Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pemodelan Data Oleh : Encep Kurniawan 11 06 70 0013 Teknik Informatika STMIK Subang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pemodelan Data Oleh : Encep Kurniawan 11 06 70 0013 Teknik Informatika STMIK Subang."— Transcript presentasi:

1 Pemodelan Data Oleh : Encep Kurniawan Teknik Informatika STMIK Subang

2 2 Desain Database Model Data Entity-Relationship (E-R) memungkinkan kita menggambarkan konteks objek dan hubungannya, dan digunakan secara luas untuk mengembangkan desain database awal. Model Data Entity-Relationship (E-R) memungkinkan kita menggambarkan konteks objek dan hubungannya, dan digunakan secara luas untuk mengembangkan desain database awal. Model Data tersebut dinamakan juga sebagai Diagram E-R (ERD). Model Data tersebut dinamakan juga sebagai Diagram E-R (ERD).

3 3 Komponen Model E-R Entitas Entitas Orang, tempat, objek, event, konsep. Tipe Entitas Tipe Entitas Kategori / kelas untuk instan entitas sejenis. Biasanya dipresentasikan sebagai suatu Tabel. Instan Entitas Instan Entitas Individu anggota suatu entitas, misalnya Andi, Rudy (orang), Jakarta, Surabaya (Kota), dsbnya. Biasanya direpresentasikan sebagai baris data dalam suatu tabel (Record).

4 4 Komponen Model E-R (Lanjutan) Atribut Atribut Ciri dan Karakteristik suatu tipe entitas. Biasanya direpresentasikan sebagai kolom data dalam suatu tabel (Field). Instan Hubungan Instan Hubungan Hubungan antar entitas. Biasanya direpresentasikan dengan nilai atribut (key) yang sama dalam tabel - tabel yang merepresentasikan entitas. Tipe Hubungan Tipe Hubungan Kategori hubungan antar entitas (satu-ke-satu, satu-ke-banyak, banyak-ke-banyak).

5 5 Notasi Dasar ERD

6 6 Entitas Yang merupakan Entitas Yang merupakan Entitas -Suatu objek yang memiliki beberapa instan di database. -Suatu objek yang memiliki beberapa atribut. -Yang menjadi Objek pemodelan. Yang bukan Entitas Yang bukan Entitas -Pengguna database tersebut (End User). -Output dari sistem database (misalnya laporan).

7 7 Contoh Entitas

8 8 Atribut Merupakan ciri atau karakteristik suatu tipe entitas. Merupakan ciri atau karakteristik suatu tipe entitas. Klasifikasi Atribut Klasifikasi Atribut -Atribut Sederhana dan Komposit. -Atribut Bernilai Tunggal dan Bernilai Banyak. -Atribut Tersimpan / Tercatat dan Derivat. -Atribut Identitas / Pengenal.

9 9 Contoh Atribut Komposit

10 10 Contoh Atribut Bernilai Banyak dan Atribut Derivat

11 11 Contoh Atribut Bernilai Ganda dan juga Komposit

12 12 Hubungan Tipe Hubungan Tipe Hubungan Digambarkan sebagai belah ketupat dengan garis yang menghubungkan tipe – tipe entitas. Instan Hubungan Instan Hubungan Menghubungkan instan – instan entitas spesifik. Dua entitas dapat memiliki lebih dari satu tipe hubungan antar mereka (Hubungan Majemuk). Dua entitas dapat memiliki lebih dari satu tipe hubungan antar mereka (Hubungan Majemuk). Ada juga Entitas Asosiatif, yaitu gabungan antara hubungan dan entitas. Ada juga Entitas Asosiatif, yaitu gabungan antara hubungan dan entitas.

13 13 Hubungan dengan Atribut Mendeskripsikan hal – hal yang berkenaan dengan asosiasi antar entitas dalam hubungan tersebut.

14 14 Derajat Hubungan Derajat suatu Hubungan adalah jumlah tipe entitas yang terlibat di dalamnya, macamnya : Hubungan Unary Hubungan Unary Hubungan Binary Hubungan Binary Hubungan Ternary Hubungan Ternary

15 15 Derajat Hubungan (Lanjutan)

16 16 Kardinalitas Hubungan Satu-ke-Satu Satu-ke-Satu Setiap entitas dalam hubungan memiliki satu dan hanya satu entitas pasangan. Satu-ke-Banyak Satu-ke-Banyak Satu entitas di satu pihak dalam suatu hubungan dapat memiliki beberapa pasangan di pihak lawannya, tetapi entitas di pihak lawannya hanya boleh memiliki maksimum satu pasangan. Banyak-ke-Banyak Banyak-ke-Banyak Entitas – entitas di masing – masing sisi dari hubungan dapat memiliki beberapa pasangan di sisi yang lain.

17 17 Kardinalitas

18 18 Contoh Hubungan Unary

19 19 Contoh Hubungan Binary

20 20 Contoh Hubungan Ternary

21 21 Contoh Hubungan dengan Notasi Kardinalitas Maksimum

22 22 Contoh Hubungan dengan Notasi Kardinalitas Minimum Wajib

23 23 Entitas Kuat dan Lemah Entitas Kuat Entitas Kuat -Eksistensinya tidak tergantung pada entitas – entitas lain. -Memiliki atribut identitas (bernilai unik) sendiri. -Digambarkan sebagai kotak bergaris tunggal. Entitas Lemah Entitas Lemah -Eksistensinya tergantung dari suatu entitas kuat. -Tidak memiliki atribut identitas (yang bernilai unik). -Digambarkan sebagai kotak bergaris ganda.

24 24 Contoh Entitas Kuat dan Lemah


Download ppt "Pemodelan Data Oleh : Encep Kurniawan 11 06 70 0013 Teknik Informatika STMIK Subang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google