Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Zaman Edo Pertemuan ke-7 Matakuliah: Sejarah Jepang (Nihonshi) Tahun: 2009.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Zaman Edo Pertemuan ke-7 Matakuliah: Sejarah Jepang (Nihonshi) Tahun: 2009."— Transcript presentasi:

1

2 Zaman Edo Pertemuan ke-7 Matakuliah: Sejarah Jepang (Nihonshi) Tahun: 2009

3 Bina Nusantara University 3 Tujuan Merumuskan reformasi yang terjadi pada zaman Edo Menguraikan kondisi politik pada akhir zaman Edo

4 Bina Nusantara University 4 Materi Tiga reformasi besar Kaikoku atau pembukaan negeri Bakumatsu atau akhir zaman Edo

5 Bina Nusantara University 5 Tiga reformasi besar zaman Genroku 1.Membangun kembali perekonomian bakufu: melipatgandakan pajak tahunan, menghentikan kehidupan bermewah-mewahan, dan hidup hemat. 2. Memerintahkan bushi untuk berhemat, menganjurkan bushi belajar bela diri dan ilmu pengetahuan, memerintahkan agar kaum militer tidak perlu mengembalikan uang yang dipinjam dari kaum pedagang.

6 Bina Nusantara University 6 3. Memerintahkan kaum militer untuk berhemat dan melarang pedagang besar yang melakukan pemborongan. Reformasi ini tidak berhasil.

7 Bina Nusantara University 7 Kaikoku 1853 Perry, utusan Amerika datang bersama 4 buah kapal, menuntut pembukaan negeri Jepang. 1854, bakufu mengabulkan tuntutan Amerika Perjanjian Persahabatan Jepang – Amerika. 1858, Konsul jendral Amerika, Haris, meminta Jepang membuka hubungan dagang dengan Amerika. Iinaosu (seorang penasehat utama) membuat perjanjian dagang Jepang-Amerika tanpa menunggu izin dari istana.

8 Bina Nusantara University 8 Bakumatsu : Akhir Zaman Edo Barang persediaan dalam negeri tidak cukup maka perekonomian kacau. Satsuma dan Chosu memulai gerakan sonno joi. Satsuma berperang melawan Inggris. Chosu han berperang dengan sekutu (Inggris, Prancis, Amerika dan Belanda). Kedua han berniat menjatuhkan bakufu, menyelenggarakan pemerintahan baru yang berpusat pada kaisar, melanjutkan gerakan menjunjung tinggi kaisar dan menjatuhkan bakufu.

9 Bina Nusantara University 9 Timbul pertempuran di Kyoto, karena timbul rasa tidak puas di pihak Bakufu dan ke Edo untuk membunuh Shogun Yoshinobu. Bakufu memutuskan untuk mengosongkan kasti dan menyerahkannya kepada tentara pemerintah yang baru. Keluarga Tokugawa dibiarkan terus hidup. Pemerintahan Edo bakufu yang telah berlangsung selama 260 th berakhir.


Download ppt "Zaman Edo Pertemuan ke-7 Matakuliah: Sejarah Jepang (Nihonshi) Tahun: 2009."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google