Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Disusun oleh: 1. Muh. Nur Ardian (28/9A) 2. Erwin Kurniawan (17/9A) 3. Ulfatul Hasanah (34/9A) 4. Zsazsabiella S.Y (36/9A) 5. Annisa Indah P (05/9A) 6.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Disusun oleh: 1. Muh. Nur Ardian (28/9A) 2. Erwin Kurniawan (17/9A) 3. Ulfatul Hasanah (34/9A) 4. Zsazsabiella S.Y (36/9A) 5. Annisa Indah P (05/9A) 6."— Transcript presentasi:

1

2 Disusun oleh: 1. Muh. Nur Ardian (28/9A) 2. Erwin Kurniawan (17/9A) 3. Ulfatul Hasanah (34/9A) 4. Zsazsabiella S.Y (36/9A) 5. Annisa Indah P (05/9A) 6. Alifian Sulchan F (03/9A)

3 Negara kepulauan yang berbentuk kekaisaran/ kerajaan. Kepala negara dan perdana menteri jepang dijabat oleh seorang kaisar(Politik satu pintu)

4 Japan map

5 Letak dan Batas Negara  Memiliki luas km 2  Merupakan negara kepulauan Pulau terbesar: 1. Pulau Honshu (pulau terbesar) 2. Pulau Hokkaido 3. Pulau Shikoku 4. Pulau Kyushu

6 LANJUTAN…..  Secara astronomis terletak pada 25 o -46oLU dan 125 o -146 o BT  Secara Geografis memiliki batas: a. Laut Okhotsk dan Negara Rusia (Utara) b. Samudra Pasifik, Laut Cina Timur, dan Laut Filipina (Selatan) c. Negara Korea Selatan, Korea Utara, dan Laut Timur (Barat) d. Samudra Pasifik (Timur) Oke Oye

7 Fisiografi Memiliki iklim muson laut sedang. sehingga memiliki 4 musim Sering Dilanda angin Taifun, yaitu jenis badai tropis yang merugikan. Pegunungan mencakup lebih dari 75% dari permukaan tanah. Bentang alam yang terjal dan kasar, menunjukkan secara geologis bahwa Jepang masih merupakan daerah muda. Melalui Honshu bagian tengah, berjalan ke arah utara-selatan, adalah dua pegunungan utama yaitu Hida (atau Jepang Alps) dan Akaishi pegunungan (Jepang memiliki 265 gunung berapi ).

8 LANJUTAN….. Jepang memiliki dataran yang sedikit dan kecil yaitu hanya mencakup sekitar 29% dari total luas wilayah. Sebagian besar dataran yang terletak di sepanjang pantai dan aluvial terdiri dari dataran rendah, dataran tinggi diluvial, dan bukit-bukit rendah.(dataran terbesar adalah dataran Kanto “Tokyo Bay wilayah”, sekitar sq km) Sungai di Jepang cenderung pendek dan cepat. sungai terpanjang adalah Shinano (367 km/228 mi) Gempa bumi terjadi terus-menerus, dengan rata-rata guncangan kecil per tahun., salah satu yang terbesar di dunia adalah bencana alam gempa bumi Kanto tahun 1923, ketika daerah Tokyo-Yokohama hancur dan ke atas dari orang meninggal.

9 Gunung Gunung Asama Gunung Fuji Gunung Fuji ( 富士山, Fuji-san) adalah gunung tertinggi di Jepang, terletak di perbatasan Prefektur Shizuoka dan Yamanashi, di sebelah barat Tokyo. Gunung Suribachi Kaldera Aira Sakurajima

10 Danau Danau Biwa Danau Shōji Danau Kawaguchi Danau Motosu Danau Sai Danau Yamanaka Danau Yamanaka ( 山中湖, Yamanaka-ko ? ) adalah danau yang terletak di kaki Gunung Fuji, Prefektur Yamanashi, Jepang. Danau ini merupakan bagian dari Taman Nasional Fuji- Hakone-Izu. ?

11 Sungai Sungai Nagara Sungai Tone Kepulauan Kepulauan Senkaku Kepulauan Ryukyu

12 Pertambangan di Jepang adalah industri yang terus menurun secara drastis sejak tahun 1980-an. Letak geografis Jepang di zona subduksi menyebabkan Jepang memiliki sumber daya mineral yang kaya, namun hanya sedikit memiliki minyak bumi dan gas alam. Produk pertambangan seperti batu bara, emas, perak, perunggu, besi, dan seng dieksploitasi secara besar- besaran hingga dekade 1970-an. Sehingga persedian barang tamabang semakin menurun.

13 Ekonomi pasar bebas dan terindustrisasi Jepang merupakan ketiga terbesar di dunia setelah Amerika Serikat dan Cina dalam istilah paritas daya beli internasional. Per ekonomian jepang tergatung pada sektor : Sektor jasa Sejumlah tiga perempat dari total penghasilan ekonomi Jepang berasal dari sektor jasa. Industri utama sektor jasa di Jepang berupa bank, asuransi, realestat, bisnis eceran, transportasi, dan telekomunikasi. contoh perusahaan asal jepang: Mitsubishi UFJ, Mizuho, NTT, TEPCO, Nomura, Mitsubishi Estate, Tokio Marine, Japan Railway, Seven & I, dan Japan Airlines

14 Sektor industri Industri ekspor utama Jepang adalah otomotif, elektronik konsumen, komputer, semikonduktor, besi, dan baja. Industri penting lain dalam ekonomi Jepang adalah petrokimia, farmasi, bioindustri, galangan kapal, dirgantara, tekstil, dan makanan yang diproses. Industri manufaktur Jepang banyak bergantung pada impor bahan mentah dan bahan bakar minyak. Kawasan industri: 1. Di wilayah Kantō, kawasan industri berada di Chiba, Kanagawa, Saitama, dan Tokyo. 2. Di wilayah Tōkai, kawasan industri Chukyo-Tokai berada di Aichi, Gifu, Mie, dan Shizuoka. 3. Di wilayah Kansai, kawasan industri Hanshin berada di Osaka, Kyoto, dan Kobe. 4. Di wilayah Kyushu, kawasan industri berada di bagian utara Kyushu (Kitakyūshū)

15 Sektor Pertanian karena keterbatasan lahan, pertanian di Jepang dilakukan dengan secara intensif dan mekanis dengan sistem hidroponik. Jadi hasil pertaniannya cukup memuaskan. Sektor perikanan Jepang merupakan negara pengekspor ikan terbesar di dunia.

16 Penduduk asli jepang merupakan suku bangsa Ainun yang tinggal di Pulau Hokkaido. Mereka juga memiliki budaya, diantaranya : K i m o n o (Ki dan Mono) Kimono berasal dari kata ki yang berarti pakai dan mono berarti barang jadi kimono berarti barang yang dipakai atau dikenakan yaitu pakaian. Kimono merupkan pakaian orang jepang zaman dahulu. Seni Berkebun Taman atau kebun mempunyai arti yang sangat penting dalam budaya Jepang. Hal ini sepertinya tidak lepas dari pengaruh philosophy Shinto yang merupakan agama atau kepercayaan yang memuja alam.

17 Kendō dan Judō Kendō adalah olah raga bermain pedang bambu sedangkan Judō artinya nama dari olahraga bela diri dari Jepang. Matsuri dan keramaian Matsuri adalah suatu festival budaya rakyat yang umumnya berkaitan dengan festival di kuil baik kuil Shinto (Jinja) maupun kuil Buddha (Tera) yang kebanyakan diselenggaran pada musim panas. Perayaan Hanami Hanami (hana wo miru = melihat bunga) atau ohanami adalah tradisi Jepang dalam menikmati keindahan bunga, khususnya bunga sakura. Mekarnya bunga sakura merupakan lambang kebahagiaan telah tibanya musim semi. 9A

18 Hubungan Bilateral Indonesia-Jepang Hubungan diplomatik dibuka pada bulan April 1958 dengan Penandatanganan Perjanjian Perdamaian antara Jepang dan Republik Indonesia. Pada tahun yang sama ditandatangani pula Perjanjian Pampasan Perang.

19 Hubungan Perekonomian Indonesia - Jepang  Perdagangan Bagi Indonesia, Jepang merupakan negara mitra dagang terbesar dalam hal ekspor-impor Indonesia.  Investasi Dalam jumlah investasi langsung asing di Indonesia dari tahun 1967 hingga 2007, Jepang menduduki tempat pertama dengan angka 11,5% dalam kesuluruhannya.  Kerjasama Ekonomi Indonesia merupakan negara penerima ODA (bantuan pembangunan tingkat pemerintah) terbesar dari Jepang (berdasarkan realisasi netto pembayaran pada tahun 2005 adalah US$1.22 milyar, yaitu + 17% dari seluruh ODA yang diberikan Jepang) Bagus-e !! heheheh


Download ppt "Disusun oleh: 1. Muh. Nur Ardian (28/9A) 2. Erwin Kurniawan (17/9A) 3. Ulfatul Hasanah (34/9A) 4. Zsazsabiella S.Y (36/9A) 5. Annisa Indah P (05/9A) 6."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google