Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

FUNGSI DAN SIFAT UNDANG-UNDANG DASAR 1945.  Yang dimaksud dengan Undang-Undang Dasar 1945 adalah keseluruhan naskah yang terdiri dari Pembukaan dan pasal-pasal.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "FUNGSI DAN SIFAT UNDANG-UNDANG DASAR 1945.  Yang dimaksud dengan Undang-Undang Dasar 1945 adalah keseluruhan naskah yang terdiri dari Pembukaan dan pasal-pasal."— Transcript presentasi:

1 FUNGSI DAN SIFAT UNDANG-UNDANG DASAR 1945

2  Yang dimaksud dengan Undang-Undang Dasar 1945 adalah keseluruhan naskah yang terdiri dari Pembukaan dan pasal-pasal (Pasal II Aturan Tambahan).  Pembukaan terdiri atas 4 Alinea, yang di dalam Alinea keempat terdapat rumusan dari Pancasila, dan Pasal-pasal Undang-Undang Dasar 1945 terdiri dari 20 Bab (Bab I sampai dengan Bab XVI) dan 72 pasal (pasal 1 sampai dengan pasal 37), ditambah dengan 3 pasal Aturan Peralihan dan 2 pasal Aturan Tambahan. Bab IV tentang DPA dihapus, dalam amandemen keempat penjelasan tidak lagi merupakan kesatuan UUD 1945

3  Dengan demikian pengertian UUD 1945 dapat digambarkan sebagai berikut:  UUD 1945 PEMBUKAAN Terdiri dari: 4 ALINEA ALINEA 4 : Terdapat rumusan Sila-sila dari Pancasila dan PASAL-PASAL Terdiri dari : Bab I s.d. Bab XVI (20 Bab) Pasal 1 s.d. Pasal 37 (72 Pasal), ditambah 3 Pasal Aturan Peralihan 2 Pasal Aturan Tambahan

4  UUD 1945 : - Dirancang oleh BPUPKI - Ditetapkan PPKI tanggal 18 Agustus Disiarkan dalam Berita Republik Indonesia Tahun II No.7 Tanggal 15 Februari 1946 (naskah “Penjelasan” telah dihapuskan berdasarkan amandemen keempat UUD 1945).

5  Dari pengertian tersebut dapatlah dijabarkan bahwa UUD 1945 mengikat pemerintah, lembaga-lembaga negara, lembaga masyarakat, dan juga mengikat setiap warga negara Indonesia dimanapun mereka berada dan juga mengikat setiap penduduk yang berada di wilayah Negara Republik Indonesia.

6  Sebagai hukum dasar, UUD 1945 berisi norma- norma, dan aturan-aturan yang harus ditaati dan dilaksanakan oleh semua komponen tersebut di atas. Undang-undang Dasar bukanlah hukum biasa, melainkan hukum dasar, yaitu hukum dasar yang tertulis. Sebagai hukum dasar, UUD 1945 merupakan sumber hukum tertulis.

7  Pada umumnya di negara modern pedoman dasar penyelenggaraan negara itu dirumuskan kedalam konstitusi atau Undang- Undang Dasar yang bersifat tertulis. Konstitusi tidak hanya memuat hukum dasar yang tertulis tetapi ada juga hukum dasar yang tidak tertulis dan di dalam praktek penyelenggaraan negara terdapat aturan- aturan dasar yang tidak tertulis. Aturan- aturan dasar yang tertulis hanya memuat aturan-aturan pokok.

8 SSedangkan sifat Konstitusi tertulis dan tidak tertulis. Konstitusi disebut tertulis apabila ia ditulis dalam suatu naskah atau beberapa naskah, sedang konstitusi tidak tertulis karena ketentuan-ketentuan yang mengatur suatu pemerintahan tidak tertulis dalam suatu naskah tertentu, melainkan dalam banyak hal diatur dalam konvensi-konvensi atau undang-undang biasa.

9  Konvensi keberadaannya secara yuridis pada negara yang secara formil memiliki konstitusi, akan tetapi pada negara yang secara formil memiliki konstitusi itu tetap diakui keberadaannya. Konvensi memberikan dukungan kelengkapan dan fleksibilitas terhadap konstitusi.

10 Ciri-ciri Negara Hukum menurut Friedrich Julius Stahl :  1. HAM  2. pembagian kekuasan berdasar trias politika untuk menjamin HAM  3. pemerintahan berdasarkan peraturan  4. peradilan administrasi dalam perselisihan

11 Ciri-ciri rule of law menurut AV Dicey:  Supremasi hukum, tidak ada kesewenang- wenangan.  Kedudukan sama di depan hukum  Terjaminnya HAM dalam keputusan pengadilan.

12 Ciri-ciri rule of law/rechsstaat International Commission Of Jurits Bangkok 1965  Perlindungan konstitusional dan prosedur unt memperolehnya.  Badan kehakiman yang bebas dan tidak memihak  Kebebasan untuk menyatakan pendapat.  Pemilihan umum yang bebas.  Kebebasan untuk berorganisasi dan beroposisi.  Pendidikan civics (kewarganegaraan)  Menurut Montesquieu, negara yang paling baik adalah negara hukum karena terkandung : Perlindungan HAM, Ditetapkannya ketatanegaraan suatu negara, Membatasi kekuasaan dan wewenang organ-organ negara

13 Menurut Sudargo G.ada 3 ciri negara hukum:  terdapat pembatasan kekuasaan negara thd seseorang.  asas legalitas  pemisahan kekuasaan

14 Menurut Frans Magnis S. mengemukakan ciri negara hukum sebagai ciri demokrasi:  fungsi kenegaraan dijalankan sesuai UUD  UUD menjamin HAM  badan negara menjalankan kekuasaan taat pada hukum yang berlaku.  thd tindakan negara, masy dpt mengadu ke pengadilan dan putusannya harus dilaksanakan badan negara  badan kehakiman bebas dan tidak memihak

15 Terima Kasih


Download ppt "FUNGSI DAN SIFAT UNDANG-UNDANG DASAR 1945.  Yang dimaksud dengan Undang-Undang Dasar 1945 adalah keseluruhan naskah yang terdiri dari Pembukaan dan pasal-pasal."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google