Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Gangguan Makan Pada Atlet. Pendahuluan Gangguan makan sering ditemui pada atlet karena mereka terlalu mementingkan berat badan dan berkeinginan sangat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Gangguan Makan Pada Atlet. Pendahuluan Gangguan makan sering ditemui pada atlet karena mereka terlalu mementingkan berat badan dan berkeinginan sangat."— Transcript presentasi:

1 Gangguan Makan Pada Atlet

2 Pendahuluan Gangguan makan sering ditemui pada atlet karena mereka terlalu mementingkan berat badan dan berkeinginan sangat keras untuk menang sehingga menjadi obsesi. Biasanya hal ini ditemui pada atlet yang menginginkan penampilan tampak ramping tetapi berlatih sering dan berat sehingga menjadi kurus sekali namun tetap ingin mempertahankan berat badan itu. Cara yang sering digunakan termasuk merangsang muntah, berpuasa, menggunakan diuretika atau obat pencahar.

3 Terjadinya Anorexia Nervosa Gejala fisik: Penurunan Berat Badan Amenorrhea ( siklus menstruasi tidak teratur) Metabolisme Rendah Perubahan kulit Konstipasi Pola tidur yang tidak teratur atau Insomnia

4 Cont... Gejala Psikologis : Bermasalah dengan bentuk tubuh Adanya tekanan Emosional Mengutamakan kesempurnaan Kurang Percaya diri dan Takut untuk berkembang Kurangnya kontrol atau pengendalian diri Gejala Perilaku : Adanya penolakan saat makan Mengkonsumsi makanan rendah kalori Melakukan ritual – ritual khusus

5 Terjadinya Bulimia Gejala Fisik : Penurunan berat badan yang berarti Penampilan saat bertanding yang buruk Masalah tenggorokan dan gigi Gejala psikologis : Adanya perubahan Mood Gejala Perilaku : Makan yang banyak lalu dimuntahkan Lebih agresif saat latihan

6 Efek dari gangguan makan terhadap eksistensi penampilan atlet Penipisan glikogen Akibat dari anorexia nervosa dan bulimia berpengaruh pada ketersediaan glikogen dalam otot. Sehingga, kemampuan atlet untuk menghasilkan kekuatan otot akan terganggu karena serat otot kehabisan glikogen, berpengaruh juga pada gerakan – gerakan kontrol. Mengakibatkan terjadinya cedera pada atlet.

7 Cont… Gangguan metabolik dan kematian mendadak Muntah dan penyalahgunaan pencahar atau diuretika juga dapat menyebabkan gangguan elektrolit yang berat dan mengakibatkan detak jantung tidak teratur juga gangguan metanolisme dalam tubuh. Dengan demikian, baik anoreksia dan bulimia berisiko terjadinya kematian mendadak akibat serangan jantung di lapangan.

8 Cont… Luka pada tenggorokan dan infeksi saluran pencernaan akibat terlalu sering memuntahkan makanan Kehilangan selera makan, hingga tidak mau mengkonsumsi makanan apapun Gangguan Menstruasi Penurunan berat badan

9 Pencegahan dan pengobatan gangguan makan pad atlet Memberikan bimbingan gizi dapat membantu atlet merencanakan diet gizi yang memadai. Proses ini menekankan pentingnya nutrisi yang baik untuk penampilan dan kesehatan atlet jangka panjang. Memantau berat badan Atlet dilarang untuk berlatih keras atau bersaing ketika berat badan kurang dari target, ini efektif dalam mencegah gangguan makan.

10 Cont… Menekankan pengelolaan energy dan peningkatan kinerja bukan hanya berat badan Menggunakan teknik komposisi tubuh untuk menekan adanya lemak dalam tubuh daripada hilangnya berat badan Memonitor perilaku atlet serta penurunan berat badan mereka. Jika ada satu dari tanda gejala anorexia atau bulimia, anda harus menghadapi atlet tersebut.

11 Treatment Treatment khusus dilakukan dengan tiga tahap 1. Tahap pertama : Mengembalikan berat badan dalam keadaan seimbang dan normal 2. Tahap kedua : Cara pandang terhadap diri sendiri (seperti meningkatkan rasa penghargaan diri dan kepercayaan diri) 3. Tahap ketiga : Menghilangkan kebiasaan dan pikiran-pikiran yang dapat menimbulkan gangguan makan kembali. Penggunaan jenis obat anti depressant seperti fluoxetine (Prozac) dianggap efektif dalam menghambat perilaku kompulsif makan dan akan menekan dorongan makan yang ada pasien bulimia yang mengalami gangguan kecemasan atau depresi

12


Download ppt "Gangguan Makan Pada Atlet. Pendahuluan Gangguan makan sering ditemui pada atlet karena mereka terlalu mementingkan berat badan dan berkeinginan sangat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google