Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

POSTER, LEAFLET, DAN BOOKLET. Poster Lembaran tercetak yang dirancang untuk ditempel ke tembok atau permukaan yang fertikal. Berisi elemen teks.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "POSTER, LEAFLET, DAN BOOKLET. Poster Lembaran tercetak yang dirancang untuk ditempel ke tembok atau permukaan yang fertikal. Berisi elemen teks."— Transcript presentasi:

1 POSTER, LEAFLET, DAN BOOKLET

2

3

4

5

6 Poster Lembaran tercetak yang dirancang untuk ditempel ke tembok atau permukaan yang fertikal. Berisi elemen teks dan grafis. Menarik perhatian dan informatif Sarana untuk advertensi (Peristiwa, musik dan film), kelompok propagandist, protesters dan kelompok lain menggunakan untuk menkomunikasikan pesan. Poster juga digunakan untuk reproduksi karya seni yang terkenal.

7 Leaflet adalah sarana promosi penting yang digunakan oleh organisasi dan proyek, apakah tujuan mereka untuk membuat organisasi diketahui atau untuk membublikasikan suatu aksi atau kegiatan. Diantara sarana presentasi, leaflet itu paling sederhana dan paling bisa diakses.

8 BUKLET Buku berukuran kecil (setengah kuarto) dan tipis, tidak lebih dari 30 halaman bolak-balik, yang berisi tulisan dan gambar. aKronim dari buku dan leaflet, artinya media buklet merupakan perpaduan antara leaflet dengan buku atau sebuah buku dengan format (ukuran) kecil seperti leaflet. Struktur isinya seperti buku (ada pendahuluan, isi, penusitup) Fungsi buklet untuk menyediakan referensi (bahan bacaan) bagi kelompok masyarakat yang akses terhadap buku sumber terbatas karena keterbatasan mereka (petani, nelayan, ibu-ibu di perdesaan, dan sebagainya).

9 Leaflets Leaflet memungkinkan kita menyampaikan informasi secara singkat, padat dan tertata. Menyediakan kelompok atau individu yang tertarik dengan fakta dasar tentuk kelompok atau projek, termasuk informai bagai mana mengontak kita. Leaftet berguna promosi yang murah dan luwes dan formasi yang dikandungnya masih sahih (valid), leaflets ibermanfaat. Dalam perkembangan komunikasi partisipatif, umur leaflet secara teoritis tidak terbatas, selama berisi informasi dalam susunan logis dan terkait dengan komitmen partisipasi yang dibuat oleh komuniti untuk proses perkembangan.

10 Design Leaflet Keputusan untuk membuat sebuah leaflet harus selalu dibuat dalam tim, danb tim harus mendesign leaflets itu, dalam design sarana informasi apapun, penting bahwa seluruh anggota tim menuangkan pengetahuannya untuk memasksimalkan manfaat bakat dan keahlian masing- masing individu. Beberapa pertanyaan penting yang perlu dipertimbangkan dalam proses design: Kita membicarakan apa? Apakah yang ada pada audiens target. Pesan apa yang akan kita sampaikan? Mengapa,enggunakan leaflets? Apakah sebuah leaflet merupakan sarana terbaik untuk mecapai tujuan?

11 Unsur yang perlu dipertimbangkan Audience target dan Jumlah – Minat langsung apa yang dimiliki kelompok atau kelompok terhadap dalam informasi yang terkandung di leaflet – Alasan mereka tertarik? – Berapa orang yang meminta informasi atu datang ke kantor anda karena leafelt? – Berapa orang yang anda kunjuungi untuk memberikan leaflet itu.

12 Biaya Leaflets Tentu saja untuk mendapatkan nilai dari leaflet tertcetak anda, anda mengikuti sejumlah proses produksi yang mungkin akan sama apakah memproduksi 500 atau 3000 eksemplar. Jika mesin cetak distel dan berjalan, disamping memerlukan waktu agak lama, mencetak dokumen tambahan tidak banyak penambahan biaya.

13 Kertas dan warna Mungkin pihak pencetak berusaha menawari kualitas kertas yang paling tinggi dabn mencetak dengan empat warna. Tanyakan pada diri kita sendiri, apakah hal in9i perlu. Jika dianggap penting untuk kelompok target anda bahwa leaflet itu harus attraktif, diproduksi dengan bai, dan profesional, kita harus menyewa konsultan dari luar yang akan mampu menberikan jenis produk ini. Lihatlah kertas untuk mencetak leaflet anda, sebaiknya kaku tapi tidak terlalu tebal, dan lebih baik lagi kalau dilapis (mengkolap atau mat) Jika anda membuat lieflet anda sendiri, usahakan fokus pada isi dan kejelasan penulisan dan gagasan, tata letak teks dan gambar dan penggunaan heading dan sub heading yang efektif.

14 Proses Produksi Design – Langkah ini diterangkan di atas. Anda bisa bekerjasama dengan pihak luar (penulis atau desighner grafis) yng selalu mendukung inisiatif communikasi anda. Baik juga jika anda mengundang orang orang ini untuk rapat design. Kepiawaian mereka dapat membantu anda untuk menghasilkan sarana informasi yang lebih baik. Selama rapat design, seseorang harus ditunjuk untuk mengkoordinasikan untuk produksi leaflets. Dokumentasi – Sebelum mengerjakan yang lain, pastikan anda mempunyai semua dokumentasi penting untuk menghasilkan leaflet, termasuk naskah tertulis, ilustrasi, dan foto. Jika semua ini anda miliki, anda siap melaksanakannya. Jikatidak anda perlu menulis, mengambil foto dls.

15 Proses Produksi Kolabolator – apakah anda membuat leaflet secara internal atau eksternal? Untuk membuat leaflets anda membutuhkan seorang penulis dan designer grafis (orang dengan latar belakan jurnalisme kadang membunyai dua ketrampilan ini) juga seorang fotografer atau ilustrator atau keduanya. Jika dalam tim Anda tidak ada yang mempynyai keahlian itu, anda perlu mendapatkan kolaborator dari luar. Koordinator – bertemu dengan penulis, membagikan file, dan menentukan deadline. Ketika naskah draf pertama diselesaikan, pastikan apa yang anda perintahkan sudah benar, cek panjangnya, menyetujui modifikasi, dan sebagainya.

16 POSTER YANG BAIK Terbaca, Keterbacaan adalah ukuran dari betapa mudahnya aliran ide-ide dari satu item ke yang berikutnya. Teks yang memiliki banyak masalah tata bahasa, struktur kalimat yang kompleks atau pasif, dan salah eja adalah "sulit untuk dibaca". Jelas, Jika teks terbaca, dapat diuraikan. Sebagai contoh, sebuah buku tua mungkin tidak dapat dibaca jika kertas telah terkorosi atau huruf telah memudar. Sebuah kesalahan umum dalam presentasi poster adalah penggunaan font yang terlalu kecil untuk dibaca 6-10 meter jauhnya, jarak khas untuk membaca sebuah poster.

17 POSTER YANG BAIK Tertata dengan baik Spatial organization makes the difference between reaching 95% rather than just 5% of your audience: time spent hunting for the next idea or piece of data is time taken away from thinking about the science. succinct. Studi menunjukkan bahwa kita memiliki hanya 11 detik untuk menarik dan mempertahankan perhatian audiens Anda sehingga membuat bagian lucunya menonjol dan singkat. Sebagian besar penonton Anda akan menyerap hanya bagian lucunya. Mereka yang terlibat langsung dalam penelitian terkait akan mencari Anda tetap dan chatting dengan Anda pada panjang sehingga Anda mampu untuk meninggalkan semua rincian dan memberitahu mereka yang benar-benar tertarik dengan "sepele" nanti.

18 Dua Bentuk Poster Poster Format Besar Jenis ini dicetak dalam lembaran lebar. Poster panel Jenis ini terdiri dari elemen yang dicetak sendiri sendiri, masing masing 8.5X11 inci dan digabung menjadi satu.


Download ppt "POSTER, LEAFLET, DAN BOOKLET. Poster Lembaran tercetak yang dirancang untuk ditempel ke tembok atau permukaan yang fertikal. Berisi elemen teks."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google