Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI ( SIA ). Alasan Mempelajari SIA : Sebagai akuntan terlibat dengan SIA : Sbg.User, Developer, Evaluator, atau Auditor. Sebagai.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SISTEM INFORMASI AKUNTANSI ( SIA ). Alasan Mempelajari SIA : Sebagai akuntan terlibat dengan SIA : Sbg.User, Developer, Evaluator, atau Auditor. Sebagai."— Transcript presentasi:

1 SISTEM INFORMASI AKUNTANSI ( SIA )

2 Alasan Mempelajari SIA : Sebagai akuntan terlibat dengan SIA : Sbg.User, Developer, Evaluator, atau Auditor. Sebagai akuntan terlibat dengan SIA : Sbg.User, Developer, Evaluator, atau Auditor. Hampir semua perusahaan menggunakan komputer sebagai sistem informasi sehingga perlu pengetahuan dan ketrampilan untuk memenuhi fungsi dalam memberikan informasi Hampir semua perusahaan menggunakan komputer sebagai sistem informasi sehingga perlu pengetahuan dan ketrampilan untuk memenuhi fungsi dalam memberikan informasi Sistem informasi berubah dan berkembang dengan cepat, perlu pengatahuan SIA berbasis komputer Sistem informasi berubah dan berkembang dengan cepat, perlu pengatahuan SIA berbasis komputer

3 Definisi SIA : Suatu Struktur terpadu: berupa sumber fisik dan komponen lain untuk merubah data menjadi informasi akuntansi, dengan tujuan memberikan informasi yang berguna bagi berbagai pemakai / user.

4 LINGKUNGAN DARI SISTEM INPUT OBJEK OUTPUT INPUT OBJEK OUTPUT SOURCES USERS SYSTEM (COMPONENTS / DAN SOURCES )

5 Tiga tujuan utama SIA : Untuk mendukung operasi sehari-hari -> proses transaksi. Untuk mendukung operasi sehari-hari -> proses transaksi. Untuk mendukung pengambil keputusan oleh user intern -> proses informasi Untuk mendukung pengambil keputusan oleh user intern -> proses informasi Untuk memberikan informasi kepada pemegang saham dan pemerintah (user extern) -> proses informasi. Untuk memberikan informasi kepada pemegang saham dan pemerintah (user extern) -> proses informasi.

6 Lima fungsi utama dalam SIA : Data collection : mengumpulkan, validasi dan edit data. Data collection : mengumpulkan, validasi dan edit data. Data maintenance : mengklasifikasi, mengcopy, menyusun, menggabungkan data. Data maintenance : mengklasifikasi, mengcopy, menyusun, menggabungkan data. Data management : penyimpanan,maintaining,dan pembacaan kembali untuk laporan lain. Data management : penyimpanan,maintaining,dan pembacaan kembali untuk laporan lain. Data control dan security : menjaga dan menyelamatkan aset perusahaan,termasuk data, dan memastikan data akurat, lengkap dan diproses dengan benar. Data control dan security : menjaga dan menyelamatkan aset perusahaan,termasuk data, dan memastikan data akurat, lengkap dan diproses dengan benar. Information generation : inteprestasi, laporan dan komunikasi informasi. Information generation : inteprestasi, laporan dan komunikasi informasi.

7 Sumber dan komponen SIA : Prosesor, Prosesor, Data base, Data base, Prosedur, Prosedur, Peralatan input / out put, Peralatan input / out put, Sumber lain-lain : karyawan, aktiva tetap, supplies dan dana. Sumber lain-lain : karyawan, aktiva tetap, supplies dan dana.

8 Nilai (value) dari suatu informasi : Mengurangi ketidakpastian dalam pengambilan keputusan. Mengurangi ketidakpastian dalam pengambilan keputusan. Manfaat marginal lebih besar dari biaya marginal (cost benefit analysis) Manfaat marginal lebih besar dari biaya marginal (cost benefit analysis)

9 Kualitas informasi Relevance,( ada hubungannya ) Relevance,( ada hubungannya ) Accuracy, ( ketelitian ) Accuracy, ( ketelitian ) Timelines, ( waktu yang tepat ) Timelines, ( waktu yang tepat ) Conciseness, ( ringkas dan padat) Conciseness, ( ringkas dan padat) Clarity,( kejelasan ) Clarity,( kejelasan ) Quantifiability( sbg.ukuran ) Quantifiability( sbg.ukuran ) Concistency( tetap ) Concistency( tetap )

10 SANTAI SEBENTAR AAH

11 Perusahaan adalah suatu sistem yang terdiri dari : KARAKTER SISTEM PERUSAHAAN : Objectives : sesuatu yang ingin dicapai oleh organisasi. Objectives : sesuatu yang ingin dicapai oleh organisasi. Environment : supplier, pelanggan, pesaing, pemerintah, pasar. Environment : supplier, pelanggan, pesaing, pemerintah, pasar. Constraints : batasan internal (dana, TK yang kompeten) dan eksternal (market share) yang menentukan bentuk dan kemampuan sistem. Constraints : batasan internal (dana, TK yang kompeten) dan eksternal (market share) yang menentukan bentuk dan kemampuan sistem. Input – poses – output : Input – fasilitas, dana, data. Proses – usaha dan prosedur. Output : produk / jasa dan informasi. Input – poses – output : Input – fasilitas, dana, data. Proses – usaha dan prosedur. Output : produk / jasa dan informasi. Feedback (umpan balik) : sarana meningkatkan pengendalian. Feedback (umpan balik) : sarana meningkatkan pengendalian. Control : peraturan untuk memonitor kegiatan & proses, identifikasi, dan koreksi terhadap penyimpangan. Control : peraturan untuk memonitor kegiatan & proses, identifikasi, dan koreksi terhadap penyimpangan. Interdependen sub-system : Organizational, Information, Operational system. Interdependen sub-system : Organizational, Information, Operational system.

12 STRUKTUR ORGANISASI DALAM PERUSAHAAN : Struktur Organisasi : Adalah alat manajer dalam mengarahkan dan mengkoordinasikan kegiatan serta operasi perusahaan. Struktur Organisasi : Adalah alat manajer dalam mengarahkan dan mengkoordinasikan kegiatan serta operasi perusahaan.

13 Bentuk Organisasi: Hirarki Hirarki Matrix Matrix Desentralisasi : fungsi, produk, geografi, market Desentralisasi : fungsi, produk, geografi, market Network. Network.

14 Hubungan struktur organisasi dengan SIA : Aliran Vertikal : aliran informasi Aliran Vertikal : aliran informasi Aliran horizontal : aliran transaksi / dokumen yang melintasi berbagai unit / department dalam organisasi. Aliran horizontal : aliran transaksi / dokumen yang melintasi berbagai unit / department dalam organisasi.

15 Operational system Menggabung proses fisik sehingga memberikan nilai tambah pada produk / jasa. Menggabung proses fisik sehingga memberikan nilai tambah pada produk / jasa.

16 Hubungan sistem operasional dengan SIA Memonitor operasi dan mencatat berbagai proses Memonitor operasi dan mencatat berbagai proses Memicu kegiatan selanjutnya. Memicu kegiatan selanjutnya.

17 Business Event dan Transaction Cycles Business Event = peristiwa ( non akuntansi), Business Event = peristiwa ( non akuntansi), Bisnis event :merupakan tahapan proses fisik dan finansial dalam perusahaan (baik intern maupun dengan pihak ekstern) Bisnis event :merupakan tahapan proses fisik dan finansial dalam perusahaan (baik intern maupun dengan pihak ekstern) Data yang digunakan : Data yang digunakan : Jenis kegiatan ( penj. Kredit )dan kapan dilakukan, Jenis kegiatan ( penj. Kredit )dan kapan dilakukan, dengan siapa ( agen, salesperson) dengan siapa ( agen, salesperson) sumber daya yang & kuantitasnya ( 100 unit produk x), dimana ( di outlet sumber daya yang & kuantitasnya ( 100 unit produk x), dimana ( di outlet Transaksi = pencatatan peristiwa Transaksi = pencatatan peristiwa Accounting : pencatatan, posting ke buku besar dan menyiapkan laporan.( bukan even bisnis ) Accounting : pencatatan, posting ke buku besar dan menyiapkan laporan.( bukan even bisnis ) Non Accounting : pada akhirnya mengarah pada accounting transaction. Non Accounting : pada akhirnya mengarah pada accounting transaction.

18 AYOO GANTI ANDA YANG KEDEPAN


Download ppt "SISTEM INFORMASI AKUNTANSI ( SIA ). Alasan Mempelajari SIA : Sebagai akuntan terlibat dengan SIA : Sbg.User, Developer, Evaluator, atau Auditor. Sebagai."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google