Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

STRUKTUR DATA Materi pertemuan 8 1. 2 Kamus data (KD) atau Data Dictionary (DD) atau disebut juga dengan istilah system data dictionary, adalah katalog.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "STRUKTUR DATA Materi pertemuan 8 1. 2 Kamus data (KD) atau Data Dictionary (DD) atau disebut juga dengan istilah system data dictionary, adalah katalog."— Transcript presentasi:

1 STRUKTUR DATA Materi pertemuan 8 1

2 2 Kamus data (KD) atau Data Dictionary (DD) atau disebut juga dengan istilah system data dictionary, adalah katalog fakta tentang data dan kebutuhan- kebutuhan informasi dari suatu sistem informasi.

3 3 Dengan kamus data analis sistem dapat mendefinisikan data yang mengalir di sistem dengan lengkap. Kamus Data dibuat pada tahap analisis sistem dan digunakan baik pada tahap analisis maupun pada tahap perancangan sistem.

4 4 Pada tahap analisis, Kamus Data dapat digunakan sebagai alat komunikasi antara analisis sistem dengan pemakai sistem tentang data yang mengalir di sistem, yaitu tentang data yang masuk ke sistem tentang informasi yang dibutuhkan oleh pemakai sistem. Pada tahap perancangan sistem, Kamusdata digunakan untuk merancang input, merancang laporan-laporan dan database.

5 5 Kamus data dibuat berdasarkan arus data yang ada di DFD. Arus data DFD sifatnya global, hanya ditunjukkan nama arus datanya saja. Gudang Membuat Faktur penjualan Tembusan permintaan persediaan 1.4

6 6 ISI KAMUS DATA kamus data harus dapat mencerminkan keterangan yang jelas tentang data yang dicatatnya. untuk maksud keperluan ini, maka kamus data harus memuat hal-hal berikut ini. 1. karena kamus data dibuat berdasarkan arus data yang mengalir di DFD, maka nama dari arus data juga harus dicatat di Kamus Data, sehingga mereka yang membaca DFD dan memerlukan penjelasan lebih lanjut tentang suatu arus data tertentu di DFD dapat langsung mencarinya dengan mudah di kamus Data

7 7 2. Alias atau nama lain dari data dapat dituliskan jika nama lain ini ada. alias perlu ditulis karena data yang sama mempunyai nama yang berbeda untuk orang atau departemen satu dengan yang lainnya. Misal : Bagian pembuat faktur dan langganan menyebut bukti penjualan sebagai faktur, sedang bagian gudang menyebutnya sebagai tembusan permintaan persediaan. baik faktur dan tembusan permintaan mempunyai struktur data yang sama tetapi mempunyai struktur yang berbeda.

8 8 3. bentuk data yang mengalir dapat berupa: -dokumen dasar atau formulir -dokumen hasil cetakan komputer -laporan tercetak -tampilan di layar monitor -variabel (berubah-ubah) -parameter (tetap) -field bentuk data ini perlu dicatat di Kamus Data, karena dapat digunakan untuk mengelompokkan Kamus Data ke dalam kegunaannya sewaktu perancangan sistem

9 9 4. arus data menunjukkan dari mana data mengalir dan ke mana data akan menuju. keterangan arus data ini perlu dicatat di kd supaya memudahkan mencari arus data di dad. 5. untuk lebih memperjelas lagi tentang makna arus data yang dicatat di kd, maka bagian penjelasan dapat diisi dengan keterangan-keterangan tentang arus data tersebut. misalnya nama arus data adalah tembusan permintaan persediaan, maka dapat lebih dijelaskan sebagai tembusan dari faktur penjualan untuk meminta barang dari gudang.

10 10 6. periode ini menunjukkan kapan terjadinya arus data ini. periode perlu dicatat di kd karena dapat digunakan untuk mengidentifikasi: -kapan input data harus dimasukkan ke sistem. -kapan proses dari program harus dilakukan. -kapan laporan-laporan harus dihasilkan.

11 11 7. volume yang perlu dicatat di kd adalah tentang volume rata-rata dan volume puncak dari arus data. volume rata-rata menunjukkan banyaknya rata-rata arus data yang mengalir dalam satu periode tertentu dan volume puncak menunjukkan volume yang terbanyak. volume ini digunakan untuk mengidentifikasikan besarnya simpanan luar yang akan digunakan, kapasitas dan jumlah dari alat input, alat pemroses dan alat output.

12 12 8. struktur data menunjukkan arus data yang dicatat di kd terdiri dari item-item data apa saja.

13 13 CONTOH: Kamus Data UNTUK ARUS DATA TEMBUSAN PERMINTAAN PERSEDIAAN DAPAT DIBUAT DARI DFD BERIKUT:

14 14 Gudang Membuat Faktur penjualan Tembusan permintaan persediaan 1.4 Pengiriman Faktur

15 15 KAMUS DATA Nama arus data: TEMBUSAN PERMINTAAN PERSEDIAAN Alias : Faktur Bentuk data : Dokumen cetakan komputer Arus data : Proses 1.4P - Gudang Proses 1.4P – Bagian Pengiriman Penjelasan : Tembusan dari faktur penjualan utk meminta brg dr gudang Periode : Setiap kali terjadi penjulan (harian) Volume : Volume rata-rata tiap hari 100 dan vol puncak 150. Struktur data : Tembusan permintaan persediaan dari item data: Kode Langganan Satu sampai dgn maksimum 10X nama langganan Kode Brg Tanggal Penjualan Nama Brg Nomor Faktur Unit jual

16 16 Mendefinisikan struktur data struktur data terdiri dari elemen-elemen data yang disebut dengan item data, sehingga secara prinsip struktur dari data ini dapat digambarkan dengan menyebutkan nama dari item-item datanya. nama dari item data saja yg dicatat di kd tidaklah cukup, masih diperlukan informasi lainnya dari struktur data tersebut, seperti informasi apakah item data tersebut pasti ada atau hanya bersifat optional (dapat ada dan dapat tidak ada)

17 NOTASIARTI =TERBENTUK DARI ATAU TERDIRI DARI ATAU SAMA DENGAN +AND [ ]SALAH SATU DARI (MEMILIH SALAH SATU) |SAMA DENGAN SIMBOL [ ] 17 untuk informasi-informasi tambahan ini di Struktur Data dipergunakan notasi-notasi berikut: M{ }MITERASI MULAI MINIMUM M KALI DAN MAX M KALI ( )OPTIONAL (DAPAT ADA DAN TIDAK ADA) *KETERANGAN SETELAH TANDA INI KOMENTAR

18 18 CONTOH: LANGGANAN TERDIRI DARI: KODE LANGGANAN NAMA LANGGANAN = NAMA + (NAMA KELUARGA) ALAMAT = JALAN + KOTA + KODE POS (TELP) PENGECER GROSIR BATAS KREDIT * jumlah kredit maksimum JUMLAH PIUTANG

19 END OF SLIDE 19


Download ppt "STRUKTUR DATA Materi pertemuan 8 1. 2 Kamus data (KD) atau Data Dictionary (DD) atau disebut juga dengan istilah system data dictionary, adalah katalog."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google