Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengenalan Database Local e-Content Pertemuan 8 Matakuliah : L0032/Pengantar Metode Penelitian Tahun : 2007.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengenalan Database Local e-Content Pertemuan 8 Matakuliah : L0032/Pengantar Metode Penelitian Tahun : 2007."— Transcript presentasi:

1

2 Pengenalan Database Local e-Content Pertemuan 8 Matakuliah : L0032/Pengantar Metode Penelitian Tahun : 2007

3 Bina Nusantara Tujuan Mahasiswa dapat menjelaskan bentuk, format, dan isi laporan ilmiah seperti skripsi, tesis, disertasi, dan laporan penelitian. Mahasiswa dapat mendemonstrasikan cara menemukan kembali (retrieval) database local e-Content

4 Bina Nusantara Koleksi Lokal Selain koleksi yang dibeli, library juga mengembangkan koleksi lokal yang disebut local e-Content. Koleksi lokal menggambarkan perkembangan ilmu pada suatu institusi, termasuk universitas. Koleksi lokal terdiri dari karya civitas academica (siva) atau tulisan orang luar tentang universitas tersebut, oleh sebab itu disebut UIana, Binusiana, ipbana. Jenis koleksi :skripsi, tesis, disertasi, artikel, laporan penelitian, paper, direktori, kliping, dll.

5 Bina Nusantara Skripsi Skripsi berasal dari bahasa Latin, scriptio, yang berarti hal menulis. Skripsi termasuk kategori laporan ilmiah, yaitu sejenis karangan ilmiah yang mengupas masalah ilmu pengetahuan dan teknologi yang sengaja disusun untuk disampaikan pada orang tertentu dan dalam kesempatan tertentu pula. Skripsi harus mengkaji masalah secara kritis dan berhati-hati, terutama untuk menentukan sifat (characteristics), hakikat (nature), dan pentingnya (importance) masalah yang dibahas. Skripsi merupakan salah satu persyaratan untuk mencapai sarjana Strata 1 di perguruan tinggi.

6 Bina Nusantara Tesis Tesis berasal dari bahasa Yunani “thesis”, artinya diskusi, argumen, dalil. Tesis adalah karya tulis formal yang berfungsi untuk menyampaikan argumentasi logis yang mendukung sutu pandangan spesifik, terutama untuk pemecahan masalah. Tesis bersifat terapeutik, yaitu ditulis untuk mendiagnose masalah dan sekaligus menarik simpulan setelah dilakukan kajian kritis dalam bentuk dalil atau teori, atau interpretasi agar masalah dapat diatasi atau dipecahkan. Sebagai syarat untyuk mencapai Strata 2.

7 Bina Nusantara Disertasi Berasal dari bahasa Latin “disserto”, berarti memperbincangkan, menerangkan, menguraikan. Disertasi sebagai karya tulis formal dalam analisis, interpretasi, evaluasi, dan penjelasan subjek, atau ilmu pengetahuan atau pendapat. Biasanya sudah dalam bentuk konsep. Sebagai salah satu persyaratan untuk mencapai gelar doctorate (Strata 3)

8 Bina Nusantara Bibliografi skripsi dan tesis Unsur bibliografi yang ditampilkan ialah : Penulis Kontributor (dosen pembimbing) Judul Anak judul Jurusan Fakultas Abstrak Subjek Kata kunci

9 Bina Nusantara metadata Metadata adalah “structured data about data”, artinya data terstruktur tentang data. Metadata adalah data yang :1) terstruktur, 2) ditandai kode agar dapat diproses komputer, mendeskripsikan ciri-ciri satuan pembawa informasi, 4) membantu mengidentifikasi, menemukan, menilai, dan mengelola satuan informasi tersebut. Contoh : 1.Kartu katalog 2.Cantuman bibliografi untuk koleksi skripsi, laporan penelitian, dll.

10 Bina Nusantara Information Storage & Retrieval Information storage (penyimpanan informasi) adalah kegiatan pengumpulan, klasifikasi, dan katalogisasi agar informasi menjadi ringkas, tersusun secara sistematis, dan mudah diakses. Information Retrieval merujuk ke seluruh kegiatan yang meliputi pembuatan wakil informasi (representation), penyimpanan (storage), pengaturan organization) sampai pada pengambilan (access).

11 Bina Nusantara User task Untuk mendapatkan informasi, pengguna sedikit banyak tahu apa yang akan dicari, yang disebut user task. User task menyangkut perilaku, tindak-tanduk, pikiran,dan perbuatan manusia. Juga menyangkut ciri teknologi, yaitu mesin hanya dapat bekerja bila diperintah manusia. User task terdiri dari kegiatan retrieval dan browsing. Retrieval dilakukan dengan menerjemahkan kebutuhan dengan merumuskan kata atau informasi (query) sebagai batasan untuk mendapat jawaban informasi. Browsing dilakukan apabila pengguna belum mempunyai kata kunci yang tepat, mereka hanya melihat sekumpulan informasi untuk dipilih.

12 Bina Nusantara Model IR 1.Model Klasik : boolean, vektor, probabilistik. 2.Model terstruktur : non-overlapping lists, proximal nodes.

13 Bina Nusantara Logical view of documents Adalah cara pengguna memandang dokumen sebagai sesuatu yang dapat diwakili oleh kata kunci, baik yang dilakukan manusia atau komputer. Tampilan dokumen di komputer bisa dalam bentuk full-text, semi-fulltext, data bibliografi, abstrak.

14 Bina Nusantara Boolean Logic Or : mencakup Contoh : Jika kita mencari informasi dengan : Indonesia or satwa, Hasilnya adalah kandungan informasi yang mempunyai kata kunci Indonesia, contohnya negara Indonesia, Indonesia Raya, Tanah Air Indonesia, dll. Juga kandungan informasi dengan kata satwa, misal satwa liar, satwa jinak, margasatwa, dll. Hasil pencarian informasi luas sekali, biasanya untuk pemula. And, mempersempit pencarian Contoh : Indonesia and satwa Hasilnya adalah informasi tentang satwa yang ada di Indonesia saja Not, mempersempit pencarian Contoh : Indonesia not satwa Hasilnya adalah informasi tentang Indonesia dan bukan tentang satwa.

15 Bina Nusantara Database Lokal Koleksi lokal - e-Skripsi dan tesis –e-Book –e-Artikel –e- Research –Yang akan dikembangkan –e-Paper –Binus chronicle –E-Knowledge

16 Bina Nusantara Cara akses skripsi dan tesis

17 Bina Nusantara Tampilan e-tesis

18 Bina Nusantara Akses Disertasi

19 Bina Nusantara Tampilan e-Disertasi

20 Bina Nusantara Menu: e-Collection

21 Bina Nusantara e-Book

22 Bina Nusantara e-Journal Tampilan view artikel

23 Bina Nusantara Simple Search (e-Journal)

24 Bina Nusantara Advanced Search (e-Journal)

25 Bina Nusantara Search Result

26 Bina Nusantara e-Riset

27 Bina Nusantara E-Collection: e-Clipping File di bagi- bagi Perjudul artikel


Download ppt "Pengenalan Database Local e-Content Pertemuan 8 Matakuliah : L0032/Pengantar Metode Penelitian Tahun : 2007."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google