Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Afzalul Patriot Nasution Liyanti Ovita Sari Shinta Dita Utami Usbaizan Afzalul Patriot Nasution Liyanti Ovita Sari Shinta Dita Utami Usbaizan Kelompok.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Afzalul Patriot Nasution Liyanti Ovita Sari Shinta Dita Utami Usbaizan Afzalul Patriot Nasution Liyanti Ovita Sari Shinta Dita Utami Usbaizan Kelompok."— Transcript presentasi:

1

2 Afzalul Patriot Nasution Liyanti Ovita Sari Shinta Dita Utami Usbaizan Afzalul Patriot Nasution Liyanti Ovita Sari Shinta Dita Utami Usbaizan Kelompok 1

3 Sistem saraf pusat merupakan bagian dari sistem saraf yang mengatur fungsi organ dan anggota tubuh serta tempat budi pekerti manusia terletak. Sistem saraf pusat terdiri dari otak atau enchephalon dan sumsum tulang belakang atau medula spinalis

4 Otak merupakan pusat saraf utama dan pusat pengendali semua aktivitas kehidupan. Otak terletak di dalam rongga tengkorak. Otak dilindungi oleh selaput otak yang disebut meninges. Otak merupakan pusat saraf utama dan pusat pengendali semua aktivitas kehidupan. Otak terletak di dalam rongga tengkorak. Otak dilindungi oleh selaput otak yang disebut meninges. a. Otak

5 OTAK BESAR OTAK KECIL SUMSUM LANJUTAN OTAK TENGAH

6 Meninges terdiri atas tiga lapisan,yaitu : a. Pia mater adalah selaput paling dalam dan sangat dekat dengan permukaan otak dan sumsum tulang belakang. Lapisan ini terdapat di bawah araknoid. b. Araknoid berupa selaput jaring yang lembut, terletak antara pia mater dan dura mater. c. Dura mater merupakan lapisan paling luar dan melekat pada tulang kepala.

7 Lapisan Pelindung otak DURAMATER ARACHNOID PIAMATER OTAK

8 a. Otak Besar atau Otak Depan Terdiri dari dua belahan, yaitu belahan kiri yang mengendalikan tubuh bagian kanan, dan belahan kanan yang mengendalikan tubuh bagian kiri. Memiliki permukaan yangberlipat- lipat dan mengandung ratusan juta neuron. Tiap-tiap belahan otak besar dibagi menjadi empat lobus, yaitu frontal,parietal,oksipital,dan temporal. Antara lobus frontal dan parietal dipisahkan oleh sulkus sentralis Terdiri dari dua lapisan, yaitu lapisan luar (korteks) dan lapisan dalam. Otak manusia terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu :

9 1)Lapisan Luar (Korteks) berwarna kelabu yang berisi badan-badan sel saraf, permukaan korteks berlipat-lipat, berfungsi memperluas permukaan korteks. 2) Lapisan Dalam tebal dan berwarna putih karena banyak mengandung serabut saraf (dendrit dan neurit).

10 1. Dahi (lobus frontalis), berfungsi untuk mengatur gerakan-gerakan tubuh yang disadari. 2. Ubun-ubun (lobus parietalis), berfungsi mengatur kulit dan otot- otot terhadap panas, dingin, sentuhan, dan tekanan 3. Pelipis (lobus temporalis), berfungsi sebagai pusat pendengaran 4. Kepala belakang (lobus oksipitalis), berfungsi sebagai pusat penglihatan. Antara otak bagian tengah dan belakang terdapat pusat perkembangan, kecerdasan, ingatan, kemauan dan sikap. 1. Dahi (lobus frontalis), berfungsi untuk mengatur gerakan-gerakan tubuh yang disadari. 2. Ubun-ubun (lobus parietalis), berfungsi mengatur kulit dan otot- otot terhadap panas, dingin, sentuhan, dan tekanan 3. Pelipis (lobus temporalis), berfungsi sebagai pusat pendengaran 4. Kepala belakang (lobus oksipitalis), berfungsi sebagai pusat penglihatan. Antara otak bagian tengah dan belakang terdapat pusat perkembangan, kecerdasan, ingatan, kemauan dan sikap. Terbagi menjadi empat lobus :

11 LOBUS PARIETAL LOBUS TEMPORAL LOBUS OCCIPITAL LOBUS FRONTAL

12 Otak tengah merupakan bagian atas batang otak.Terletak di depan otak kecil dan jembatan Varol (pons Varolii). Bagian terbesar dari otak tengah pada sebagian besar vertebrata adalah lobus optikus yang ukurannya berbeda-beda. Otak tengah mengandung pusat-pusat yang mengendalikan keseimbangan dan serabut saraf yang menghubungkan bagian otak belakang dengan bagian otak depan. Otak tengah merupakan bagian atas batang otak.Terletak di depan otak kecil dan jembatan Varol (pons Varolii). Bagian terbesar dari otak tengah pada sebagian besar vertebrata adalah lobus optikus yang ukurannya berbeda-beda. Otak tengah mengandung pusat-pusat yang mengendalikan keseimbangan dan serabut saraf yang menghubungkan bagian otak belakang dengan bagian otak depan. b. Otak Tengah (Diensefalon)

13 Otak belakang meliputi : 1) Jembatan Varol (pons Varolii) yang berisi serabut saraf yang menghubungkan lobus kiri dan kanan otak kecil,serta menghubungkan otak kecil dan korteks otak besar. c. Otak Belakang c. Otak Belakang

14 2) Sumsum lanjutan (medula oblongata) yang membentuk bagian bawah batang otak serta menghubungkan pons varolii dengan medula spinalis. Berperan :  Sebagai pusat pengatur pernapasan  Sebagai pusat pengatur refleks fisiologi Di anterior terdapat talamus yang terdiri atas dua tonjolan dan disebelahnya terdapat hipotalamus.

15 3 ) Otak Kecil (cerebelum) Cerebelum terdiri dari belahan kiri dan kanan yang dihubungkan oleh jembatan varol. Tugas jembatan varol adalah penghantar impuls dari otot-otot bagian kiri dan kanan tubuh, Kerusakan otak kecil menyebabkan gerak otot tak dapat dikoordinasikan lagi (ataxia). Fungsi : Pusat keseimbangan dan gerak sadar tubuh.

16

17 Terletak di dalam rongga ruas-ruas tulang belakang, memanjang dimulai dari ruas tulang leher sampai dengan antara tulang pinggang pertama dan kedua. Tersusun atas dua lapisan : lapisan luar berwarna putih berisi dendrit dan neurit, lapisan dalam berwarna abu-abu yang mengandung sel saraf. Dibagian dalam terdapat akar dorsal dan akar ventral Fungsi sumsum tulang belakang: Penghubung impuls dari otak dan ke otak, memungkinkan jalan terpendek pada gerak refleks. b.) Sumsum Tulang Belakang (Medula Spinalis)

18

19


Download ppt "Afzalul Patriot Nasution Liyanti Ovita Sari Shinta Dita Utami Usbaizan Afzalul Patriot Nasution Liyanti Ovita Sari Shinta Dita Utami Usbaizan Kelompok."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google