Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Disusun Sebagai Tugas Individu Oleh : Idris Masudi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Disusun Sebagai Tugas Individu Oleh : Idris Masudi."— Transcript presentasi:

1 Disusun Sebagai Tugas Individu Oleh : Idris Masudi

2 Agama Hindu merupakan salah satu agama terbesar di dunia setelah Kristen dan Islam. Jumlah penganut agama Hindu diperkirakan mencapai sekitar 920 juta jiwa, atau sekitar 13,5% dari keseluruhan penghuni muka bumi. Dan Sekitar 890 juta pemeluknya bertempat tinggal di India, sedangkan sekitar 30 juta lainnya menyebar diseluruh penjuru dunia.

3 Definisi Hindu Kata "Hindu" berasal dari kata Sanskerta Sindhu (Dewanagari: सिन्धु ). Dalam bahasa Persia abad pertengahan, "Hindo" merujuk kepada kata Avestan kuno Hendava (Sanskerta: Saindhava), yang berarti penghuni sungai Sindhu. Penggunaan kata "Hindu" untuk "Sindhu", merujuk kepada orang-orang yang tinggal dekat dengan sungai Sindhu atau di sepanjang sungai tersebut.SanskertaDewanagaribahasa Persiasungai Sindhu

4 Sejarah Agama Hindu Secara garis besar sejarah perkembangan agama Hindu di India terbagi menjadi empat fase., yakni jaman weda, jaman brahmana, jaman upanisad, dan zaman Budha.

5 Zaman Weda Pertama, Zaman Weda, fase ini dimulai sejak bangsa arya berada di Punjab di lembah sungai sindhu, sekitar tahun SM, setelah mendesak bangsa dravida kesebelah selatan sampai ke dataran tinggi Dekkan.

6 Zaman Brahmana Kedua, Zaman Brahmana, kekuasaan kaum brahmana pada kehidupan keagamaan. Kaum Brahmanalah yang mengantarkan persembahan orang kepada para dewa waktu itu. Pada zaman ini pula tata upacara keagamaan mulai tersusun secara sistematik.

7 Zaman Upanisad Ketiga, zaman Upanisad yang tidak hanya melulu mementingkan upacara keagamaan dan sesaji saja, akan tetapi lebih meningkat kepada pengetahuan bathin yang lebih tinggi, yang dapat membuka tabir rahasia gaib.

8 Zaman Budha Keempat, zaman Budha, fase ini dimulai pada saat putra raja sudhodana yang bernama “sidharta” menafsirkan weda dari sudut pandang logika dan mengembangkan sistem yoga dan semedi sebagai jalan menghubungkan diri dengan

9 kitab suci Menurut mereka kitab suci weda lebih tua dua ribu tahun dari kitab taurat dan ada pula yang berpendapat bahwa kitab suci Weda dicatat lebih dahulu dari itu, mungkin tiga ribu tahun yang lalu. Kitab suci Weda terdiri dari empat bagian : (1) Rig Weda, (2) Sama Weda, (3) Yajur Weda, dam (4) Atharwa Weda. Bagian kitab suci Hindu yang berisi mantera-mantera dalam bentuk pujian, dipergunakan untuk mengundang para dewa agar hadir pada upacara korban yang dipersembahkan kepada mereka..Bagian kitab suci Hindu yang berisi mantera-mantera – Sebagaimana Rig Weda- yang dilagukan Bagian kitab suci Hindu yang berisi rapal (yajur) Bagian kitab suci Hindu yang berisi mantera-mantera khusus untuk menyembuhkan orang sakit, mengusir roh jahat dan sebagainya.


Download ppt "Disusun Sebagai Tugas Individu Oleh : Idris Masudi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google