Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengembangan Paragraf. Kelemahan yang dimiliki sebagian besar mahasisawa teknik dalam penulisan karya ilmiah adalah membawa sifat pendekatan ilmu ke dalam.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengembangan Paragraf. Kelemahan yang dimiliki sebagian besar mahasisawa teknik dalam penulisan karya ilmiah adalah membawa sifat pendekatan ilmu ke dalam."— Transcript presentasi:

1 Pengembangan Paragraf

2 Kelemahan yang dimiliki sebagian besar mahasisawa teknik dalam penulisan karya ilmiah adalah membawa sifat pendekatan ilmu ke dalam tulisan mereka, artinya mahasiswa teknik cenderung menulis secara praktis, singkat, dan to the point. Ini menyebabkan tulisan ilmiah mereka kurang berkembang. Kelemahan lainnya adalah kurangnya memperhatikan aspek pembaca saat mereka menulis. Ini menyebabkan ada banyak hal yang seharusnya dijelaskan namun tidak dilakukan karena berasumsi pembaca sudah mengerti. Asumsi ini bisa membahayakan karena pembaca dibiarkan menginterpretasikan sendiri sebuah atau beberapa tabel yang tidak ada penjelasannya, sebagai contohnya.

3 Paragraf Dalam penulisan proposal dan draf skripsi mahasiswa, sering dijumpai sebuah paragraf yang terdiri dari satu kalimat saja. Kecenderungan penulisan sebuah paragraf yang terdiri dari satu kalimat yang panjang dapat ditemukan juga di surat kabar, majalah atau tabloid mahasiswa. Sebaliknya, ada paragraf yang sangat panjang, sehingga paragraf tersebut mengisi dua halaman penuh dari sebuah proposal, draf skripsi, ataupun buku-buku.

4 Paragraf atau yang dikenal juga sebagai alinea bukanlah pembagian teks yang disusun secara asal dan menurut kehendak sang penulis. Menurut Keraf (2004), paragraf merupakan sebuah himpunan dari kalimat-kalimat yang bertalian dalam suatu rangkaian untuk membentuk sebuah gagasan. Sedangkan Wharter, seperti yang dikutip Krisnawati (2000) mendefinisikan paragraf sebagai kumpulan kalimat yang menyatakan sebuah topik tunggal. Jika ada lebih dari satu topik, maka sebaiknya topik tersebut dipisahkan dan ditulis dalam sebuah paragraf yang baru.

5 Dalam paragraf, gagasan atau topik utama akan menjadi jelas dengan uraian-uraian tambahan dari kalimat-kalimat berikutnya, yang maksudnya adalah menjelaskan topik atau gagasan utama tersebut. Paragraf yang baik dan benar memiliki tiga komponen utama (krisnawati, 2000), yaitu: 1. Gagasan Utama Keberadaan gagasan utama dalam sebuah paragraf adalah mutlak. Gagasan utama inilah yang menyatukan kalimat-kalimat yang ada. Namun gagasan utama dapat dinyatakan secara eksplisit atau secara implisit.

6 2. Kalimat topik atau kalimat utama Kalimat utama adalah sebuah kalimat yang mengandung gagasan utama. Dengan kata lain kalimat topik merupakan wujud dari gagasan utama. Gagasan utama sebuah paragraf yang dinyatakan secara eksplisit ini dapat ditemukan dalam bentuk kalimat topik. Keberadaan kalimat utama tidaklah mutlak. Ia boleh ada dan boleh tidak ada. Sebuah paragraf tidak memiliki kalimat topik atau utama jika gagasan utamanya dinyatakan secara implisit oleh keseluruhan kalimat dalam sebuah paragraf.

7 3. Kalimat penjelas Kalimat penjelas merupakan kalimat lainnya selain kalimat utama. Dengan kata lain, kalimat penjelas memuat perincian-perincian serta penjelasan lebih lanjut dari gagasan utama yang tertuang dalam kalimat utama. Penempatan Kalimat Utama Untuk menyusun sebuah tulisan yang baik, beberapa literatur (Keraf, 2004; Krisnawati, 2000) menekankan bahwa ada empat macam cara menempatkan sebuah kalimat utama atau kalimat topik yaitu:

8 Pada awal paragraf Pengertian awal alinea ini dapat merupakan kalimat pertama atau kalimat kedua dari paragraf yang bersangkutan. Dengan menempatkan kalimat utama di awal paragraf, maka gagasan utama akan mendapatkan penekanan yang wajar. Paragraf seperti ini bersifat deduktif, karena memberikan gagasan utamaa, kemudian memberikan penjelasan-penjelasan yang lebih rinsi dari gagasan utama tersebut.

9 Riset atau penelitian memiliki peranan yang sangat besar dalam budaya masyarakat modern. Ia sudah menjadi bagian dalam kehidupan kita sehari-hari. Ketika kita membaca sebuah ulasan berita ekonomi, sebenarnya kita sedang membaca hasil riset yang dilakukan oleh sang pengulas berita tersebut. Saat kita menyelesaikan pekerjaan atau tugas-tugas kita dengan menggunakan komputer, maka kitapun menikmati hasil riset dari berbagai pakar di berbagai bidang ilmu seperti matematika, ilmu komputer, logika, psykologi, desain antarmuka, linguistik, dll. Juga disaat mengakses Internet, maka kita terhubung dengan ribuan bahkan jutaan hasil riset yang siap dibaca, atau hasil riset yang bisa langsung dinikmati, seperti teknologi Wiki, teknologi mesin pencari, dll. Aktifitas keseharian yang sangat sederhanapun tidak bisa dilepaskan dari hasil riset. Sebagai contoh mencuci rambut dengan shampo. Shampo yang bagus dan tidak mengakibatkan rambut rontok adalah hasil dari riset yang panjang dan berkesinambungan.

10 Pada akhir paragraf Kalimat topik dapat ditempatkan di akhir paragraf, yakni di kalimat terakhir. Peletakan kalimat topik di akhir paragraf menjadi sebuah tantangan bagi penulis pemula, karena ini lebih sulit. Ia harus berawal dengan penjelasan-penjelasan, kemudian mengakhiri penjelasan tersebut dengan kesimpulan yang menyatakan gagasan utama. Paragraf seperti ini bersifat induktif.

11 Some of the more fun secret writings are concealment messages like ink made out of potato juice, lemon juice, and other types of juices and sugars! Deciphering and decoding messages take a lot of time and can be very frustrating. But with experience, strategies, and most of all, luck, you will be able to crack of codes and ciphers (krisnawati, 2000, 42)

12 Di awal dan di akhir paragraph Menurut Keraf (2004), kalimat utama dapat pula ditempatkan di awal dan sekaligus di akhir paragraf. Dalam hal ini kalimat terakhir sering merupakan suatu perulangan atau penekanan dari gagasan yang diungkapkan dalam kalimat pertama.

13 Sifat kodrati bahasa yang lain yang perlu dicatat di sini ialah bahwasannya tiap bahasa mempunyai sistem ungkapan yang khusus dan sistem makna yang khusus pula, masing- masing lepas terpisah dan tidak tergantung dari pada yang lain. Sistem ungkapan tiap bahasa dan sistem makna tiap bahasa dibatasi oleh kerangka alam pikiran bangsa yang memakai bahasa itu, kerangka alam pikiran yang saya sebut diatas. Oleh karena itu janganlalhkecewa apabila bahasa indonesia tidak membedakan jamak dan tunggal, tidak mengenal kata dalam sistem kata-kerjanya, gugus fonem juga tertentu polanya. Bahasa Inggris tidak memiliki ”unggah-ungguh”. Bahasa Zulu tidak memiliki kata yang berarti ”lembu”, tetapi ada kata yang berarti ”lembu putih”, ”lembu merah”, dsb.Secara teknis, para linguis menggatakakn bahwa tiap bahasa mempunyai sistem fonologi, sistem gramatikal serta pola semantik yang khusus (Keraf, 2004, 82)

14 Tidak ada kalimat utama Kemungkinan terakhir adalah dengan tidak menghadirkan kalimat utama, melainkan menyebar gagasan utama di setiap kalimat. Bentuk paragraf tanpa kalimat utama ini biasanya dijumpai dalam tulisan yang bersifat deskriptif atau naratif.

15 Sebagai bahan eksperimen, penulis menggunakan sepuluh buah file teks, yang dicetak dengan menggunakan tiga font berbeda, yaitu Times New Roman, Arial dan Courier New. Ukuran ketiga font adalah 12 point. Times New Roman mewakili font Serif proporsional, Arial mewakili font Sans-serif proporsional, dan Courier New mewakili font Serif non-proporsional. Hasil cetakan kemudian dipindai dengan resolusi 200dpi dan kedalaman warna 24- bit, menghasilkan sepuluh file citra bitmap seperti tercantum pada Tabel 4.1, untuk masing-masing font. Total file yang diujikan adalah 30 file bitmap (Mahastama, 2007:50-1).

16 Latihan Kecelakaan berbagai jenis peralatan utama sistem persenjataan milik TNI masih sering terjadi. Sepanjang tahun 2010 saja, tercatat sudah 76 anggota TNI tewas dalam berbagai kecelakaan. Korban jiwa tak hanya jatuh dari pihak TNI, namun rakyat sipil pun kadang juga turut menjadi korban. Kondisi seperti ini dikhawatirkan akan semakin menjatuhkan moral prajurit TNI.

17 Demam berdarah dengue masih menjadi ancaman di seluruh belahan dunia. Asia menempati urutan pertama dalam jumlah korban tiap tahun. Hal ini mungkin dipengaruhi oleh curah hujan yang sangat tinggi terutama di daerah Asia Timur dan Asia Selatan. Jumlah penderitanya setiap tahun selalu mengalami peningkatan dan 95% penderitanya adalah anak-anak di bawah 15 tahun.

18 Narkoba memiliki efek candu yang sangat kuat dan dari jenis jenis narkoba tersebut ada yang dapat menyebabkan gairah meningkat, detak jantung meningkat, dan pada kondisi tertentu dapat menyebabkan overdosis dan kematian. Menghindari narkoba adalah harga mati karena sangat berbahaya bagi kesehatan

19 Banyak pedagang kaki lima yang entah bagaimana awalnya, seperti mengelompokkan diri hanya dengan menjual jenis barang tertentu di sebuah trotoar tertentu. Selanjutnya, tampillah trotoar tersebut sebagai etalase khusus. Bahkan, banyak barang khas trotoar terkenal di Jakarta yang tidak bisa dijumpai di toko-toko resmi. Dari suasana tersebut ternyata banyak trotoar yang akhirnya menjadi terkenal karena penampilanya yang khas.

20 Pada era persaingan dunia kerja yg semakin kompetitif seperti saat ini, seseorang yg menguasai Bahasa Inggris otomatis akan memiliki peluang yg lebih besar di dunia kerja. Sebaliknya, orang yg tidak memiliki kemampuan Bahasa Inggris peluangnya akan semakin kecil untuk memasuki dunia kerja khususnya untuk dapat diterima sebagai karyawan. Itulah kenapa penguasaan Bahasa Inggris sangat diperlukan untuk menambah kompetensi di dunia krja.

21 Setiap orang tua tentu berharap anaknya kelak menjadi orang sukses. Indikator kesuksesan biasanya dilihat dari pekerjaan. Itulah mengapa banyak orang tua yang berbondong-bondong mengirimkan anaknya ke sekolah-sekolah favorit dengan harapan agar nantinya sang anak dapat bersaing di dunia kerja yg semakin keras. Pendidikan yg tepat bagi anak sebenarnya tidak harus selalu dengan mengirimkan mereka ke sekolah favorit, melainkan dengan cara mengarahkan sang anak sesuai minat dan bakat mereka. Oleh karena itu, orang tua sebenarnya memiliki peran yg sangat penting untuk menentukan pekerjaan apa yg sesuai dengan sang anak.

22 Tadi pagi sekitar pukul WIB satu jenis pesawat berjenis Hercules jatuh di Purwodadi, Madiun, Jawa Timur. Pesawat tersebut jatuh di area persawahan dan belum ada data resmi mengenai pesawat tersebut. Namun diduga pesawat tersebut adalah milik TNI Angkatan Udara.


Download ppt "Pengembangan Paragraf. Kelemahan yang dimiliki sebagian besar mahasisawa teknik dalam penulisan karya ilmiah adalah membawa sifat pendekatan ilmu ke dalam."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google