Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

© PPSP UI F.A Triatmoko H.S, S.Psi. Apa Itu Problem Based Learning? Problem Based Learning adalah metode pembelajaran yang menggunakan masalah untuk memicu.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "© PPSP UI F.A Triatmoko H.S, S.Psi. Apa Itu Problem Based Learning? Problem Based Learning adalah metode pembelajaran yang menggunakan masalah untuk memicu."— Transcript presentasi:

1 © PPSP UI F.A Triatmoko H.S, S.Psi

2 Apa Itu Problem Based Learning? Problem Based Learning adalah metode pembelajaran yang menggunakan masalah untuk memicu pembelajaran, sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru (Tim PDPT UI, 2005; Widjayakusumah, 2005). Langkah diskusi? Sesi-sesi PBL? Daftar Pertanyaan Seputar PBL (klik salah satu)

3 Bagaimana Berdiskusi Lewat CML? Ada 12 langkah yang bisa Anda lakukan ketika berdiskusi melalui metode PBL, yaitu: 1. Mengklarifikasi istilah yang tidak dimengerti dan merumuskan masalah 2. Menganalisis masalah 3. Menyusun hipotesis atau penjelasan yang paling mungkin 4. Menentukan/ memilih pengetahuan yang dibutuhkan 5. Mengidentifikasi hal-hal yang telah diketahui 6. Mengidentifikasi sumber- sumber pemelajaran yang dibutuhkan 7. Mempelajari dan memperoleh pengetahuan baru 8. Mensintesis pengetahuan yang lama dengan yang baru, dan mengaplikasikannya kepada masalah 9. Mengulangi langkah-langkah di atas (1-8), bila diperlukan 10. Mengidentifikasi hal-hal yang belum dipelajari/ diperoleh 11. Membuat ringkasan, dan 12. Mencoba pengetahuan yang diperoleh pada masalah lain (Branda, 1986, dalam Widjayakusumah, 2005).

4 Apa Yang Harus Dilakukan Dalam Kelas? Klik salah satu

5 Apa Yang Harus Dilakukan Dalam Kelas? Sesi 1 Sudahkah Anda: 1. Membahas pemicu yang diberikan fasilitator di dalam kelompok? 2. Mencoba memahami apa yang menjadi masalah sebenarnya dari masalah dalam pemicu? 3. Mencari istilah yang belum dipahami dan mencari definisinya? 4. Melakukan analisa terhadap masalah yang sebenarnya dengan cara melakukan identifikasi masalah yang menghasilkan isu pembelajaran dan rumusan masalah? 5. Membuat hipotesis? 6. Bersama-sama membahas permasalahan dan kemudian menetapkan informasi apa saja yang sudah diketahui maupun belum diketahui yang terkait dengan masalah tersebut? 7. Menetapkan isu/ topik yang harus dipelajari berdasarkan poin ke-6? 8. Masing-masing anggota kelompok membagi tugas mempelajari secara mandiri topik pemelajaran yang berbeda?, 9. Menjelaskan hasil belajar pada poin ke-8 kepada anggota kelompok? 10. Mengisi borang diskusi 1? Kembali ke daftar sesi

6 Apa Yang Harus Dilakukan Dalam Kelas? Sesi 2 Sudahkah Anda: 1. Berdiskusi dan berbagi informasi dengan anggota kelompok Anda? 2. Memperoleh pengetahuan baru tentang masalah pemicu dari hasil diskusi? 3. Mengisi borang diskusi 2? 4. Membahas masalah dalam kelompok dan menyusun solusi paling sesuai? 5. Mengintegrasikan pengetahuan dari hasil diskusi ke dalam solusi dalam poin ke-4? 6. Membahas solusi berdasarkan pengetahuan yang sesuai dengan konteks permasalahan?. 7. Menyusun laporan atau bahan presentasi kelompok? 8. Melakukan evaluasi efektifitas kegiatan belajar kelompoknya? Kembali ke daftar sesi

7 Apa Yang Harus Dilakukan Dalam Kelas? Sesi 3 Sudahkan Anda: 1. Mengumpulkan dan mempresentasikan makalah kelompok? 2. Memperdalam pemahamannya dengan mengamati hasil presentasi kelompok lain dan berbagi informasi dengan kelompok lain melalui diskusi kelas? 6. Membahas solusi berdasarkan pengetahuan yang sesuai dengan konteks permasalahan?. 7. Menyusun laporan atau bahan presentasi kelompok? 8. Melakukan evaluasi efektifitas kegiatan belajar kelompoknya? Kembali ke daftar isi tutorial

8


Download ppt "© PPSP UI F.A Triatmoko H.S, S.Psi. Apa Itu Problem Based Learning? Problem Based Learning adalah metode pembelajaran yang menggunakan masalah untuk memicu."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google