Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Query Bahasa Formal. Aljabar Relational OPERASI - OPERASI DASAR - SELECT - PROJECT - CARTESIAN PRODUCT - UNION - SET DIFFERENCE OPERASI - OPERASI TAMBAHAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Query Bahasa Formal. Aljabar Relational OPERASI - OPERASI DASAR - SELECT - PROJECT - CARTESIAN PRODUCT - UNION - SET DIFFERENCE OPERASI - OPERASI TAMBAHAN."— Transcript presentasi:

1 Query Bahasa Formal

2 Aljabar Relational OPERASI - OPERASI DASAR - SELECT - PROJECT - CARTESIAN PRODUCT - UNION - SET DIFFERENCE OPERASI - OPERASI TAMBAHAN - NATURAL JOIN - THETA JOIN - INTERSECTION - DIVISION

3 Select/Restrict Memperoleh tupel-tupel dari suatu relasi yang memenuhi predikat tertentu Simbol : σ (sigma ) Operasi SELECT akan melibatkan : Operand : konstanta / bilangan Operator aritmatika :, ≥, ≠, ≤ Operator logika : ∧ (and), ∨ (or), (not) Contoh Queri : Skema relasi MAHASISWA (npm,nama,alamat,kota,jkel) Dicari Informasi mengenai mahasiswa yang mempunyai NPM = “ ” σnpm=“ ” (MAHASISWA) Hasilnya : ???

4 Project Memperoleh atribut-atribut tertentu dari suatu relasi Simbol : ∏ (pi) Contoh Queri : Skema Relasi MAHASISWA (npm,nama,alamat,kota,jkel) Dicari informasi mengenai nama dan kota mahasiswa ∏nama,kota (MAHASISWA) Hasilnya : ???

5 Cartesian Product Membentuk suatu relasi dari dua relasi yang terdiri dari kombinasi tupel-tupel yang mungkin Simbol : X (cros) Contoh Queri : Skema Relasi MAHASISWA(npm,nama,alamat,kota,jkel) dan Skema Relasi MKULMI(kdmk,mtkul,sks) Kombinasikan data dari relasi MAHASISWA dengan data dari relasi MKULMI. MAHASISWA X MKULMI Hasilnya : ???

6 Union Membentuk suatu relasi yang terdiri dari tupel-tupel yang berada pada salah satu relasi atau pada kedua relasi, dengan syarat : Misalkan ada relasi R dan S, maka jumlah atribut relasi R dan S harus sama Domain dari atribut ke i dari R harus sama dengan domain dari atribut ke i dari S. Simbol : ∪ (union) Contoh Queri : Skema relasi MAHASISWA (npm,nama,alamat,kota,jkel) dan Skema relasi DOSEN (nip,nama,alamat,kota,jkel) Gabungkan data dari relasi MAHASISWA dengan data dari relasi DOSEN MAHASISWA ∪ DOSEN Hasilnya : ???

7 Set Difference Membentuk suatu relasi yang terdiri dari tupel-tupel yang berada pada relasi pertama dan tidak berada pada relasi kedua atau kedua-duanya. Simbol : − (minus ) Contoh Queri : Skema relasi MAHASISWA (npm,nama,alamat,kota,jkel) dan Skema relasi DOSEN (nip,nama,alamat,kota,jkel) Dicari nama mahasiswa yang berada pada kota yang sama dengan kota dosen. ∏nama(σkota=‘Jakarta’ (MAHASISWA)) −∏nama(σkota=‘Jakarta’(DOSEN)) Hasilnya : ???

8 Natural Join Membentuk suatu relasi dari dua relasi yang terdiri dari kombinasi yang mungkin dari relasi-relasi. Simbol : Χ Contohnya : Skema relasi MAHASISWA (npm,nama,alamat,kota,jkel) dan SKEMA relasi KRS (npm,kdmk,kelas) Dicari nama mahasiswa yang mengambil matakuliah dengan kode matakuliah “KK021” ∏nama(σkdmk=“KK021”(MAHASISWA X KRS)) Hasilnya : ???

9 Theta Join Membentuk suatu relasi dari dua relasi yang terdiri dari kombinasi yang mungkin dari relasi-relasi dengan kondisi tertentu. Simbol : Χ dan θ Contoh Queri : Skema relasi MAHASISWA (npm,nama,alamat,kota,jkel) Skema relasi DOSEN (nip,nama,alamat,kota,jkel) Dicari pasangan tupel nama mahasiswa dan nama dosen yang tinggal di kota yang sama. ∏MAHASISWA.nama, DOSEN.nama(MAHASISWA X DOSEN)MAHASISWA.kota =DOSEN.kota Hasilnya : ???

10 Intersection Membentuk suatu relasi yang terdiri atas tupel-tupel yang sama dari dua relasi. Simbol : ∩ Contoh Queri : Skema relasi MKULMI (kdmk,namamk,sks) Skema relasi MKULTK(kdmk,namamk,sks) Dicari nama matakuliah dengan kode matakuliah “KK021” yang berada pada jurusan MI dan TK. Πnamamk(σkdmk=“KK021”(MKULMI)) ∩Πnamamk(σkdmk=“KK021”(MKULTK)) Hasilnya : ???

11 Division Untuk mendapatkan nilai yang ada pada salah satu atribut dari relasi ‘pembilang’ yang nilai atribut lainnya sama dengan nilai atribut relasi ‘penyebut’. Simbol : ÷ Contohnya : Skema relasi MAHASISWA (npm,nama,alamat,kota,jkel) Skema relasi KRS (npm,kdmk,kelas) Dicari semua nama mahasiswa yang mengambil matakuliah dengan kode matakuliah “KK021” ∏npm,nama(MAHASISWA) ÷ ∏npm(σkdmk=“KK021”(KRS)) Hasilnya : ???

12 Latihan Tabel SISWA No PesertaNamaJK Asal SekolahBINBIGMATIPAJML. NUNRata2NUN ZULFIA AYU LESTARIPSMPN 1 SUGIO MELIYA INTAN SARIPSMPN 1 SUGIO TEGUH ARIF PRABOWOL SMP NEGERI 4 LAMONGAN MUHAMAD CHOIRUL ANAM EFENDIL SMP NEGERI 2 DEKET MUHAMMAD MACHRUS WAFI PRANATAL SMPN 3 LAMONGAN NINDYA AYU NABILAPSMPN 1 BABAT DIA NURLAILI AGUSTINP SMPN 5 LAMONGAN ANGGI EKO PURNOMOL SMPN 2 LAMONGAN ARY DWI PURNOMOL SMPN 2 LAMONGAN MOCHAMMAD YUDISTIRA DWI WAHYU DIRGANTARAL SMPN 3 LAMONGAN

13 Selesaikan !! 1.Buat aljabar untuk menampilkan siswa yang asal sekolah selain lamongan 2.Buat aljabar untuk menampilkan jenis kelamin Laki-laki 3.Buat aljabar untuk menampilkan nilai BIN dibawah Buat aljabar untuk menampilkan nilai BIN dan MAT diatas Buat aljabar untuk menampilkan asal sekolah dari smpn 3 6.Buat aljabar untuk menampilkan nomer peserta dibawah 30 7.Buat aljabar untuk menampilkan siswa yang nilainya tertinggi 8.Buat aljabar untuk menampilkan siswa yang nilainya terendah

14 Tabel Piagam 1.Buat aljabar untuk menampilkan siswa yang memiliki piagam juara 3 tingkat propinsi 2.Buat aljabar untuk menampilkan siswa yang tidak mendapat piagam 3.Buat aljabar untuk menampilkan siswa yang tidak mendapat piagam dan nomor pesertanya diatas 20 4.Buat aljabar untuk menampilkan siswa yang statusnya terdaftar namun tidak mendapat piagam 5.Buat aljabar untuk menampilkan siswa yang statusnya keluar namun mendapat piagam 6.Buat aljabar untuk menampilkan siswa yang nilai piagamnya tertinggi 7.Buat aljabar untuk menampilkan siswa yang nilai piagamnya terendah 8.Buat aljabar untuk menampilkan siswa yang juara 1 dan mendapat piagam tingkat kabupaten nopesertaJuaraTingkatKategori Nilai PiagamStatus PC1TERDAFTAR TERDAFTAR KA2TERDAFTAR NC2KELUAR TERDAFTAR K D2KELUAR KELUAR PB1.75TERDAFTAR KELUAR NA4TERDAFTAR

15 TUGAS SELESAIKAN LATIHAN ALJABAR dengan BAHASA QUERY !!!! Dikumpulkan terakhir tanggal 6 juni 2012 pukul WIB, ditulis tangan di kertas A4 discan dikirim ke di : Subject : tugasaljabarquery_nim_kelas


Download ppt "Query Bahasa Formal. Aljabar Relational OPERASI - OPERASI DASAR - SELECT - PROJECT - CARTESIAN PRODUCT - UNION - SET DIFFERENCE OPERASI - OPERASI TAMBAHAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google