Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERINTAH-PERINTAH DASAR GREENFOOT II Drs. Sugeng Rianto, M. Sc. Ubaidillah, S. Si.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERINTAH-PERINTAH DASAR GREENFOOT II Drs. Sugeng Rianto, M. Sc. Ubaidillah, S. Si."— Transcript presentasi:

1 PERINTAH-PERINTAH DASAR GREENFOOT II Drs. Sugeng Rianto, M. Sc. Ubaidillah, S. Si

2 Overview  Greenfoot Primitive Objects  String  Scorring  Image Manipulation  Intersecting (Tumbukan/Collision)  Penambahan efek suara  Exporting Scenario

3 New GreenfootImage  Membuat Gambar Greenfoot kosong dengan lebar dan tinggi tertentu  GreenfootImage image=new GreenfootImage(width,hight)  Gambar Greenfoot dengan mengimport dari file png  GreenfootImage image=new GreenfootImage(“file.png”)  Membuat Gambar Greenfoot yang baru sama persis dengan Gambar Greenfoot yang telah diload/inisialisasikan sebelumnya  GreenfootImage image=new GreenfootImage(buffer)

4 Greenfoot Primitive Objects  Set Color import java.awt.Color; … image.setColor(Color.BLACK);  draw Object  image.drawLine(pos x,pos y,width x, width y );  image.drawRect(pos x,pos y,width,height);  image.drawOval(pos x,pos y, width x, width y );  image.fillRect(pos x,pos y,width,height);  image. fillOval(pos x,pos y, width x, width y ); Buat New GreenfootImage SetColordrawObject

5 drawLine  Laser

6 drawRect & fillRect  Membuat Efek Pecahan Kaca Digunakan untuk Menggenerate kotak (drawRect) dan kotak yang terisi (fillRect), dengan ukuran Random lebar antara 1-10 dan juga tinggi antara 1-10

7 drawOval & fillOval  Particle System  untuk membuat bola agar terlihat lebih berat ro=jari-jari lingkaran

8 Add String  Digunakan untuk menambahkan keterangan atau tulisan (Contoh : Scoring) String atau tulisan dianggap juga sebagai gambar

9 Image Manipulation  Masking Effect

10 Image Manipulation  Masking Effect Teknik Masking

11 Intersecting  Intersecting == Tumbukan/Collisions Detection  Mendeteksi Object lain (Actor Vs Actor)  Macam Intersect:  getObjectsAtOffset(Offset x,Offset y, Actor.class);  getNeighbours(NumNeighbours, false, Actor.class);  getObjectsInRange(range, Actor.class);  getOneIntersectingObject(Actor.class);  getIntersectingObjects(Actor.class);

12 Penambahan efek suara

13 Exporting Scenario

14 Pustaka  Kölling, Michael and Martin Pain The Greenfoot Programmers' Manual. University of Kent.


Download ppt "PERINTAH-PERINTAH DASAR GREENFOOT II Drs. Sugeng Rianto, M. Sc. Ubaidillah, S. Si."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google