Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ANATOMI FISIOLOGI DISUSUN OLEH: DASRIL ADHA ELFRI SINAGA INTAN PURNAMA SARI IZZATUL KHOIRO NIA AYU LESTARI ROHIMIN ROSIANA SUKRI ARACHMEN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ANATOMI FISIOLOGI DISUSUN OLEH: DASRIL ADHA ELFRI SINAGA INTAN PURNAMA SARI IZZATUL KHOIRO NIA AYU LESTARI ROHIMIN ROSIANA SUKRI ARACHMEN."— Transcript presentasi:

1 ANATOMI FISIOLOGI DISUSUN OLEH: DASRIL ADHA ELFRI SINAGA INTAN PURNAMA SARI IZZATUL KHOIRO NIA AYU LESTARI ROHIMIN ROSIANA SUKRI ARACHMEN

2 TAHUKAH KAMU ? 1. Apa defenisi telinga ? 2. Apa etiologi dari telinga ? 3. Bagaimana pelaksanaan pengobatan telinga ? 4. Apa saja bagian-bagian dari telinga ? 5. Apa saja kelainan yang terjadi pada telinga ? 6. Bagaimana uji pendengaran pada telinga ? 7. Bagaimana penanganan gawat darurat pada system pendengaran ( telinga )?

3 DEFINISI TELINGA Telinga adalah organ penginderaan berfungsi ganda dan kompleks pendengaran dan keseimbangan.

4 Etiologi 1.Telinga kemasukan benda asing seperti air, biji – bijian, manic – manic, bulir padi, lintah. 2.Trauma telinga penyebabnya menyelam,trauma tumpul seperti benda keras yang mengenai telinga dan trauma tajam seperti kecelakaan sehingga menyebabkan telinga menjadi putus. 3.Barotrauma (Perbedaan Tekanan) 4.Racun Aminoglycoside antibiotics Ethacrynic acid – oral Aspirin Chloroquine Quinidine

5 PENGOBATAN Berikan tampon yang mengandung antibiotic, pembersihan telinga secara menyeluruh (aural Toilet), tetes dekongestan hidung, pemberian analgesic dan miringiotomi bahkan pembedahan ( mastoidektomi ) dan meminimalkan terjadinya komplikasi.

6 STRUKTUR TELINGA Telinga luar Bagian luar merupakan bagian terluar dari telinga. Telinga luar terdiri dari daun telinga, lubang telinga, dan saluran telinga luar. Telinga tengah Telinga tengah meliputi gendang telinga, 3 tulang pendengaran (martil atau malleus, landasan atau incus, dan sanggurdi atau stapes). Saluran Eustachius juga berada di telinga tengah. Telinga dalam Telinga bagian dalam terdiri dari tiga bagian utama yaitu ke arah belakang terdapat tiga saluran semi sirkular,di tengah – tengahnya ada bagian yang di sebut vestibula,dan ke arah depan ada koklea yang juga dikenal nama rumah siput telinga ( rumah siput ), Keseluruhan struktur ini berbentuk cekung dan mengandungcairan yang disebut perilimfe.

7 KELAINAN TELINGA 1. Telinga bagian luar Benda asing dalam telinga 2. Telinga bagian tengah dan dalam a.Otitis media serosa Otitis media serosa (efusi telinga tengah)mengeluarkan cairan. Efusi telinga tengah sering terlihat pada pasien setelah menjalani radioterapi dan barotraumas (misalnya penyelam). b. Peradangan / pendarahan pada telinga ( barotitis ) Barotitis merupakan masalah peradangan atau pendarahan pada telinga tengah.

8 UJI PENDENGARAN Uji pendengaran klinis memerlukan GARPU TALA.

9 PENANGANAN GAWAT DARURAT PADA TELINGA 1. Miringkan kepala korban ke sisi yang di kenai. jangan berusaha mengeluarkan benda dengan beberapa peralatan 2. Jika serangga dalam telinga, baringkan korban miring dengan telinga yang terkena lebih tinggi. Tuangkan dalam air suam-suam,sehingga serangga tersebut akan terangkat keluar dengan sendirinya. 3. Jika tidak berhasil, lakukan rujukan pembedahan.

10 KESIMPULAN Telinga adalah organ penginderaaan berfungsi ganda dan kompleks pendengaran dan keseimbangan. Indera pendengaran berperan penting pada partisipasi seseorang dalam aktifitas kehidupan sehari-hari, sangat penting untuk perkembangan normal dan pemeliharaan bicara dan kemampuan berkomunikasi dengan orang lain melalui bicara tergantung pada kemampuan mendengar. Gawat darurat telinga adalah suatu keadaan yang menyebabkan terjadinya penurunan pendengaran bahkan kkehilangan pendengaran yang disebabkan oleh beberapa factor diantaranya trauma tumpul seperti kecelakaan lalu lintas,dll baik dalam waktu akut maupun kronis.

11


Download ppt "ANATOMI FISIOLOGI DISUSUN OLEH: DASRIL ADHA ELFRI SINAGA INTAN PURNAMA SARI IZZATUL KHOIRO NIA AYU LESTARI ROHIMIN ROSIANA SUKRI ARACHMEN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google