Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KESELAMATAN DI LABORATORIUM. KESELAMATAN KERJA PT. PUPUK KALTIM BONTANG, KALIMANTAN TIMUR.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KESELAMATAN DI LABORATORIUM. KESELAMATAN KERJA PT. PUPUK KALTIM BONTANG, KALIMANTAN TIMUR."— Transcript presentasi:

1 KESELAMATAN DI LABORATORIUM

2 KESELAMATAN KERJA PT. PUPUK KALTIM BONTANG, KALIMANTAN TIMUR

3 1. Para ahli kimia dan pekerja laboratorium diwajibkan dan harus mematuhi semua peraturan safety di pabrik yang berkenaan dengan bidang kerja atau tempat bekerja. Tidak diperbolehkan merokok di dalam laboratorium. Merokok hanya diperbolehkan pada tempat yang telah disediakan. 2. Goggles, sarung tangan, dan alat-alat pelindung tubuh yang perlu harus dipakai sewaktu mengambil/menangani sampel-sampel atau bahan korosif. 3. Tangan harus dilindungi dengan sarung tangan yang tebal atau dengan kain khusus sewaktu bekerja dengan alat (tubing yang terbuat dari gelas).

4 4. Untuk melakukan penghisapan melalui pipet harus menggunakan bulb karet, jangan menggunakan mulut. 5. Jangan menggunakan bahan gelas yang sudah retak atau pecah. Buanglah barang-barang tersebut di tempat yang aman dan jangan di tempat yang berceceran. 6. Sampel harus selalu dibawa pada atau dalam tempatnya yang tepat dan harus dengan cara yang benar. 7. Semua botol bertekanan harus ditangani secara hati- hati untuk menghindari bahaya jatuh atau terbanting. Ingatlah untuk tidak menaruh minyak grease pada sambungan regulator, botol. 8. Semua tempat-tempat bahan kimia harus diberi label secara jelas dan ditulis jenis bahan kimia yang ada di dalam botol tersebut.

5 9. Ceceran-ceceran merkuri, bahan kimia atau produk berbahaya lainnya harus segera dilap dan dibersihkan. 10. Cucilah semua botol-botol dan tempat-tempat bekas asam dengan air sebelum mengembalikannya dalam keadaan kosong. 11. Dalam menuangkan asam ke dalam air, lakukan dengan sangat hati-hati. Jangan menuangkan air ke dalam asam secara gegabah. 12. Dalam hal ada bahan-bahan kimia yang tersemprotkan, tertiup atau terpercik ke dalam mata atau kulit, gunakanlah safety shower dengan segera. Dan basuhlah sebagian yang terkena bahan kimia tersebut secara menyeluruh selama beberapa menit, kemudian laporkan pada kepada bagian pertolongan pertama dengan segera.

6 13. Ujilah safety shower secara berkala yakinkan bahwa semua shower berada dalam kondisi siap pakai. 14. Sewaktu menangani organik volatil atau bahan-bahan kimia beracun yakinkan bahwa ventilasinya cukup, dengan kisi-kisi yang baik. 15. Semua botol-botol dan reagen harus diberi label secara jelas. 16. Jangan memaksa memasukkan tubing gelas pada gelang-gelang karet yang sempit, gunakanlah pelumas. 17. Untuk meraih barang-barang pada rak yang tinggi jangan berdiri di atas kotak-kotak, kursi, meja, dan lain-lain, gunakanlah tangga. 18. Jangan mencoba menangkap barang-barang gelas yang sedang jatuh.

7 19. Carboys atau demijohn (botol besar) harus ditangani sedemikian rupa sehingga anda bisa mengendorkannya jika terjadi perpecahan. Jangan mengangkat carboys atau demijohn di atas kepala anda. 20. Jangan mencicipi bahan-bahan kimia dan jangan meminum air dari gelas laboratorium. 21. Sewaktu mengambil sampel pada daerah operasi beritahukanlah dahulu kepada operator, apa yang akan saudara lakukan

8 KESELAMATAN KERJA DI INSTITUSI PENDIDIKAN

9 Panduan / manual tentang safety lab Penanganan radiasi Penanganan radiasi Radiation safety manual sumber the university of texas santonio radiation safety manual sumber oregon state university radiation safety manual sumber ames laboratory iowa state university ames, iowa Forum Keselamatan Kerja Radiation safety manual sumber the university of texas santonio radiation safety manual sumber oregon state university radiation safety manual sumber ames laboratory iowa state university ames, iowa Forum Keselamatan Kerjaadiation safety manual radiation safety manual radiation safety manualadiation safety manual radiation safety manual radiation safety manual Bahia declaration chemical safety sumber intergovermental forum on chemical safety Biohazard Biohazard sumber enviromental health and safety Bahia declaration chemical safety sumber intergovermental forum on chemical safety Biohazard Biohazard sumber enviromental health and safetyahia declaration chemical safety Biohazardahia declaration chemical safety Biohazard Biosafety Policies and Procedures Manual Biosafety Policies and Procedures Manual Biosafety Policies and Procedures Manual sumber University of Toronto Chemical Safety Biosafety Policies and Procedures Manual sumber University of Toronto Chemical Safety Biosafety Policies and Procedures Manual Biosafety Policies and Procedures Manual Chemical safety sumber BHG Operational Awareness Program Chemical safety sumber BHG Operational Awareness Programhemical safetyhemical safety Hospital Safety Manual Hospital Safety Manual Hospital safety manual sumber louisiana state university health sciences center - shreveport Hospital safety manual sumber louisiana state university health sciences center - shreveportospital safety manualospital safety manual

10 Aturan kerja di laboratorium Dilarang bekerja sendirian di laboratorium, minimal ada asisten yang mengawasi. Dilarang bekerja sendirian di laboratorium, minimal ada asisten yang mengawasi. Dilarang bermain-main dengan peralatan laboratorium dan bahan Kimia. Dilarang bermain-main dengan peralatan laboratorium dan bahan Kimia. Persiapkanlah hal yang perlu sebelum masuk laboratorium seperti buku kerja, jenis percobaan, jenis bahan, jenis perlatan, dan cara membuang limbah sisa percobaan. Persiapkanlah hal yang perlu sebelum masuk laboratorium seperti buku kerja, jenis percobaan, jenis bahan, jenis perlatan, dan cara membuang limbah sisa percobaan. Dilarang makan, minum dan merokok di laboratorium. Dilarang makan, minum dan merokok di laboratorium. Jagalah kebersihan meja praktikum, apabila meja praktiukm basah segera keringkan dengan lap basah. Jagalah kebersihan meja praktikum, apabila meja praktiukm basah segera keringkan dengan lap basah. Jangan membuat keteledoran antar sesama teman. Jangan membuat keteledoran antar sesama teman. Pencatatan data dalam setiap percobaan selengkap- lengkapnya. Jawablah pertanyaan pada penuntun praktikum untuk menilai kesiapan anda dalam memahami percobaan. Pencatatan data dalam setiap percobaan selengkap- lengkapnya. Jawablah pertanyaan pada penuntun praktikum untuk menilai kesiapan anda dalam memahami percobaan. Berdiskusi adalaha hal yang baik dilakukan untuk memahami lebih lanjut percobaan yang dilakukan. Berdiskusi adalaha hal yang baik dilakukan untuk memahami lebih lanjut percobaan yang dilakukan.

11 Persiapan kerja di laboratorium Gunakan perlatan kerja seperti kacamata pengaman untuk melindungi mata, jas laboratorium untuk melindungi pakaian dan sepatu tertutup untuk melindungi kaki. Gunakan perlatan kerja seperti kacamata pengaman untuk melindungi mata, jas laboratorium untuk melindungi pakaian dan sepatu tertutup untuk melindungi kaki. Dilarang memakai perhiasan yang dapat rusak karena bahan Kimia. Dilarang memakai perhiasan yang dapat rusak karena bahan Kimia. Dilarang memakai sandal atau sepatu terbuka atau sepatu berhak tinggi. Dilarang memakai sandal atau sepatu terbuka atau sepatu berhak tinggi. Wanita/pria yang berambut panjang harus diikat. Wanita/pria yang berambut panjang harus diikat. Biasakanlah mencuci tangan dengan sabun dan air bersih terutama setelah melakukan praktikum. Biasakanlah mencuci tangan dengan sabun dan air bersih terutama setelah melakukan praktikum. Bila kulit terkena bahan Kimia, janganlah digaruk agar tidak tersebar. Bila kulit terkena bahan Kimia, janganlah digaruk agar tidak tersebar. Bila terjadi kecelakaan yang berkaitan dengan bahan Kimia, laporkan segera pada asisten atau pemimpin praktikum. Segera pergi ke dokter untuk mendapat pertolongan secepatnya Bila terjadi kecelakaan yang berkaitan dengan bahan Kimia, laporkan segera pada asisten atau pemimpin praktikum. Segera pergi ke dokter untuk mendapat pertolongan secepatnya

12 Teknik kerja di laboratorium Hal pertama yang perlu dilakukan Gunakan perlatan kerja seperti kacamata pengaman untuk melindungi mata, jas laboratorium untuk melindungi pakaian dan sepatu tertutup untuk melindungi kaki. Gunakan perlatan kerja seperti kacamata pengaman untuk melindungi mata, jas laboratorium untuk melindungi pakaian dan sepatu tertutup untuk melindungi kaki. Dilarang memakai perhiasan yang dapat rusak karena bahan Kimia. Dilarang memakai perhiasan yang dapat rusak karena bahan Kimia. Dilarang memakai sandal atau sepatu terbuka atau sepatu berhak tinggi. Dilarang memakai sandal atau sepatu terbuka atau sepatu berhak tinggi. Wanita/pria yang berambut panjang harus diikat. Wanita/pria yang berambut panjang harus diikat. Bekerja aman dengan bahan kimia Hindari kontak langsung dengan bahan Kimia. Hindari kontak langsung dengan bahan Kimia. Hindari mengisap langsung uap bahan Kimia. Hindari mengisap langsung uap bahan Kimia. Dilarang mencicipi atau mencium bahan Kimia kecuali ada perintah khusus. Dilarang mencicipi atau mencium bahan Kimia kecuali ada perintah khusus. Bahan Kimia dapat bereaksi langsung dengan kulit menimbulkan iritasi (pedih atau gatal). Bahan Kimia dapat bereaksi langsung dengan kulit menimbulkan iritasi (pedih atau gatal).

13 Memindahkan bahan Kimia Baca label bahan Kimia sekurang-kurangnya dua kali untuk menghindari kesalahan. Baca label bahan Kimia sekurang-kurangnya dua kali untuk menghindari kesalahan. Pindahkan sesuai dengan jumlah yang diperlukan. Pindahkan sesuai dengan jumlah yang diperlukan. Jangan menggunakan bahan Kimia secara berlebihan. Jangan menggunakan bahan Kimia secara berlebihan. Jangan mengembalikan bahan Kimia ke dalam botol semula untuk mencega kontaminasi. Jangan mengembalikan bahan Kimia ke dalam botol semula untuk mencega kontaminasi. Memindahkan bahan Kimia cair Tutup botol dibuka dan dipegang dengan jari tangan seklaigus telapak tangan memegang botol tersebut. Tutup botol dibuka dan dipegang dengan jari tangan seklaigus telapak tangan memegang botol tersebut. Tutup botol jangan ditaruhdi atas meja karena isi botol dapat terkotori. Tutup botol jangan ditaruhdi atas meja karena isi botol dapat terkotori. Pindahkan cairan melalui batang pengaduk untuk mengalirkan agar tidak memercik. Pindahkan cairan melalui batang pengaduk untuk mengalirkan agar tidak memercik.

14 Memindahkan bahan Kimia padat Gunakan tutup botol untuk mengatur pengeluaran bahan Kimia. Gunakan tutup botol untuk mengatur pengeluaran bahan Kimia. Jangan mengeluarkan bahan Kimia secara berlebihan. Jangan mengeluarkan bahan Kimia secara berlebihan. Pindahkan sesuai keperluan tanpa menggunakan sesuatu yang dapat mengotori bahan tersebut. Pindahkan sesuai keperluan tanpa menggunakan sesuatu yang dapat mengotori bahan tersebut. Cara memanaskan larutan menggunakan tabung reaksi Isi tabung reaksi maksimal sepertiganya. Isi tabung reaksi maksimal sepertiganya. Api pemanas hendaknya terletak pada bagiuan atas larutan. Api pemanas hendaknya terletak pada bagiuan atas larutan. Goyangkan tabung reaksi agar pemanasan merata. Goyangkan tabung reaksi agar pemanasan merata. Arahkan mulut tabung reaksi pada tempat yang aman agar percikannya tidak melukai orang lian maupun diri sendiri. Arahkan mulut tabung reaksi pada tempat yang aman agar percikannya tidak melukai orang lian maupun diri sendiri. Cara memanaskan larutan menggunakan gelas Kimia Gunakan kaki tiga dan kawat kasa untuk menopang gelas Kimia tersebut. Gunakan kaki tiga dan kawat kasa untuk menopang gelas Kimia tersebut. Letakkan Batang gelas atau batu didih dalam gelas Kimia untuk mencegah pemanasan mendadak. Letakkan Batang gelas atau batu didih dalam gelas Kimia untuk mencegah pemanasan mendadak. Jika gelas Kimia digunakan sebagai penangas air, isilah dengan air. Maksimum seperampatnya. Jika gelas Kimia digunakan sebagai penangas air, isilah dengan air. Maksimum seperampatnya.

15 Keamanan kerja di laboratorium Rencanakan percobaan yang akan dilakukan sebelum memulai praktikum. Rencanakan percobaan yang akan dilakukan sebelum memulai praktikum. Gunakan perlatan kerja seperti kacamata pengaman untuk melindungi mata, jas laboratorium untuk melindungi pakaian dan sepatu tertutup untuk melindungi kaki. Gunakan perlatan kerja seperti kacamata pengaman untuk melindungi mata, jas laboratorium untuk melindungi pakaian dan sepatu tertutup untuk melindungi kaki. Dilarang memakai sandal atau sepatu terbuka atau sepatu berhak tinggi. Dilarang memakai sandal atau sepatu terbuka atau sepatu berhak tinggi. Wanita/pria yang berambut panjang harus diikat. Wanita/pria yang berambut panjang harus diikat. Dilarang makan, minum dan merokok di laboratorium. Dilarang makan, minum dan merokok di laboratorium. Jagalah kebersihan meja praktikum, apabila meja praktiukm basah segera keringkan dengan lap basah. Jagalah kebersihan meja praktikum, apabila meja praktiukm basah segera keringkan dengan lap basah. Hindari kontak langsung dengan bahan kimia. Hindari kontak langsung dengan bahan kimia. Hindari mengisap langsung uap bahan kimia. Hindari mengisap langsung uap bahan kimia. Bila kulit terkena bahan Kimia, janganlah digaruk agar tidak tersebar. Bila kulit terkena bahan Kimia, janganlah digaruk agar tidak tersebar. Pastikan kran gas tidak bocor apabila hendak mengunakan bunsen. Pastikan kran gas tidak bocor apabila hendak mengunakan bunsen. Pastikan kran air dan gas selalu dalam keadaan tertutup pada sebelum dan sesudah praktikum selesai. Pastikan kran air dan gas selalu dalam keadaan tertutup pada sebelum dan sesudah praktikum selesai.

16 Penanggulangan keadaan darurat Terkena bahan kimia Jangan panik. Jangan panik. Mintalah bantuan rekan anda yang berada didekat anda. Mintalah bantuan rekan anda yang berada didekat anda. Lihat data MSDS. Lihat data MSDS. Bersihkan bagian yang mengalami kontak langsung tersebut (cuci bagian yang mengalami kontak langsung tersebut dengan air apabila memungkinkan). Bersihkan bagian yang mengalami kontak langsung tersebut (cuci bagian yang mengalami kontak langsung tersebut dengan air apabila memungkinkan). Bila kulit terkena bahan Kimia, janganlah digaruk agar tidak tersebar. Bila kulit terkena bahan Kimia, janganlah digaruk agar tidak tersebar. Bawa ketempat yang cukup oksigen. Bawa ketempat yang cukup oksigen. Hubungi paramedik secepatnya(dokter, rumah sakit). Hubungi paramedik secepatnya(dokter, rumah sakit).Kebakaran Jangan panik. Jangan panik. Ambil tabung gas CO2 apabila api masih mungkin dipadamkan. Ambil tabung gas CO2 apabila api masih mungkin dipadamkan. Beritahu teman anda. Beritahu teman anda. Hindari mengunakan lift. Hindari mengunakan lift. Hindari mengirup asap secara langsung. Hindari mengirup asap secara langsung. Tutup pintu untuk menghambat api membesar dengan cepat (jangan dikunci). Tutup pintu untuk menghambat api membesar dengan cepat (jangan dikunci). Pada gedung tinggi gunakan tangga darurat. Pada gedung tinggi gunakan tangga darurat. Hubungi pemadam kebakaran. Hubungi pemadam kebakaran.

17 Gempa bumi Jangan panik. Jangan panik. Sebaiknya berlindung dibagian yang kuat seperti bawah meja, kolong kasur, lemari. Sebaiknya berlindung dibagian yang kuat seperti bawah meja, kolong kasur, lemari. Jauhi bangunan yang tinggi, tempat penyimpanan zat kimia, kaca. Jauhi bangunan yang tinggi, tempat penyimpanan zat kimia, kaca. Perhatikan bahaya lain seperti kebakaran akibat kebocoran gas,tersengat listrik. Perhatikan bahaya lain seperti kebakaran akibat kebocoran gas,tersengat listrik. Jangan gunakan lift. Jangan gunakan lift. Hubungi pemadam kebakaran, polisi dll. Hubungi pemadam kebakaran, polisi dll.P3K Peralatan P3K Plester Plester Pembalut berperekat Pembalut berperekat Pembalut steril (besar, sedang dan kecil) Pembalut steril (besar, sedang dan kecil) Perban gulung Perban gulung Perban segitiga Perban segitiga Kain kasa Kain kasa Pinset Pinset Gunting Gunting Peniti, dll Peniti, dll

18 Persiapan sebelum melakukan praktikum

19

20 Cara menggunakan alat pemadam kebakaran

21 Gambar di atas adalah contoh yang salah dalam instalasi kabel listrik. Cara yang demikian bukan hanya tidak nyaman untuk dilihat tapi juga beresiko menimbulkan kebakaran akibat adanya "konsleting" listrik

22 Periksalah tabung gas sebelum maupun sesudah melakukan praktikum. Ini mungkin akan sedikit makan waktu namun sangat berguna untuk mencegah terjadinya ledakan yang tidak sengaja akibat kebocoran gas baik itu dari tabungnya sendiri maupun dari selang tabung gas.

23 Pemeriksalah label zat yang digunakan sebelum memulai percobaan Pemeriksaan ini sangat penting untuk menghindari kesalahan dalam mencampur zat. Banyak zat yang memiliki label yang mirip satu sama lainnya namun berbeda dalam beberapa bagian, seperti kandungan zat, komposisi, cara penggunaan, dll pada wadah

24 Bersihkan meja kerja ketika terjadi tumpahan bahan kimia Bersihkan meja kerja segera setelah terjadi tumbahan zat / bahan kimia. Apabila bahan kimia yang tumpah tersebut cukup / sangat berbahaya, selain dibersihkan dengan lap, tangan harus dilindungi oleh sarung tangan. Ini adalah contoh yang salah jika bahan kimia yang tumpah tersebut cukup / sangat berbahaya dan praktikan tidak menggunakan sarung tangan seperti pada 2 lingkaran merah di atas. Sarung tangan sangat penting untuk melindungi tangan dari bahaya bahan kimia yang menempel / meresap pada lap pembersih.

25 Teknik memanaskan larutan dalam gelas kimia Peralatan yang kurang sesuai dimana batang pengaduk terlalu panjang.

26 Teknik memanaskan larutan dalam erlemeyer atau tabung reaksi

27 Teknik melakukan sentrifugasi Jangan lupa pakai kacamata pengaman!!!!!

28 Bekerja dengan instrumen elektronik

29 Teknik memindahkan zat kimia padatan Tutup botol zat (ditandai oleh lingkaran warna kuning harus dalam posisi seperti pada gambar.


Download ppt "KESELAMATAN DI LABORATORIUM. KESELAMATAN KERJA PT. PUPUK KALTIM BONTANG, KALIMANTAN TIMUR."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google