAMA DARI OBJEK (PELANGGAN, PEMASOK) ALAMAT DAN LOKASI ZONA PESAN KETERANGAN ZONA OTORISASI ZONA TOTAL TOT SELURUH PAJAK POTONGAN SISA

17 17 PENJELASAN : JUDUL : SEBAIKNYA TIDAK LEBIH DARI 2 ATAU 3 KATA. JUDUL : SEBAIKNYA TIDAK LEBIH DARI 2 ATAU 3 KATA. INSTRUKSI : USAHAKAN FORMAT FORMULIR MAMPU MENJELASKAN DENGAN SENDIRINYA. JANGAN TERLALU BANYAK INSTRUKSI RINCI. INSTRUKSI : USAHAKAN FORMAT FORMULIR MAMPU MENJELASKAN DENGAN SENDIRINYA. JANGAN TERLALU BANYAK INSTRUKSI RINCI. MANFAATKAN GARIS KOTAK DAN CAPTION. MANFAATKAN GARIS KOTAK DAN CAPTION.

18 18 B. PERANCANGAN PROSEDUR DATA ENTRY TUJUAN : MEMASTIKAN BAHWA DATA YANG DIMASUKKAN KE DALAM SISTEM ADALAH AKURAT DICAPAI DENGAN : MEMASTIKAN BAHWA DATA YANG DIMASUKKAN KE DALAM SISTEM ADALAH AKURAT DICAPAI DENGAN : -PENGKODEAN YANG EFEKTIF DAN EFISIEN. -PENANGKAPAN DAN PEMASUKAN DATA YANG EFEKTIF DAN EFISIEN -MENJAMIN KUALITAS MELALUI VALIDASI.

19 19 PEDOMAN UMUM PENGKODEAN RINGKAS RINGKAS STABIL STABIL UNIK UNIK DAPAT DIURUTKAN (SORTABLE) DAPAT DIURUTKAN (SORTABLE) HINDARI KODE YG MEMBINGUNGKAN HINDARI KODE YG MEMBINGUNGKAN SERAGAM SERAGAM DAPAT DIMODIFIKASI DAPAT DIMODIFIKASI MEMPUNYAI ARTI MEMPUNYAI ARTI

20 20 JENIS – JENIS KODE : 1.SIMPLE SEQUENCE CODE PEMBERIAN NOMOR URUT TIDAK ADANYA HUBUNGAN ANTARA NOMOR URUT DENGAN DATA YANG DIBERI NOMOR TSB. LEBIH BAIK DARI PENGKODEAN ACAK. 1. ELIMINASI PEMBERIAN KODE YG SAMA 2. DAPAT MEMPERKIRAKAN ITEM YG DAPAT DI INPUT.

21 21 ORDERPRODUKPELANGGAN 5676KURSI RODAANDI 5677KURSI TAMUFIRMAN 5678KURSI LIPATZAKY 5679KURSI ANAK-ANAKHANI CONTOH :

22 22 2. ALPHABETIC DERIVATION CODE MENGURANGI KESALAHAN DIBANDINGKAN DENGAN SIMPLE SEQUENCE CODE. MENGURANGI KESALAHAN DIBANDINGKAN DENGAN SIMPLE SEQUENCE CODE. MENGGUNAKAN HURUF ATAU DIKOMBINASIKAN DENGAN ANGKA. MENGGUNAKAN HURUF ATAU DIKOMBINASIKAN DENGAN ANGKA. BIASANYA DIGUNAKAN SEBAGAI NOMOR ACCOUNT. BIASANYA DIGUNAKAN SEBAGAI NOMOR ACCOUNT. CONTOH :

23 23 CONTOH : 00125/MDP/01/02 FORMAT / XXX / 99/99 2 DIGIT MERUPAKAN TAHUN 2 DIGIT MERUPAKAN BULAN 3 DIGIT MERUPAKAN INISIAL ORGA. 5 DIGIT MERUPAKAN NOMOR URUT

24 24 3. CLASSIFICATION CODE DIGUNAKAN UNTUK MEMBEDAKAN KELOMPOK DATA. DIGUNAKAN UNTUK MEMBEDAKAN KELOMPOK DATA. MENGGUNAKAN KARAKTER TUNGGAL (HURUF ATAU ANGKA) MENGGUNAKAN KARAKTER TUNGGAL (HURUF ATAU ANGKA) SEBAGAI CARA SINGKAT UNTUK MEWAKILI SUATU : ORANG,TEMPAT, BENDA DLL. SEBAGAI CARA SINGKAT UNTUK MEWAKILI SUATU : ORANG,TEMPAT, BENDA DLL. CONTOH :

25 25 CODE TAX DEDUCABLE ITEM U UANG MUKA U UANG MUKA C CREDIT C CREDIT P PAJAK P PAJAK K KAS K KAS S SUPPLIER S SUPPLIER MASALAH TIMBUL BILA MEMILIKI CODE YANG SAMA, DIATASI DENGAN MENGGUNAKAN LEBIH DARI SATU KARAKTER. MASALAH TIMBUL BILA MEMILIKI CODE YANG SAMA, DIATASI DENGAN MENGGUNAKAN LEBIH DARI SATU KARAKTER.

26 26 4. BLOCK SEQUENCE CODE PENGEMBANGAN DARI SEQUENCE CODE PENGEMBANGAN DARI SEQUENCE CODE DATA DIKELOMPOKKAN BERDASARKAN KARAKTERISTIK YANG SAMA. DATA DIKELOMPOKKAN BERDASARKAN KARAKTERISTIK YANG SAMA. CONTOH : KODE 100 SQL 101 ORACLE 102 dBASE DATABASE

27 27 5. SIGNIFIGCANT-DIGIT SUBSET CODE MAKNANYA TERSEMBUNYI BAGI ORANG AWAM TAPI DIMENGERTI OLEH ORANG INTERNAL. MAKNANYA TERSEMBUNYI BAGI ORANG AWAM TAPI DIMENGERTI OLEH ORANG INTERNAL. BERUPA SUATU BILANGAN DENGAN BANYAK ANGKA. BERUPA SUATU BILANGAN DENGAN BANYAK ANGKA. CONTOH : NPM = NOMOR POKOK MAHASISWA 2002 = TAHUN MASUK / ANGKATAN 24 = JURUSAN 0120 = NOMOR URUT

28 28 6. MNEMONIC CODE DIGUNAKAN UNTUK MEMBANTU PENGINGATAN. DIGUNAKAN UNTUK MEMBANTU PENGINGATAN. KOMBINASI HURUF DAN SIMBOL KOMBINASI HURUF DAN SIMBOL CONTOH : CODE ARTI CODE ARTI JKT JAKARTA JKT JAKARTA DPS DENPASAR DPS DENPASAR PLB PALEMBANG PLB PALEMBANG

29 29 7. FUNCTION CODE MISALNYA DIGUNAKAN UNTUK MENGKODE FUNGSI YANG HARUS DILAKUKAN KOMPUTER. MISALNYA DIGUNAKAN UNTUK MENGKODE FUNGSI YANG HARUS DILAKUKAN KOMPUTER. SEBAGAI PENGGANTI INPUT YANG TERLALU PANJANG. SEBAGAI PENGGANTI INPUT YANG TERLALU PANJANG. CONTOH : CODE FUNCTION CODE FUNCTION F1 PERTOLONGAN F1 PERTOLONGAN F5 SLIDE SHOW F5 SLIDE SHOW

30 30

31 31

32 32 ADA PERTANYAAN ?


Download ppt "1 PERANCANGAN MASUKAN. 2 KUALITAS MASUKAN MENENTUKAN KUALITAS KELUARAN. KUALITAS MASUKAN MENENTUKAN KUALITAS KELUARAN. GIGO = GARBAGE IN GARBAGE OUT GIGO."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google