Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERSEPSI. definisi  Proses mengolah dan memaknakan stimulus (rangsang) dari lingkungan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERSEPSI. definisi  Proses mengolah dan memaknakan stimulus (rangsang) dari lingkungan."— Transcript presentasi:

1 PERSEPSI

2 definisi  Proses mengolah dan memaknakan stimulus (rangsang) dari lingkungan

3 PROSES PERSEPSI PENG-INDRA-AN (penglihatan, pendengaran, penciuman, pengecap, pengindraan kulit) PERSEPSI

4 Proses Sensori (peng-indera-an) stimulus receptor proses di sistem saraf sensasi

5 sensori  Penglihatan  Pendengaran  Penciuman  Pengecapan  Perabaan  Gerak dan Keseimbangan

6 Persepsi pemaknaan/penghayatan seseorang terhadap situasi/obyek. Persepsi bersifat selektif berbagai informasi disaring. Dalam hal ini proses atensi adalah hal yang penting. Dari informasi tersebut, barulah kita persepsikan.

7 Proses Persepsi beragam stimulus analisis respon yg sdh terseleksi

8  Dalam proses persepsi secara mendasar, kita menyadari adanya figure dan ground.  Dalam proses persepsi dapat terjadi penghayatan kedalaman (visual depth), dimana dalam bentuk 2 dimensi kita dapat menghayati adanya obyek 3 dimensi, misalnya dalam lukisan.  Dalam proses persepsi dikenal penghayatan bahwa bentuk, ukuran suatu obyek adalah tetap/stabil.  Dalam proses persepsi dikenal juga adanya penghayatan gerak.

9 Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi :  Adanya Set di dalam pikiran ide atau gagasan pemikiran yang sudah siap ada dalam pikiran  Motif/dorongan sesuatu yang mengarahkan terjadinya perilaku  Harapan Keinginan / tujuan

10 Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi :  Pengalaman Peristiwa yang pernah dialami  Nilai-nilai acuan dalam bertingkah laku -Suasana hati -Lingkungan

11 PERSEPSI SOSIAL  Obyek persepsi : manusia variabel sosial Terdapat persamaan dan perbedaan antara mempersepsi benda dan manusia.

12  Individu yang dipersepsi mempunyai kemampuan-kemampuan, perasaan, harapan.  Individu yang dipersepsi dapat berbuat sesuatu terhadap orang yang mempersepsi, sehingga hasil persepsi tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.  Orang yang dipersepsi bisa menjadi kawan atau lawan.

13  Orang yang dipersepsi dapat memberi pengaruh kepada orang yang mempersepsi.

14 Defisini :  proses seseorang untuk mengetahui, menginterpretasikan dan mengevaluasi orang lain yang dipersepsi, tentang sifat-sifatnya, kualitasnya dan keadaan lain yang ada dalam diri orang yang dipersepsi.

15 Faktor yang berperan dalam mempersepsi manusia :  Keadaan stimulus, dalam hal ini adalah manusia yang akan dipersepsi  Situasi atau keadaan sosial yang melatarbelakangi stimulus  Keadaan orang yang mempersepsi


Download ppt "PERSEPSI. definisi  Proses mengolah dan memaknakan stimulus (rangsang) dari lingkungan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google