Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ALINEA Alinea adalah : Suatu kesatuan pikiran yang lebih luas dari kalimat Himpunan dari kalimat-kalimat yang saling bertalian dalam suatu rangkaian.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ALINEA Alinea adalah : Suatu kesatuan pikiran yang lebih luas dari kalimat Himpunan dari kalimat-kalimat yang saling bertalian dalam suatu rangkaian."— Transcript presentasi:

1 ALINEA Alinea adalah : Suatu kesatuan pikiran yang lebih luas dari kalimat Himpunan dari kalimat-kalimat yang saling bertalian dalam suatu rangkaian

2 1.Srtruktur Alinea : Kalimat yang membangun alinea terbagi 2 : (1)Kalimat topik (2) Kalimat penjelas. 1. Kalimat topik mempunyai ciri : a.Mengandung permasalahan yang potensial untuk dirinci dan diuraikan lebih lanjut; b.Merupakan kalimat lengkap yang dapat berdiri sendiri; c.Memunyai arti yang cukup jelas tanpa harus dihubungkan dengan kalimat lain. d.Dapat dibentuk tanpa bantuan kata sambung atau frasa transisi.

3 Ciri Kalimat penjelas : 1.Sering merupakan kalimat yang tidak dapat berdiri sendiri 2.Arti kalimat kadang baru jelas setelah dibuhungkan dengan kalimat lain dalam alinea yang sama 3.Pembentukannya sering membutuhkan kata sambung dab frasa transisi 4.Isi berupa rincian, keterangan, contoh dan tambahan lain yang mendukung kalimat topik.

4 2. Persyaratan Alinea 1. Kesatuan / kohesi : semua kalimat dalam alinea hanya membicarakan satu ide pokok/topik/masalah. 2. Kepaduan /koherensi: aliran kalimat berjalan mulus/lancar dan logis : misal dengan repetisi, kata ganti, kata sambung, frasa penghubung.

5 Contoh kesatuan Pekerjaan saya sehari-hari adalah guru bahasa Indonesia. Sebelum menjadi guru saya mempelajari bahasa Indonesia secara sungguh-sungguh. Obama adalah presiden Amerika Serikat. Melaui perjuangannya ia berhasil menjadi presiden yang populer sehingga dua kali terpilih menduduki jabatan presiden. Amerika adalah negara kaya. Di sana semua bahasa dipelajari untuk kepentingan politiknya, termasuk bahasa Indonesia. Pernah terlintas di benak saya suatu hari nanti mungkin saya mungkin menjadi guru bahasa Indonesia sana.

6 Contoh kepaduan : Contoh dengan kata ganti : Salah satu presiden yang unik di dunia adalah Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Beliau dapat terpilih menjadi presiden meskipun penglihatannya tidak sempurna bahkan nyaris buta. Pada masa awal jabatnnya, Presiden ke-4 Indonesia ini sering melakukan kunjungan ke luar negeri, sehingga mengundang kritik pedas lawan politiknya. Kyai dari Jawa timur itu juga sering mengeluarkan pernyataan yang kontroversial. Akibatnya mantan ketua PBNU ini sering diminta mengundurkan diri. Tetapi bapak empat puteri tersebut tetap bergeming pada pendiriannya.

7 3. Jenis Alinea menurut letak kalimat topik 1. Deduktif 2. Induktif 3. Deduktif – Induktif 4. Alinea penuh kalimat topik

8 ALinea DEDUKTIF Bila kalimat pokok ditempat pada bagia awal alenia, akan terbentuk alinea deduktif, yaitu alenia yang menyajikan pokok permasalahan terlebih dahulu, lalu menyusul uraian yang terinci mengenai permasalahan atau gagasan alenia (urutan umum-khusus)

9 Kebudayaan dapat dilihat dari dua sisi, yaitu kebudayaan fisik dan kebudayaan non fisik. Kebudayaan fisik cukup jelas karena merujuk pada benda- benda. Kebudayaan non fisik ada yang berupa pemikiran dan ada yang berupa wujud tingkah laku. Adapun contoh hasil kebudayaan fisik diantaranya adalah patung, lukisan, rumah, bangunan, mobil, dan jembatan. Contoh kebudayaan yang berupa pemikiran adalah aliran filsafat, pengetahuan, ideologi, etika, dan estetika. Hasil kebudayaan yang berwujud tingkah laku diantaranya adalah sikap, kebiasaan, adat istiadat, belajar, tidur, bertani, bahkan berkelahi. Kalimat topik pada awal alenia Kalimat penjelas Contoh alenia deduktif

10 ALENIA INDUKTIF Bila kalimat pokok ditempat pada bagian akhir alinea, akan terbentuk alinea induktif, yaitu alinea yang menyajikan penjelasan terlebih dahulu, barulah diakhiri dengan pokok pembicaraan (urutan khusus - umum)

11 Yang dimaksud dengan kebudayaan fisik cukup jelas karena merujuk pada benda-benda. Kebudayaan non fisik ada yang berupa pemikiran dan ada yang berupa wujud tingkah laku. Adapun contoh hasil kebudayaan fisik diantaranya adalah pang, lukisan, rumah, bangunan, mobil, dan jembatan. Contoh kebudayaan yang berupa pemikiran adalah aliran filsafat, pengetahuan, ideologi, etika, dan estetika. Hasil kebudayaan yang berwujud tingkah laku diantaranya adalah sikap, kebiasaan, adat istiadat, belajar, tidur, bertani, bahkan berkelahi. Dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa kebudayaan dapat dilihat dari dua sisi, yaitu kebudayaan fisik dan kebudayaan non fisik Kalimat penjelas Kalimat topik pada akhir alenia Contoh alenia induktif

12 ALINEA DEDUKTIF-INDUKTIF Bila kalimat pokok ditempat pada bagian awal dan akhir alinea, terbentuklah alenia campuran deduktif induktif. Kalimat pada akhir alenia umumnya menegaskan kembali gagasan utama yang terdapat pada awal alenia.

13 Pemerintah menyadari bahwa rakyat Indonesia memerlukan rumah murah, sehat, dan kuat. Departemen PU sudah lama menyelidiki bahan rumah yang murah tetapi kuat. Agaknya bahan perlit yang diperoleh dari batuan gunung berapi sangat menarik perhatian para ahli. Bahan ini tahan api dan tahan air. Lagi pula bahan perlit dapat dicetak menurut keinginan seseorang. Usaha ini menunjukkan bahwa pemerintah berusaha membangun rumah murah, sehat, dan kuat untuk memenuhi keperluan rakyat. Kalimat topik pada awal dan akhir kalimat Contoh alenia deduktif-induktif

14 ALINEA PENUH KALIMAT TOPIK Seluruh kalimat yang membangun alinea sama pentingnya sehingga tidak satupun kalimat yang khusus menjadi kalimat topik. Kondisi demikian itu biasa terjadi akibat sulitnya menentukan kalimat topik karena kalimat yang satu dan kalimat yang lainnya sama-sama penting. Alinea semacam ini sering dijumpai dalam uraian-uraian bersifat deskriftif dan naratif terutama dalam karangan fiksi.

15 Pagi hari itu aku duduk di bangku panjang dalam taman di belakang rumah. Matahari belum tinggi benar, baru sepenggalah. Sinar matahari pagi menghangatkan badan. Di depanku bermekaran bunga beraneka warna. Ku hirup hawa pagi yang segar sepuas-puasku. Kalimat topik pada seluruh alenia Contoh alinea Penuh kalimat topik

16 4. Jenis Alinea berdasar sifat isinya Alinea naratif : menuturkan peristiwa / keadaan dalam bentuk cerita Alinea deskriptif: melukiskan sesuatu dengan bahasa Alinea persuasif: mempromosikan sesuatu dengan cara mempengaruhi pembaca Alinea ekspositoris: memaparkan fakta/kejadian tertentu Alinea argumentatif: membahas masalah dengan bukti/alasan yang mendukung

17 Andre tahu bahwa Agung membutuhkan pertolongan seseorang. Andrea masih menimbang-nimbang haruskah aku menolongnya? Bagaimana dengan Ibunya? Masih mengiang-ngiang ditelinganya saat Bu Ardan (Ibu Agung) melarang dan mengusirnya supaya tidak bermain lagi dengan anaknya, Agung. Untunglah, kelurga Andre segera pindah rumah. Alinea Naratif :

18 Alinea deskriptif Stadion Munhak Inchon terletak 28 km di sebelah barat Seoul. Berdiri di atas areal seluas 400 m 2 dengan kapasiras penonton penonton, stadion ini dibangun dengan sarana yang sangat lengkap. Di sekitar stadion ini terdapat kolam renang, pusat kebugaran, balai sidang dan hall untuk pertunjukan musik atau teater. Selain luas stadion ini juga unik. Atapnya membentuk simbol kapal atau layar sesuai dengan tradisi masyarakat Inchon yang kental dengan suasana maritim.

19 Alinea Persuasif : Disiplin adalah salah satu faktor penunjang yang paling pokok dalam mencapai keteraturan hidup. Buatlah jadwal kegiatan setiap harinya. Taatilah semua jadwal yang telah disusun. Kita ambil contoh misalnya, bangun tidur pukul berapa, berangkat sekolah pukul berapa, tidur siang pukul berapa, dan jangan lupa waktu main pun harus ada. Kita memang perlu rileks sekadar mengurangi stress.

20 Alinea Ekspositoris: Kebutuhan benih padi bersertifikat label biru secara nasional makin tahun makin meningkat. Benih padi bersertifikat label biru mempunyai daya saing yang tinggi terhadap jenis benih lain. Panen padi sebagai hasil dan benih padi bersertifikat label biru itu meningkat sampai 9,57% daripada benih padi yang tidak bersertifikat label biru.

21 Alinea Argumentatif : Memelihara ayam itu sangat mudah. Bukti bahwa memelihara ayam itu mudah dapat dilihat dengan menjamurnya peternakan ayam dibeberapa daerah. Banyak orang yang berhasil dalam usaha beternak ayam. Memelihara ayam tidak banyak gangguan berarti. Adapun munculnya beberapa penyakit atau gangguan kecil lainnya, anggaplah sebagai variasi untuk mendorong usaha peternakan ayam ke arah yang lebih maju.

22 5. Alinea menurut fungsi dalam karangan Alinea Pembuka : bertujuan untuk mengutarakan aspek pokok pembicaraan dalam karangan Alinea Pengembang : bertujuan mengembangkan pokok pembicaraan Alinea Penutup : berisi simpulan / penegasan kembali maksud penulis dalam karangannya.

23 Alinea Pembuka Beberapa cara yang lazim ; kutipan, peribahasa, anekdot Urian mengenai pentingnya pokok pembicaraan Tantangan atas pendapat seseorang Uraian tentang maksud dan tujuan penulis Uraian tentang pengalama pribadi, Dll.

24 Alinea Pengembang Isinya : inti masalah, urian pembahasan, ilustrasi Fungsinya : Mengemukakan inti persoalan Memberi ilustrasi Menjelaskan hal yang akan diuraikan pada alinea berikutnya Meringkas alinea sebelumnya Mempersiapkan landasan bagi simpulan

25 Alinea Penutup Sebagai penutup alinea ini tidak terlalu panjang Isi merupakan simpulan sementara atau simpulan akhir sebagai cerminan inti seluruh uraian Sebagai bagian paling akhir hendaknya memberi kesan mendalam bagi pembaca.


Download ppt "ALINEA Alinea adalah : Suatu kesatuan pikiran yang lebih luas dari kalimat Himpunan dari kalimat-kalimat yang saling bertalian dalam suatu rangkaian."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google