Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ENTER MEDIA PEMBELAJARAN TIK 7 oleh: Gemi Eka Siksmat, S.Kom MEDIA PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ENTER MEDIA PEMBELAJARAN TIK 7 oleh: Gemi Eka Siksmat, S.Kom MEDIA PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI."— Transcript presentasi:

1 ENTER MEDIA PEMBELAJARAN TIK 7 oleh: Gemi Eka Siksmat, S.Kom MEDIA PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI

2 MEDIA PEMBELAJARAN TIK 7 Standar Kopetensi Mempraktikkan Ketrampilan Dasar Komputer Kopetensi Dasar Mengidentifikasi Berbagai Komponen Perangkat Keras Komputer

3 MEDIA PEMBELAJARAN TIK 7 Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat menunjukkkan perangkat keras yang berfungsi sebagai alat input dengan tepat Siswa dapat menunjukkan perangkat keras yang berfungsi sebagai alat proses dengan tepat Siswa dapat menunjukkan perangkat keras yang berfungsi sebagai alat Output dengan tepat

4 MEDIA PEMBELAJARAN TIK 7

5 Hardware atau perangkat keras dalam sistem komputer merupakan komponen yang secara fisik dapat dilihat dan diraba yang membentuk suatu kesatuan sehingga dapat difungsikan

6 MEDIA PEMBELAJARAN TIK 7

7 Peralatan Input atau peralatan masukan yaitu pealatan yang berfungsi untuk memasukan data atau program dan mengirimkan data atau program tersebut dalam bentuk datadigital yang akan diproses oleh komputer Peralatan input yang sering digunakan antara lain :

8 MEDIA PEMBELAJARAN TIK 7 Keyboard merupakan perangkat yang memiliki tombol mirip dengan mesin tik dan beberapa tombol tambahan dengan berbagai fungsi. Keyboard digunakan untuk memasukan data atau untuk memberikan perintah pada komputer. Jenis-jenis keyboard yaitu: PS/2 dan USB

9 MEDIA PEMBELAJARAN TIK 7 Mouse merupakan peralatan masukan yang berfungsi untuk menggerakan pointer di layar untuk menjalankan icon perintah atau program yang tampil pada layar monitor

10 MEDIA PEMBELAJARAN TIK 7 Floppy Disk Drive berfungsi untuk menulis atau merekam data ke dalam disket.

11 MEDIA PEMBELAJARAN TIK 7 Scener peralatan yang berfungsi untuk mentransfer atau mengkonversi gambar, foto, text manual menjadi data digital sehingga dapat dimengerti oleh komputer.

12 MEDIA PEMBELAJARAN TIK 7 Peralatan masukan ini berfungsi untuk membaca data atau program dari media penyimpan data CD (Compac Disk)

13 MEDIA PEMBELAJARAN TIK 7 Peralatan masukan ini berfungsi untuk membaca data atau program dari media penyimpan data baik CD atau DVD

14 MEDIA PEMBELAJARAN TIK 7 Alat Proses adalah CPU (Central Prosesing Unit) yang merupakan unit proses utama dan terpenting dalam komputer Beberapa peralatan yang ada dalam CPU antara lain adalah:

15 MEDIA PEMBELAJARAN TIK 7 Mainboard merupakan salah satu perangkat dalam komputer yang digunakan sebagai tempat untuk memasang atau meletakan beberapa peralatan lain

16 MEDIA PEMBELAJARAN TIK 7 Processor yaitu sebuah Chip yang merupakan otak pemroses dan pusat pengendali berbagai perangkat lain sehingga komputer dapat bekerja satu dengan lainya.

17 MEDIA PEMBELAJARAN TIK 7 Memory merupakan tempat meyimpan data atau instruksi. Semakin besar kapasitas memory yang di sediakan akan semakin besar data atau instruksi yang dapat ditampung untuk diolah.

18 MEDIA PEMBELAJARAN TIK 7 Peralatan Output atau peralatan keluaran yaitu peralatan yang berfungsi untuk menampilkan data, instruksi dan informasi dalam bentuk teks dan grafik atau gambar. Beberapa peralatan output.yang umum digunakan antara lain:

19 MEDIA PEMBELAJARAN TIK 7 Monitor merupakan peralatan keluaran yang berfungsi untuk menampilkan data, instruksi dan informasi dalam bentuk teks dan grafik atau gambar di layar monitor.

20 MEDIA PEMBELAJARAN TIK 7 Printer yaitu peralatan keluaran yang digunakan untuk mencetak data/informasi dari komputer dengan kertas.

21 MEDIA PEMBELAJARAN TIK 7 Yaitu peralatan output untuk menghasilkan atau mengeluarkan efek suara dari komputer.


Download ppt "ENTER MEDIA PEMBELAJARAN TIK 7 oleh: Gemi Eka Siksmat, S.Kom MEDIA PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google