Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

8.1.1 Menunjukan alat-alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik 8.1.2 Mengidentifikasi kegunaan energi listrik dalam rumah tangga 8.1.3 Mempraktekan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "8.1.1 Menunjukan alat-alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik 8.1.2 Mengidentifikasi kegunaan energi listrik dalam rumah tangga 8.1.3 Mempraktekan."— Transcript presentasi:

1

2 8.1.1 Menunjukan alat-alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik Mengidentifikasi kegunaan energi listrik dalam rumah tangga Mempraktekan cara menghemat energi di rumah atau di sekolah Memberikan alasan pentingnya menghemat energi

3  Mampu membuat salah satu karya / model yang menggunakan energi listrik (bel listrik, alarm, model lampu lalu lintas,kapal terbang, mobil-mobilan, atau model penerangan rumah)

4 Penghematan energi A. Memanfaatkan energi listrik Kegunaan energi listrik dalam kehidupan se hari-hari,seperti radio, lampu, tv, lemari es mesin cuci, kipas angin, kompor listrik,dll Bentuk energi lain adalah energi kimia yai tu minyak tanah Kompor minyak adalah salah satu contoh alat yang mengunakan energi minyak tanah yang digunakan untuk memasak

5 “ Hemat energi hemat biaya “ artinya semakin hemat energi semakin kecil biaya yang kita keluarkan. Cara menghemat enegi antara lain : 1. Mematikan lampu / peralatan listrik yang tidak digunakan. 2. Mematikan tv jika tidak dilihat 3. Memilih alat listrik yang hemat energi

6 5. Mematikan kran air jika tidak dipakai. Mengapa kita harus menghemat energi ? - karena sumber energi di bumi jumlahnya terbatas. - menghemat energi itu menguntungkan diri sendiri, masyarakat, negara dan generasi yang akan datang.

7  1. Sebutkan empat macam alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik ! 2. Sebutkan empat cara menghemat energi ! 3. Mengapa kita harus menghemat energi ?

8 Pembuatan tanda bahaya banjir Banjir datang dengan cara tiba –tiba yang dapat menimbulkan kerugian seperti : - rusaknya lahan pertanian - rusaknya tempat tinggal - musnahnya kekayaan - timbulnya korban jiwa. Untuk mengetahui datangnya banjir dengan mudah, maka mari kita coba buat alat tanda bahaya banjir.

9  1. toples7. gabus  2. kabel kecil8. paku kecil  3. baterai besar 2 buah9. tang  4. saklar 10. palu  5. bolam kecil 11. air secukupnya  6. kawat 12. kaleng

10  1. Sebutkan alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat alarm tanda bahaya banjir !

11  1. Yudistira, kelas 6  2. Erlangga, kelas 6

12

13

14

15

16

17

18

19


Download ppt "8.1.1 Menunjukan alat-alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik 8.1.2 Mengidentifikasi kegunaan energi listrik dalam rumah tangga 8.1.3 Mempraktekan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google