Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Editor Teks Vi Yessy Fitriani Teknik Informatika STT-PLN Jakarta.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Editor Teks Vi Yessy Fitriani Teknik Informatika STT-PLN Jakarta."— Transcript presentasi:

1 Editor Teks Vi Yessy Fitriani Teknik Informatika STT-PLN Jakarta

2 Pendahuluan Merupakan editor teks yang paling banyak digemari dan menjadi editor standar untuk pemograman shell Jenis editor teks ini memiliki cara pengoperasian yang sedikit berbeda dengan text editor pada windows ataupun yang berbasiskan DOS dikarenakan kita harus mengafalkan sintaks Editor Vi berasal dari kata ‘Visual ‘. Pertama kali diciptakan di Universitas California, Barkeley oleh Bill Joy. Editor ini merupakan pengembangan dari Line Editor Ex.

3 Mengapa Vi Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa anda menggunakan Vi : Vi umumnya tersedia di setiap sistem LINUX, sehingga bila anda menguasai Vi, maka akan menjadi mudah dalam melakukan tugas pengeditan di setiap sistem LINUX. Vi bersifat free, anda bebas menggunakannya dan melihat source codenya. Vi dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda, karena tersedia file konfigurasinya. Bila anda masih belum puas, mungkin anda dapat merubah source codenya sesuai kebutuhan anda.

4 Modus Operasi Pada Editor Vi umumnya terdapat dua modus operasi, yaitu : Modus Instruksi atau modus perintah Memasukkan perintah untuk melakukan operasi tertentu dalam melakukan editing. Untuk dapat masuk ke modus ini kita harus menggunakan tombpl Esc. Modus Edit atau modus teks / input Kita dapat menuliskan dokumen atau data layaknya sebuah editor biasa. Dalam modus inilah proses editing dilakukan. Untuk menuliskan teks atau dokumen tentunya kita harus masuk ke dalam modus ini terlebih dahulu, setelah itu baru dapat menuliskan teks atau dokumen. Untuk dapat bisa masuk ke modus ini gunakan tombol i atau a.

5 Memulai Vi Untuk memulai masuk ke dalam editor vi ketikkan perintah-perintah sebagai berikut : vi : Memulai vi tanpa membuka file apapun. vi nama_file : Membuka file nama_file pada baris pertama. vi + n nama_file: Membuka file nama_file pada baris ke- n. vi + nama_file : Membuka file nama_file pada baris terakhir. vi – r nama_file: Membuka file recover setelah terjadi crash.

6 Perintah-perintah pada Editor Vi Membuka beberapa file Untuk membuka beberapa file kita dapat menggunakan modus edit dengan instruksi sebagai berikut : $ vi file1 file2

7 Perintah-perintah pada Editor Vi Pergerakan Kursor Untuk menggerakkan kursor selain menggunakan tombol panah juga dapat menggunakan perintah dari modus instruksi sebagai berikut : h: Digunakan untuk menggerakkan kursor ke kiri. j: Digunakan untuk menggerakkan kursor ke bawah. k: Digunakan untuk menggerakkan kursor ke atas. l: Digunakan untuk menggerakkan kursor ke kanan. 1: Digunakan untuk menggerakkan kursor ke baris 1.

8 Perintah-perintah pada Editor Vi Untuk menggerakkan kursor per – kata dapat menggunakan perintah – perintah sebagai berikut: W, w : Menggerakkan kursor ke kanan pada awal kata. B, b : Menggerakkan kursor ke kiri pada awal kata.

9 Perintah-perintah pada Editor Vi Untuk menggerakkan kursor per – baris dapat menggunakan tombol sebagai berikut : gg: Menggerakkan kursor ke huruf pertama dari baris pertama pada halaman pertama. ngg: Menggerakkan kursor ke baris n. (: Menggerakkan kursor ke awal baris. ): Menggerakkan kursor ke akhir baris. 0: Menggerakkan kursor pada huruf pertama dibaris tersebut. $: Menggerakkan kursor pada huruf terakhir dibaris tersebut.

10 Perintah-perintah pada Editor Vi Untuk menggerakkan per – layar dapat menggunakan tombol sebagai berikut: d: Digunakan untuk menggulung ½ layar ke bawah. f : Digunakan untuk menggulung 1 layar ke bawah. b: Digunakan untuk menggulung 1 layar ke atas. u: Digunakan untuk menggulung ½ layar ke bawah.

11 Pengeditan Teks Untuk pengeditan teks mula-mula kita menggunakan modus instruksi dengan menekan tombol-tombol dibawah ini. Setelah itu akan masuk ke dalam modus edit. Untuk kembali pada modul instruksi kita menggunakan tombol Esc. a: Menyisipkan kata mulai dari kiri kursor setelah kursor bergeser satu huruf ke kanan. A: Menyisipkan kata pada posisi akhir dari baris. i: Menyisipkan teks mulai dari kiri kursor. l: Menyisipkan teks di awal baris. o: Membuka satu baris baru dan menyisipkan teks di bawah baris yang sekarang. O: Membuka satu baris baru dan menyisipkan teks di atas baris yang sekarang.

12 1. $vim myfile ‘enter’ 2. Tekan ‘escape’ 3. Tekan ‘i’ 4. Tulis kalimat atau kata sampai selesai 5. Tekan ‘escape’ 6. Tekan :wq ‘enter’

13 Penghapusan Teks Untuk menghapus teks per – karakter dapat menggunakan perintah sebagai berikut : nx: Menghapus n karakter dari posisi kursor. ndw: Menghapus sebanyak n kata dari posisi kursor. nX: Menghapus n karakter dari posisi kata di depan kursor.

14 Penghapusan Teks Untuk menghapus teks per – baris dapat menggunakan perintah sebagai berikut : ndd: Menghapus n baris D: Menghapus baris dan membentuk baris baru pada baris yang telah dihapus tadi. d0: Menghapus dari posisi kursor sampai awal baris.

15 Menyimpan dan Keluar vi Untuk menyimpan file dapat digunakan perintah – perintah sebagai berikut : w: Digunakan untuk menyimpan file. w!: Menyimpan file walaupun filenya sudah ada. wq: Menyimpan file lalu keluar dari vi. x: Menyimpan file lalu keluar dari vi. q!: Keluar dari vi tanpa menyimpan.

16 Copy dan Paste Dalam pengoperasian copy, paste dilakukan dengan cara memberikan perintah untuk menyalin data ke buffer lalu memberikan perintah lagi untuk menyalin data yang ada di buffer ke tempat yang diinginkan. nyy: Menyalin n baris pada posisi kursor ke buffer. y: Menyalin meng-copy N karakter dari kursor. nyw: Menyalin n kata pada posisi kursor ke buffer. p: Menyalin data yang ada di buffer ( termasuk teks yang baru dihapus dengan menggunakan perintah x, dw, dan dd ) ke posisi kursor. P: Menyalin data yang ada di buffer ( termasuk teks yang baru dihapus dengan menggunakan perintah x, dw, dd ) ke bawah posisi kursor.

17 1. Masuk mode command dengan menekan tombol ‘escape’ 2. Arahkan kursor menuju ke baris yang ingin di-copy dengan bantuan ‘panah atas’,’panah bawah’, atau dapat juga menggunakan karakater ‘j’,’k’. 3. Tekan “yy” untuk meng-copy baris tersebut atau, 4. Tekan “dd” untuk meng-cut dan meng-copy baris tersebut 5. Pindahkan kursor ke baris yang diinginkan dengan bantuan seperti langkah Tekan ‘p’ untuk paste pada baris setelah kursor saat itu atau, 7. Tekan ‘P’ untuk paste pada baris sebelum kursor saat itu.

18 Praktek Buat sebuah file dengan nama “urut.txt” 2 ini dua 1 ini satu 4 ini empat 3 ini tiga Teks tersebut berada dalam keadaan yang tidak berurutan, kita ingin mengurutkan teks tersebut, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut : - Berpindahlah ke mode perintah dengan menekan tombol - Hapuslah baris yang berisi teks 2 dengan perintah dd - Tempatkan kursor di baris berisi teks 1 - Tekan tombol p (paste). Hasilnya adalah sebagai berikut :

19 1 ini satu 2 ini dua 4 ini empat 3 ini tiga - Tempatkan kursor di baris berisi teks 4 - Hapus baris tersebut dengan dd - Tempatkan kursor di baris berisi teks 3 - Tekan tombol p - Teks telah terurut. Hasilnya setelah diurutkan adalah : 1 ini satu 2 ini dua 3 ini tiga 4 ini empat

20 Mencari sebuah Kata Editor vim juga memiliki fitur untuk mencari sebuah kata dalam tulisan atau kalimat, perintah untuk mencari kata adalah sebagai berikut : 1. Tekan ‘escape’ untuk masuk ke mode command 2. Ketik / ‘enter’ contoh untuk mencari kata “apple” maka yang harus ditulis adalah “/apple”. 3. Setelah mendapatkan kata “apple” untuk melanjutkan pencarian kata “apple” berikutnya, dapat dilakukan dengan menekan tombol ‘n’.

21 Mencari sebuah Kata

22 Menganti Kata dalam Kalimat Untuk mengganti sebuah kata dengan kata yang lain dalam sebuah kalimat dapat dilakukan dengan langkah berikut ini : Mengganti satu suku kata pertama kali ditemukan dalam satu baris. :s/kata yang lama/kata yang baru/ Mengganti semua suku kata yang ditemukan dalam satu baris. :s/kata yang lama/kata yang baru/g Mengganti satu suku kata pertama yang ditemukan dalam satu baris,untuk beberapa baris antara n1 dan n2. :n1,n2s/kata yang lama/kata yang baru

23 Mengganti semua suku kata yang ditemukan dalam beberapa baris antara n1 dan n2. :n1,n2s/kata yang lama/kata yang baru/g

24 contoh : sebuah file myfile.txt berisi kalimat berikut ini Tidak ada mahasiswa yang menyangka bahwa rudi itu mahasiswa yang pandai, karena selama dikelas dia hanya diam dan patuh kepada dosen yang mengajar, semua ucapan dosen dia dengarkan dan dia pahami, selain itu juga dia sangat suka menolong teman-teman dikelasnya ketika dalam kesulitan memahami apa yang telah diajarkan di perkuliahan.

25 Sebuah kasus misalnya untuk mengganti kata mahasiswa pada baris n pertama menjadi mahasiswi dapat dilakukan dengan menggunakan perintah : Tekan tombol ‘escape’ kemudian tulis :s/mahasiswa/mahasiswi/ Ada dua suku kata mahasiswa pada baris pertama, jika ingin dirubah semuanya maka perintahnya adalah : Tekan tombol ‘escape’ kemudian tulis :s/mahasiswa/mahasiswi/g Dalam kasus ini maka semua suku kata mahasiswa pada baris pertama akan berubah menjadi mahasiswi.

26 Mengedit Teks dengan Menggunakan Perintah Baris Akhir

27


Download ppt "Editor Teks Vi Yessy Fitriani Teknik Informatika STT-PLN Jakarta."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google