Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Studio Perancangan Arsitektur 04 Dosen: Ir. Indartoyo, MS.Ars D – 2283.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Studio Perancangan Arsitektur 04 Dosen: Ir. Indartoyo, MS.Ars D – 2283."— Transcript presentasi:

1 Studio Perancangan Arsitektur 04 Dosen: Ir. Indartoyo, MS.Ars D – 2283

2 Tujuan Mata Kuliah Studio Perancangan Arsitektur 04 Melatih mahasiswa agar trampil merancang beberapa bangunan yang memiliki fungsi lebih dari satu, bertingkat rendah (maksimal 4 lantai), luas berkisar antara m2, salah satu bangunannya memiliki bentang lebar, lingkup pelayanan setingkat kota dan terletak di atas tapak yang memiliki kontur.

3 Modul Plan Studio Perancangan Arsitektur Tata Laksana & Materi Studio Perancangan Arsitektur-04. Pemahaman terhadap jenis-jenis kegiatan, karakteristik kegiatan dan faktor-faktor “restriction” dari Proyek. 02. Program Ruang & Persyaratan Ruang. 03. Bentuk Dasar Bangunan 04. Analisa Tapak dan Konsep Perancangan. 05. Sketsa Ide Awal Bentuk dan Perletakan Bangunan. 06. Studi maket untuk menemukan kesatuan tiga dimensional 07. Rancangan Denah Bangunan. 08. Sinkronisasi antara Denah dengan Sistim Struktur yang dipakai. 09. Tipologi Bangunan pada umumnya. 10. Rancangan Tampak Bangunan. 11. Rancangan Potongan Bangunan. 12. Sinkronisasi antara Denah, Tampak dan Potongan Bangunan. 13. Perspektif Mata Burung dan P l e n o.

4 Tata Laksana Studio Perancangan Arsitektur 04 Kedudukan Studio Perancangan Arsitektur dalam Kurikulum Jurusan Arsitektur. Bentuk Pembelajaran Studio. Materi dan Substansi Tugas Jadwal &Target Tugas Per-Minggu. Evaluasi dan Tata Cara Penilaian. Tata Tertib Studio.

5 Kedudukan Mata Kuliah Studio Perancangan Arsitektur 04 dalam Kurikulum Jurusan Arsitektur UNIVERSITAS BINA NUSANTARA

6 Bentuk Pembelajaran Studio Perancangan Arsitektur 04

7 Materi dan Substansi Tugas Studio Perancangan Arsitektur 04 JURUSAN ARSITEKTUR UNIVERSITAS BINA NUSANTARA Semester Ganjil Tahun Ajaran 2006/2007 Pada sebuah tapak yang terletak di daerah Utan Kayu, Jakarta Timur saudara diminta membuat Desain Bangunan Gedung SMU Unggulan milik Pemda DKI Jakarta, lengkap dengan Gedung Serba Guna dan Gedung Olah Raganya.

8 Jadwal Kegiatan dan Target Tugas Studio Perancangan Arsitektur 04 Jadwal kegiatan Studio PA 04 selama satu semester, dibuat sesuai dengan Modul Plan yang telah disusun, dengan perincian seperti Jadwal Kegiatan terlampir (lihat foto copy). Setiap minggu, secara individu mahasiswa harus menyelesaikan tugas mingguan, sesuai dengan target yang sudah ditentukan.

9 Penilaian dan Evaluasi Tugas Studio Perancangan Arsitektur 04 Nilai Studio Perancangan Arsitektur 04 hanya diambil berdasarkan nilai dari tugas ini saja (artinya didalam Mata Kuliah Studio Perancangan Arsitektur 04 tidak ada UTS dan UAS), sebagai gantinya ada Pleno 1 & 2. Konsekuensinya, kelulusan hanya ditentukan oleh tugas, sehingga tugas harus baik. Supaya baik, harus dievaluasi atau dinilai secara teratur, satu minggu satu kali, sesuai dengan target mingguan yang sudah tertulis dan ditentukan dalam Jadwal Kegiatan. Secara bergilir, setiap minggu, secara individu mahasiswa harus dapat mempresentasikan tugasnya (sesuai target mingguan) didepan kelas.

10 T a t a T e r t i b Studio Perancangan Arsitektur 04 Kecuali Sakit (yang dapat ditunjukkan dengan memakai Surat Dokter) setiap mahasiswa harus selalu mengikuti proses evaluasi yang dilakukan pada setiap minggu. Nilai evaluasi mingguan, ditentukan berdasarkan, pada: (1). Kesesuaian capaian tugas mahasiswa dengan target, (2). Kualitas Presentasai Tugas mingguan. Bagi mahasiswa yang tidak mengikuti evaluasi mingguan (tanpa izin) maka nilai evaluasi mahasiswa pada minggu tersebut = 0 (nol) Nilai Studio PA-04 atau nilai tugas, diperoleh dari akumulasi (penjumlahan) seluruh nilai hasil evaluasi mingguan, ditambah Nilai Pleno 1 & 2.


Download ppt "Studio Perancangan Arsitektur 04 Dosen: Ir. Indartoyo, MS.Ars D – 2283."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google