Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PEMECAHAN MASALAH DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN PERTEMUAN 6.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PEMECAHAN MASALAH DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN PERTEMUAN 6."— Transcript presentasi:

1 PEMECAHAN MASALAH DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN PERTEMUAN 6

2 Pengambilan Keputusan menggambarkan proses yang digunakan untuk memilih suatu tindakan sebagai cara pemecahan masalah

3 Jenis-jenis Masalah dan Keputusan: Keputusan terprogram, keputusan yang diambil berdasarkan kebiasaan, peraturan atau prosedur. Keputusan yang tidak terprogram yaitu keputusan untuk mengatasi masalah yang unik atau khusus.

4 Menurut David B. Gleicher; masalah merupakan sesuatu yang membahayakan kemampuan organisasi untuk mencapai tujuannya, sedangkan kesempatan adalah sesuatu yang memberikan peluang untuk mencapai tujuan

5 Proses penemuan masalah menurut William Pounds : Bila ada penyimpangan dari pengalaman yang lampau. Bila terdapat penyimpangan dari rencana. Bila orang lain lebih sering membawa masalah ke manajer. Bila para pesaing lebih berprestasi dari organisasi manajer.

6 Proses pengambilan keputusan rasional meliputi : pembuatan diagnosis, perumusan, pengumpulan dan penganalisaan fakta yang relevan dengan masalah. pengembangan dan pengevaluasian pemecahan alternatif terhadap masalah. pemilihan alternatif. perwujudan alternatif menjadi tindakan.

7 Model dari proses ini ada empat tahap : Selidiki situasi - Rumuskan masalah - Identifikasi tujuan keputusan - Diagnosis penyebab Kembangkan alternatif - Cari alternatif - Jangan mengevaluasi dahulu

8 Evaluasi alternatif dan pilih yang terbaik - Evaluasi alternatif - Pilih alternatif yang terbaik Laksanakan keputusan dan adakan tindak lanjut - Rencanakan pelaksanakan - Laksanakan rencana - Monitor pelaksanaan dan adakan penyesuaian seperlunya.


Download ppt "PEMECAHAN MASALAH DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN PERTEMUAN 6."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google