Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 Pengertian Stress  Pengertian Stress Kerja  Faktor Penyebab Kerja Stres Kerja  Model Stress dalam Pekerjaan  Hubungan antara Motivasi, Kinerja.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " Pengertian Stress  Pengertian Stress Kerja  Faktor Penyebab Kerja Stres Kerja  Model Stress dalam Pekerjaan  Hubungan antara Motivasi, Kinerja."— Transcript presentasi:

1

2

3  Pengertian Stress  Pengertian Stress Kerja  Faktor Penyebab Kerja Stres Kerja  Model Stress dalam Pekerjaan  Hubungan antara Motivasi, Kinerja dan Stress  Jurnal Relevan

4 S tress adalah keadaan yang disebabkan oleh adanya tuntutan internal maupun eksternal (stimulus) yang dapat membahayakan, tidak terkendali atau melebihi kemampuan individu sehingga individu akan bereaksi baik secara fisiologis maupun secara psikologis (respon) dan melakukan usaha-usaha penyesuaian diri terhadap situasi tersebut (proses).

5 Ada bebrapa pendapat menurut para ahli mengenai pengertian stres kerja, yaitu sebagai berikut : 1.Menurut Anwar (1993:93) Stres kerja adalah suatu perasaan yang menekan atau rasa tertekan yang dialami karyawan dalam menghadapi pekerjaannya. 2.Yoder dan Staudohar (1982 : 308) mendefinisikan Stres Kerja adalah suatu tekanan akibat bekerja juga akan mempengaruhi emosi, proses berpikir dan kondisi fisik seseorang, di mana tekanan itu berasal dari lingkungan pekerjaan tempat individu tersebut berada.

6 3.Beehr dan Franz (dikutip Bambang Tarupolo, 2002:17), mendefinisikan stres kerja sebagai suatu proses yang menyebabkan orang merasa sakit, tidak nyaman atau tegang karena pekerjaan, tempat kerja atau situasi kerja yang tertentu. 4.Menurut Pandji Anoraga (2001:108), stres kerja adalah suatu bentuk tanggapan seseorang, baik fisik maupun mental terhadap suatu perubahan di lingkunganya yang dirasakan mengganggu dan mengakibatkan dirinya terancam. 5.Gibson dkk (1996:339), menyatakan bahwa stres kerja adalah suatu tanggapan penyesuaian diperantarai oleh perbedaan- perbedaan individu dan atau proses psikologis yang merupakan suatu konsekuensi dari setiap tindakan dari luar (lingkungan), situasi, atau peristiwa yang menetapkan permintaan psikologis

7 MMenurut (Robbin, 2003, pp ) penyebab stres itu ada 3 faktor yaitu: 1. Faktor Lingkungan 2. Faktor Organisasi 3. Faktor Individu

8  Dalam dunia kerja, sering timbul (muncul) berbagai masalah sehubungan dengan stres dan kondisi-kondisi yang dapat memicu terjadinya stres. Baik disadari maupun tidak, pekerjaan seseorang menimbulkan stres pada dirinya. Hal ini pasti akan tampak dalam kurun waktu yang panjang, karena memang manusia setiap harinya berkecimpung di tempat kerjanya lebih dari sepertiga kali waktunya.

9  Stres yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat menyebabkan tingkat prestasi (kinerja) yang rendah (tidak optimum).Bagi seorang manajer (pimpinan) tekanan-tekanan yang diberikan kepada seorang karyawan haruslah dikaitkan dengan apakah stres yang ditimbulkan oleh tekanan- tekanan tersebut masih dalam keadaan wajar. Stres yang berlebihan akan menyebabkan karyawan tersebul frustrasi dan dapat menurunkan prestasinya,sebaliknya stres yang terialu rendah menyebabkan karyawan tersebut tidak bermotivasi untuk berprestasi.

10  Dalam proses bimbingan skripsi tidak jarang mahasiswa dengan susah payah menentukan judul, menyusun skripsi kemudian mengoreksi serta mengevaluasi bersama dosen pembimbing, atau diminta untuk memperbaiki sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Hal ini dapat menimbulkan stres bagi sebagian mahasiswa. Stres bagi mahasiswa dapat disebabkan oleh faktor eksternal maupun internal.

11 OM, SHANTI, SHANTI, SHANTI, OM


Download ppt " Pengertian Stress  Pengertian Stress Kerja  Faktor Penyebab Kerja Stres Kerja  Model Stress dalam Pekerjaan  Hubungan antara Motivasi, Kinerja."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google